Ketahui Khasiat Kayu Manis

Ketahui Khasiat Kayu Manis - Tanaman obat Kayu anggun ( Cinnamomum burmanni ) mempunyai bentuk menyerupai semak dan pohon kecil, dengan tinggi 5-15 m, kulit kayu mempunyai amis yang khas.Daun berbentuk lonjong, panjang 4-14 cm, lebar 1,5-6 cm, permukaan atas halus, permukaan bawah berambut, berwarna kelabu kehijauan.Bunga beragam malai.Buah ialah buah buni, panjang lebih kurang 1 cm.

Tanaman obat ini dikenal 2 varietas, yaitu berdaun merah pekat dan berdaun hijau ungu.Kayu anggun pucuk merah mempunyai kualitas yang lebih baik, tetapi produksinya lebih rendah dibanding dengan kayu anggun berpucuk hijau.

Ekologi

Tanaman ini tumbuh pada ketinggian 1.000 - 1.500 m dpl dengan suhu berkisar 18-23oC.Tanah yang paling cocok ialah tanah yang subur, gembur, agak berpasir, dan kaya akan materi organik.Tanah liat kurang baik bagi tanaman kayu manis.Curah hujan 2.000 - 2.500 mm tiap tahun tanpa ada bulan yang kering.

Kayu anggun umumnya ditanam secara tumpang sari dengan tanaman kopi, pisang, dan pohon kayu lain
Bibit untuk memperbanyak tanaman kayu anggun dari biji dan turus cabang.Cara terbaik memakai biji berasal dari pohon induk yang baik.Biji disemai dengan jarak semai 15-20 cm.Benih disarankan dari biji yang renta dan masak, jangan disimpan lebih dari 10 hari biar daya kecambahnya masih cukup baik.Setelah berumur 8-12 bulan, bibit dipindahkan ke kebun dengan jarak tanam 3-4 m dengan ukuran lubang, panjang 50 cm, lebar 40 cm, dan dalam 40-50 cm.

Pemeliharaan mencakup penyiangan, penjarangan, pemupukan, serta pengendalian hama dan gulma yang dilakukan secara mekanis.

Tanaman yang berasal dari biji sanggup dipanen lebih dari 2 kali sehabis panen pertama.Tanaman yang berasal dari turus cabang maksimum hanya dipanen 2 kali sehabis panen pertama.Umur panen terbaik 8 tahun dengan siklus peremajaan 8-10 tahun sekali.

Cara Panen

Pohon dipukul-pukul dengan benda tajam 2 bulan sebelum ditebang, dengan maksud untuk menerima kulit yang tebal pada waktu pemotongan, alasannya pada bekas-bekas pukulan akan menghasilkan pembengkakan kulit.

Sistem Vietnam ( sistem panen tanpa ditebang ), yakni memotong kulit batang secara berselang seling dengan ukuran panjang 30 cm dan lebar 10 cm.Setelah kulit batang bertaut kembali sehabis panen pertama, kemudian dilakukan panen kedua dan seterusnya.Kulit dari batang lebih mahal daripada kulit dari cabang.Kulit kayu anggun yang terbaik dari Sumatra Barat dan Kerinci, panjangnya 1 m.

Khasiat dan Manfaat 

Membantu mengobati  Diabetes 

Bagi penderita diabetes tipe II dianjurkan untuk mengkomsumsi kayu anggun baik itu berbentu bubuk atau ekstrak, lantaran sanggup membantu untuk produksi insulin di hati, dan juga sanggup mengurangi LDL ( low density lipoprotein ) yang merupakan kolesterol jahat dan berbahaya bagi badan terutama jantung dan pembuluh darah yang sanggup memicu terjadinya penyakit jantung kororner.

Anti Inflamasi dan Analgetika, Antipiretika

Mengkomsumsi kayu anggun dalam jumlah yang cukup diyakini sanggup membantu mengurangi nyeri pada penyakit radang sendi ringan ( artritis ) dan juga sanggup berfungsi sebagai anti peradangan ( inflamasi ) dan sanggup menurunkan demam.

Mengontrol Infeksi

Kayu anggun diketahui mempunyai dampak Anti bakteri, Antivirus, Anti Jamur dan Antiseptik.Jika kita melihat sejarah mesir kuno mereka memakai kayu anggun untuk pembalseman untuk menyimpan masakan sehari-hari biar tidak rusak.

Dan masih banyak khasiat lainnya jikalau dipakai bersama tanaman obat mempunyai kegunaan lainnya, seperti  penyakit Hipertensi, Obat Penyakit asam urat, Obat Diare, Obat Maag.

Demikian khasiat dan manfaat kayu manis yang perlu Anda ketahui, mudah-mudahan sanggup menjadi solusi problem kesehatan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel