Belimbing Wuluh - Anti Hipertensi

Nama latin : Averrhoa bilimbi

Botani

Berupa pohon, tinggi 4-5 m.daun berwarna hijau muda hingga hijau kecoklatan, bentukjorong, ujung daun runcing.Permukaan bawah lebih halus daripada permukaan atas.bunga berwarna merah, keluar dari batang maupun cabang.Buah berbentuk lonjong, panjang 3-6 cm, dan rasa sangat asam.

Ekologi

Berasal dari Indonesia lalu menyebar ke tempat tropika lain.Belimbing wuluh tumbuh dengan baik didataran rendah maupun pegunungan, memerlukan udara yang beriklim kering.

Budidaya

Penanaman dilakukan dengan cangkok.Walaupun buahnya mengandung biji, tetapi bijinya kecil sekali, sehingga sulit dikecambakan untuk dibentuk bibit.


Khasiat :
- Anti hipertensi
Ambil beberapa buah belimbing wuluh, dicuci hingga bersih, lalu dipotong-potong gres direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih biarkan hingga kira-kira tinggal 1 gelas, lalu dinginkan dan diminum rutin sehabis sarapan pagi.

NB.Tidak dianjurkan pada penyakit hipertensi dengan komplikasi maag, penderita yang memiliki kadar asam oksalat yang tinggi dalam urine.

- Gusi berdarah
Cuci higienis belimbing wuluh lalu dikomsumsi eksklusif kurang lebih 2 buah setiap hari secara rutin.

- Mengobati dan mengurangi Jerawat
Siapkan 3 buah belimbing wuluh yang segar, lalu diparut dan tambahkan sedikit garam halus, lalu balurkan pada kulit yang berjerawat.

- Obat Batuk
Ambil buah, bunga, daun yang sama banyaknya lalu dibersihkan gres direbus biarkan mendidih kurang lebih 30 menit, lalu dinginkan gres diminum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel