13 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Kulit Badan (Serta Pengaruh Sampingnya)

Sekarang ini, orang-orang semakin banyak yang tahu perihal pemanfaatan minyak zaitun, salah satunya sebagai pelembab wajah alami.

Sebenarnya, pemanfaatan materi alami minyak zaitun untuk perawatan wajah dan kulit sudah dilakukan semenjak zaman Romawi Kuno.

orang semakin banyak yang tahu perihal pemanfaatan minyak zaitun 13 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Kulit Tubuh (Serta Efek Sampingnya)
Photo credit: Pexels.com

Minyak zaitun ialah minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Minyak zaitun populer dari daerah Mediterania.

Di dalam minyak zaitun kaya akan nutrisi menyerupai vitamin E, vitamin K, phenolic, zat besi, lemak (terutama omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh). Menurut International Olive Council minyak zaitun mengandung banyak vitamin, yaitu vitamin A, D, K, serta E.




2. Sebagai Exfoliator dan Membersihkan Sel kulit Mati di Wajah

Campuran minyak zaitun extra virgin dan garam sanggup menjadi exfoliant alami yang ampuh untuk wajah, terutama bagi mereka yang mengalami duduk kasus kulit kering dan bersisik.


orang semakin banyak yang tahu perihal pemanfaatan minyak zaitun 13 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Kulit Tubuh (Serta Efek Sampingnya)





Pijat adonan ini ke area wajah yang mengalami duduk kasus kulit kering. Campuran alami ini sanggup bekerja untuk membersihkan sel kulit mati. Yang kemudian bermanfaat untuk menciptakan kulit terlihat lebih muda dan indah.

Orang-orang Mesir kuno dan Romawi memanfaatkan minyak zaitun sebagai materi alami kecantikan. Seorang tokoh sejarah yang populer menggunakan minyak zaitun untuk kecantikan ialah Cleopatra.

Pada artikel Wikihow.com berjudul Cara Mengangkat Lapisan Kulit Mati dengan Minyak Zaitun dan Gula menjelaskan perihal cara menciptakan kulit lembut dan sehat secara alami. Bahan-bahan yang perlu disiapkan ialah minyak zaitun (diutamakan minyak zaitun extra virgin), gula dan air hangat (bukan air panas, air panas mengakibatkan kulit terasa terbakar dan kering).

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sekalah wajah Anda dengan kain hangat untuk melembapkannya.
  2. Siapkan minyak zaitun (disarankan minyak zaitun extra virgin) kemudian oleskan ke wajah secara perlahan.
  3. Lalu oleskan gula ke tangan secara lembut.
  4. Lalu oleskan gula ke pipi secara perlahan, sembari menggosokkan lembut ke seluruh kepingan wajah selama 30 detik. Hati-hati jangan hingga mengenai kepingan mata.
  5. Lalu Bilas wajah dengan air hangat untuk membersihkan wajah. 
  6. Wajah ketika ini masih berminyak, maka sekalah wajah secara lembut dengan menggunakan kain yang berair hingga minyaknya terangkat. Lakukan secara perlahan.
  7. Lakukan perawatan ini setiap ahad sehingga kulit sehat dan lembut tanpa sel kulit mati.



Hal yang Perlu Diketahui

  • Jangan menggunakan terlalu banyak gula, sewajarnya saja.
  • Sebelumnya Anda melaksanakan perawatan ini, maka siapkan semua materi yang dibutuhkan. Hal ini biar Anda tidak kerepotan mencari-cari gula ketika wajah berlumur minyak zaitun.
  • Hendaknya menggosok secara perlahan. Dikhawatirkan jikalau menggosok terlalu keras mengakibatkan munculnya duduk kasus luka bakar dan noda merah.
  • Jangan menggunakan handuk yang berwarna terang atau baru. Minyak akan meninggalkan noda disana. Hendaknya menggunakan handuk lama.
  • Setelah melaksanakan perawatan ini memang akan mengakibatkan kulit memerah untuk sementara waktu, namun akan kembali normal dan kulit menjadi lembut sehabis beberapa menit.
  • Namun, perawatan ini tidak disarankan bagi mereka yang mempunyai kulit sangat putih alasannya sanggup menimbulkan kulit memerah dalam waktu cukup lama.
  • Anda sanggup menggunakan Witch Hazel sebagai toner alami sehabis perawatan ini.




3. Menjaga Elastisitas Kulit

Hilangnya elastisitas kulit ialah tanda alami dari kondisi penuaan, selain itu beberapa penyebab yang mempercepat kulit kehilangan elastisitasnya yaitu kulit sering terpapar radiasi UV, kurang minum air putih, sering stres, dan sering mengonsumsi kuliner yang terlalu manis.

Minyak zaitun ketika dipijat lembut ke wajah Anda, memperlihatkan manfaat untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah.

Anda tidak perlu membatasi diri untuk penggunaan eksternal. Masukkan minyak zaitun ini ke dalam kuliner Anda. Sehingga tubuh Anda akan memperoleh manfaat nutrisi yang besar.

Anda sanggup menggoreng kuliner menggunakan minyak zaitun. Ingat, minyak zaitun extra virgin mempunyai nilai gizi tertinggi alasannya mengalami lebih sedikit pengolahan.

Sebagai pemberitahuan, produk body lotion yang cocok bagi perempuan yang bermukim di daerah tropis ialah body lotion yang lembut dan gampang meresap serta mengandung minyak zaitun. Produk menyerupai ini sanggup mencegah kekeringan, melembutkan, dan melindungi kulit dari sinar ultra violet.

Selain itu, hal-hal penting biar elastisitas kulit terjaga ialah hindari terlalu usang di bawah sinar matahari langsung, minum banyak air putih, dan jangan terlalu sering mandi air hangat.





4. Membersihkan Makeup

Berikan beberapa tetes minyak zaitun extra virgin ke atas alas kapas, kemudian gunakan untuk menghilangkan riasan mata Anda di penghujung hari.


orang semakin banyak yang tahu perihal pemanfaatan minyak zaitun 13 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Kulit Tubuh (Serta Efek Sampingnya)


Photo credit: Pexels.com

Angkat perlahan riasan mata Anda tanpa meregangkan dan tanpa menarik kulit halus di sekitar mata Anda. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati.

Saat Anda menggunakannya untuk itu, minyak zaitun ini bekerja untuk melembutkan kulit. Penggunannya sangat bermanfaat dalam menghilangkan makeup di wajah hingga higienis sepenuhnya.

Pada artikel berjudul Manfaat Ajaib Minyak Zaitun Bagi Kecantikan Kulit Wajah (Dream.co.id) menyebutkan bahwa kecantikan wajah sanggup diperoleh dengan perawatan alami, salah satunya dengan minyak zaitun, gotong royong keajaiban minyak zaitun tidak diragukan lagi.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, minyak zaitun juga bermanfaat dalam perawatan kecantikan kulit.

Di dalam minyak zaitun terkandung materi antioksidan alami menyerupai phytosterols, polyphenols dan vitamin E sehingga ampuh untuk mengatasi duduk kasus kulit kering

Artikel tersebut menyebutkan beberapa cara memanfaatkan minyak zaitun biar memperlihatkan khasiat untuk kecantikan kulit dan mengatasi duduk kasus kulit kering, berikut di bawah ini.

Minyak Zaitun dan Madu
Tidak hanya melembabkan kulit, kombinasi dua materi alami ini sanggup menjadikan kulit wajah lebih berseri. Anda hanya perlu mencampurkan satu sdm minyak zaitun dan satu sdm madu di dalam sebuah wadah.

Setelah tercampur rata, maka oleskan pada wajah, diamkan selama 10 menit. Lalu barulah membilas wajah dengan air hangat. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Minyak Zaitun dan Alpukat
Campuran alpukat dan minyak zaitun sanggup menjadi sumber kelembaban alami yang baik bagi wajah. Pertama-tama hancurkan satu buah alpukat, kemudian campurkan dengan dua sdt minyak zaitun di dalam sebuah wadah.

Setelah tercampur rata, maka oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu barulah membilas wajah dengan air hangat. Ulangi perawatan ini setidaknya setiap minggu.

Minyak Zaitun dan Putih Telur
Perawatan dengan kombinasi minyak zaitun dan putih telur, cocok bagi Anda yang menginginkan kulit lembab sekaligus terlihat kencang.

Di dalam sebuah wadah, campurkan satu sdt minyak zaitun dan putih telur. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada wajah kemudian diamkan selama 10 menit.

Lalu bersihkan kembali wajah dengan menggunakan facial cleanser dan air hangat. Lakukan perawatan alami ini seminggu sekali.

Minyak Zaitun dan Pisang
Kombinasi minyak zaitun dan pisang sanggup memperlihatkan ekstra vitamin B6 untuk kulit Anda. Pertama-tama siapkan satu sendok teh minyak zaitun.

Lalu hancurkan satu buah pisang. Campurkan kedua materi alami tersebut di dalam sebuah wadah hingga merata.

Gunakan adonan ini sebagai masker, kemudian diamkan selama 20 menit. Setelah itu basuhlah wajah menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu.




12. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Secara Alami

Pada artikel berjudul Mengecilkan Pori-Pori Kulit Secara Alami, Ramuan Ini Solusinya (Vemale.com) menyebutkan apabila Anda mempunyai duduk kasus pori-pori kulit yang besar dan ingin untuk mengecilkan pori-pori kulit, Anda sanggup memanfaatkan materi alami minyak zaitun.

Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:



  • 1/2 sdm minyak zaitun
  • 1/2 sdt air perasan jeruk lemon
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdm gula





Langkah-langkahnya:

  1. Di dalam sebuah mangkuk, campurkan keempat materi alami tersebut hingga merata.
  2. Lalu oleskan ke kulit wajah, sembari dipjat lembut dengan gerakan memutar. 
  3. Setelah selesai mengoleskan, diamkan dalam kondisi menyerupai itu selama 15-20 menit.
  4. Lalu bilas wajah hingga higienis kembali.
  5. Setelah itu keringkan kulit wajah, kemudian oleskan pelembap.



Anda disarankan melaksanakan perawatan alami ini dua kali dalam seminggu untuk mengecilkan pori-pori kulit.

Campuran minyak zaitun, baking soda, air jeruk lemon dan gula sanggup menjadi ramuan yang sanggup secara efektif bermanfaat bagi kulit wajah, mengecilkan pori-pori kulit, dan mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus.

Kandungan di dalam baking soda bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Air perasan jeruk lemon mengandung asam yang ikut membantu mencerahkan kulit.

Penggunaan materi gula bermanfaat untuk membantu proses pengangkatan sel-sel kulit mati, serta minyak zaitun mempunyai khasiat untuk melembapkan kulit.




13. Manfaat Lainnya

Pada goresan pena berjudul Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Dan Kulit Tubuh (Alodokter.com) menyebutkan bahwa minyak zaitun sudah umum dipakai sebagai salah satu materi perawatan kecantikan, bahkan semenjak masa Romawi Kuno dahulu.

Bahan alami minyak zaitun sudah dimanfaatkan untuk banyak keperluan menyerupai masakan, obat-obatan, komestik, sabun, hingga materi bakar untuk lampu tradisional.

Selain untuk konsumsi makanan, minyak zaitun sanggup dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan mengatasi bibir pecah-pecah.

Penggunaan minyak zaitun sanggup untuk melembutkan kulit, serta mengatasi duduk kasus kulit kering dan retak-retak (misalnya pada siku dan tumit).

Apabila Anda kehabisan pembersih make up, maka Anda sanggup mencoba alternatif minyak zaitun ini dalam membersihkan sisa-sia make up di wajah hingga tuntas. Sudah bertebaran banyak sekali produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk mencuci wajah, dimana banyak produk cleansing oil yang menggunakan materi minyak zaitun.

Minyak zaitun sanggup Anda jadikan masker atau facial. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah.

Metode lainnya yaitu mencampur satu sdt minyak zaitun, dua sdt cuka sari apel, dan satu sdt madu. Lalu oleskan adonan tersebut pada wajah, dan diamkan selama 15 menit. Lau bilas wajah dengan air hangat.

Untuk Kulit Tubuh
Hasil suatu penelitian menyebutkan bahwa minyak zaitun sanggup membantu melindungi tubuh dari resiko penyakit kanker kulit.

Minyak zaitun menyerupai dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit tubuh, dimana gampang diserap dengan baik ke dalam kulit. Penggunaan minyak zaitun pada kulit umumnya tidak mengakibatkan alergi, namun hendaknya jangan mengoleskan minyak zaitun pada jerawat.

Beberapa keistimewaan minyak zaitun yaitu mengandung senyawa antioksidan, berperan sebagai anti-inflamasi, serta menciptakan kulit menjadi halus dan lebih berseri.

Mengonsumsi minyak zaitun juga bermanfaat untuk “melucuti” radikal bebas di dalam tubuh, mengurangi peradangan, meminimalisir munculnya kerutan, dan menjaga kekencangan kulit.

Beberapa klaim perihal manfaat lainnya minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh, yaitu:
Mengobati eksim (kulit merah dan gatal)

  • Psoriasis
  • Infeksi jamur
  • Kurap
  • Panu
  • Jamur di lipat tubuh



Hanya saja, penelitian lebih lanjut masih diharapkan untuk menandakan dan memastikan kebenaran manfaat tersebut.


Efek Samping Minyak Zaitun

Pada goresan pena berjudul Olive Oil Benefits for Your Face (Healthline.com) menyebutkan hasil sebuah penelitian, bahwa apabila seseorang mempunyai kulit sensitif, terutama lagi kulit berminyak atau kondisi kulit menyerupai dermatitis, maka minyak zaitun mungkin bukan pilihan terbaik.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatric Dermatology tahun 2013 menemukan bahwa imbas samping penggunaan minyak zaitun mempunyai potensi menciptakan kondisi kulit tertentu memburuk pada orang dewasa, dan hendaknya minyak zaitun tidak dipakai pada bayi.

Apabila Anda mempunyai kulit sensitif, maka perlu melaksanakan tes alergi sebelum mengaplikasikan minyak zaitun ke kulit Anda (terutama kepingan wajah). Caranya, oleskan sedikit minyak zaitun pada lengan bawah Anda. Lalu amati, apakah ada reaksi tertentu dalam 24-48 jam?

Sebagian sumber menyebutkan bahwa penggunaan minyak zaitun hendaknya bijak (jangan berlebihan). Minyak zaitun dinilai agak sulit diserap oleh kulit sehingga berpotensi memerangkap kotoran dan kulit mati di pori-pori kulit tubuh, kondisi ini sanggup mengakibatkan timbulnya komedo.

PERHATIAN!

Jangan Pernah Simpan Minyak Zaitun Dekat Kompor
Banyak orang yang menyimpan minyak zaitun di bersahabat kompor atau oven. Alasannya sederhana, biar lebih gampang dijangkau ketika mau digunkan. Laman Viva.co.id  menyebutkan bahwa menyimpan atau meletakan minyak zaitun di bersahabat kompor ialah tindakan keliru. Mengapa?

Minyak zaitun yang berada di bersahabat kompor sehingga kondisinya hangat, sanggup mengakibatkan rasa yang lebih kuat, yaitu mengakibatkan minyak zaitun terasa menyerupai cuka seiring berjalannya waktu.

Nah, biar melindungi rasa minyak zaitun, maka simpanlah minyak zaitun di tempat yang sejuk dan gelap, pastikan botol tertutup dengan rapat dan kencang. Oksigen, cahaya dan panas merupakan tiga musuh utama minyak zaitun.

Dengan begitu, hindari menyimpan minyak zaitun di bersahabat kompor.

Belum Ada Bukti Ilmiah Bahwa Minyak Zaitun Dapat Mengobati Varises
Pada laman tanya-jawab Alodokter, seorang berjulukan Anton Teza bertanya: “Apakah benar minyak zaitun sanggup menyembuhkankan varises?”

dr. Budiono menjawab varises merupakan keadaan pembengkakan pada pembuluh darah balik (vena) yang alhasil memunculkan tonjolan (pembengkakan) pada tubuh .

Bagian tubuh yang mengalami varises menyerupai betis atau lipatan tungkai. Ciri varises yaitu mempunyai warna biru bau tanah atau ungu, terkadang menimbulkan rasa nyeri yang bertingkat-tingkat.

Varises sebenarnya sanggup muncul pada banyak kepingan tubuh, hanya saja biasanya varises muncul pada kepingan kaki alasannya paling sering mendapat tekanan.

Terjadinya varises umumnya tanggapan kondisi penumpukan darah pada pembuluh darah balik. Beberapa faktor yang mengakibatkan seseorang terkena varises :
  • Kurangnya aktifitas
  • Kegemukan
  • Terkait postur tubuh, menyerupai bangun terlalu usang dan semacamnya
  • Faktor usia
  • Kerusakan katup pembuluh darah balik

Masalah varises yang ringan sanggup ditangani sendiri dirumah, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu menurunkan berat badan, melaksanakan contoh hidup sehat, dsb.

Apabila kondisi varises yang dialami cukup buruk, dan timbul rasa sangat tidak nyaman atau nyeri, maka hendaknya periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Beberapa metode penanganan yang kemungkinan ditawarkan dokter menyerupai mekanisme pembedahan, sclerotherapy ataupun terapi ablasi.

Adapun mengenai penggunaan minyak zaitun untuk pengobatan varises, maka belum terdapat bukti manfaat minyak zaitun terhadap kondisi varises.

Tidak Disarankan Mengoleskan Minyak Zaitun pada Jerawat
Sebagian sumber menyebutkan perihal penerapan minyak zaitun pada jerawat, yaitu pertama-tama bersihkan wajah dengan air bersih, kemudian oleskan minyak zaitun pada kepingan jerawat. Diamkan selama beberapa menit, kemudian cuci wajah dengan air bersih.

Namun pada laman tanya-jawab Alodokter, dr. Devika Y menjelaskan apabila seseorang berjerawat maka hendaknya tidak menggunakan minyak zaitun sebagai face oil.

Menambahkan regime face oil pada kulit yang gampang berjerawat beresiko mengakibatkan jerawat dan komedo semakin banyak. Dengan begitu, Anda hendaknya menghindari mengoleskan minyak zaitun pada jerawat di wajah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel