Mengapa Dahak Bewarna Cokelat, Hijau, Merah, Kuning? Apa Bahayanya? Cara Mengobatinya?

Batuk yang dialami akan mengganggu aktivitas, apalagi kalau batuk disertai dahak.

Banyak orang yang menyamakan antara dahak dan lendir, padahal keduanya berbeda. Lendir bersama-sama merupakan lapisan pelindung yang umumnya terdiri dari glikoprotein dan air.

Adapun dahak ialah jenis khusus dari lendir yang muncul di terusan pernapasan tanggapan serangan infeksi atau virus.

Pada dahak terdapat virus, bakteri, sel-sel inflamasi yang mati (muncul tanggapan serangan infeksi), dan semacamnya. Disamping juga, di dalam dahak terdapat garam dan elektrolit.

Nantinya dahak yang tidak dibutuhkan tubuh akan terkumpul. Setelah terkumpul maka akan dimulai proses pembuangan melalui terusan pernapasan, biasanya dengan adanya batuk yang dialami.

Munculnya dahak dihasilkan dari paru-paru, tabung bronkial terusan tenggorokan, dan beberapa serpihan tubuh lainnya. Yang penting diketahui, dahak bisa saja sebagai sebuah tanda-tanda terjadinya persoalan serius, menyerupai mengalami serangan virus flu, pneumonia, bronkitis, kanker paru-pari, asma, penyakit sinus, dan beberapa lainnya.

Penyakit-penyakit serius yang disebutkan diatas, terjadi tanggapan serangan infeksi. Infeksi yang dialami sangat berekmungkinan menghasilkan dahak dengan warna yang bermacam-macam. Anda perlu mengetahuinya biar bisa memahami jenis infeksi yang terjadi.

 Batuk yang dialami akan mengganggu acara Mengapa Dahak Bewarna Cokelat, Hijau, Merah, Kuning? Apa Bahayanya? Cara Mengobatinya?
Ilustrasi Batuk Berdahak | Sumber Gambar: Flickr.com

Dahak berwarna cokelat
Banyak pihak yang menghubungkan dahak berwarna cokelat pada orang-orang yang merokok. Kondisi dahak berwarna cokelat akan dirasakan mempunyai tekstur kasar. Hal ini lantaran gabungan debu dan benda ajaib lainnya tanggapan kerusakan organ silia. Seringnya, persoalan ini menimpa pasien PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).

Sering merokok menimbulkan warna dahak menjadi berwarna cokelat. Hall itu lantaran tar (resin) yang masuk ke dalam tubuh dan kemudian menempel. Dengan seringnya merokok dikhawtirkan semakin memperburuk kondisi gangguan pernapasan.

Selain itu, dahak yang berwarna cokelat terjadi tanggapan sering menghirup debu dan asap, yang biasanya ada di dijalanan.

Bagi orang yang mengalami dahak berwarna cokelat, dikhawatirkan itu ialah tanda-tanda bronkitis. Hal ini rentan menimpa orang yang suka merokok. Sehingga Anda perlu mengetahui sedikit mengenai penyakit bronkitis, guna mengetahuinya apakah Anda terkena penyakit itu atau tidak?

Beberapa tanda-tanda bronkitis yaitu tubuh merasa demam (bahkan bisa menggigil), rasa sesak pada pernafasan, dada terasa tidak nyaman, nafas pendek, dahak yang berwarna dikala batuk, gampang lelah, dan gatal di tenggorokan.

Selain penyebab-penyebab diatas, batuk berdahak cokelat juga bisa terjadi tanggapan Anda mengonsumsi masakan yang menghasilkan warna tersebut, pola makanannya: kopi, cokelat dan anggur merah.

Kemudian refluks asam yang dihasilkan dari suatu masakan juga bisa mengakibatkan dahak berwarna cokelat.

Dari laman Alodokter.com, pada rubrik tanya jawab. Seseorang bertanya mengenai dahak coklat yang sering dikeluarkannya pada pagi hari. Maka, pertanyaan ini dijawab oleh dr.Debby Phanggestum. Dokter menyampaikan bahwa keluhan tersbut sanggup disebabkan oleh (kemungkinan): Tuberculosis, Pneumonia, Bronkitis, Laringitis, luka pada tenggorokan dan asam lambung.

Dokter menasehatkan biar menghindari paparan asap rokok dan polusi udara, caranya dengan memakai masker yang berkualitas baik.

Lalu jaga kebersihan rumah dari polusi udara, penuhi kebutuhan cairan tubuh, konsumsi air mineral atau air putih, terapkan pola makan yang sehat, batasi konsumsi masakan berlemak, batasi minuman berkafein, serta hindari minuman bersoda apalagi alkohol. Juga hindari stres berlebihan.

Dokter menyarankan biar bisa mengetahui lebih terperinci mengenai penyebab keluhan yang dialami, hendaknya memeriksakan diri ke dokter, lantaran nantinya akan dilakukan investigasi fisik secara langsung. Termasuk diantaranya investigasi paru paru memakai stetoskop.

Kemungkinan dokter menyarankan tes menyerupai ronsen dada, ter darah, tes dahak di laboratorium, dll.


Dahak berwarna hijau
Terjadinya dahak yang berwarna hijau lantaran kondisi infeksi jangka panjang. Warna dahak sering dihubung-hubungkan dengan enzim myeloperoxidases (MPO), yang muncul tanggapan adanya kerusakan neutrofil di dalam sel, atau juga munculnya lantaran dikeluarkan oleh sel-sel darah putih.

Apabila Anda mengalami batuk yang mengeluarkan dahak bewarna hijau, yang disertai dengan tanda-tanda lainnya menyerupai gampang sekali lelah (rasa lelah yang tidak wajar), maka perlu diwasdai akan resiko penyakit bronkitis kronis.

Apabila dahak disebabkan serangan infeksi, berkemungkinan dahak hijau yang dialami akan muncul bersamaan nanah yang terkandung di dalam dahak yang dikeluarkan.

Apabila dahak bewarna hijau terjadi tanggapan inflamasi yang non-infeksi, biasanya akan banyak lendir yang terkandung di dalam dahak.

Dahak berwarna bening
Dahak yang berwarna bening (agak keruh) dan menyerupai lembap biasanya tidak dianggap sebuah tanda-tanda yang berbahaya. Tetapi tetap saja perlu berhati-hati, pada suatu kondisi pilek yang terjadi tanggapan serangan infeksi / virus ataupun reaksi alergi bisa menimbulkan munculnya dahak yang berwarna bening, yang jumlahnya sangat baik.

Beberapa pemicu lainnya yang kemungkinan mengakibatkan dahak bewarna bening, sehingga perlu diwaspadai yaitu bronkitis kronis, postnasal drip, dan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Dahak bewarna putih atau abu-abu
Terjadinya batuk yang mengeluarkan dahak berwarna putih ataupun abu-abu, berkemungkinan menandakan adanya infeksi pada terusan pernapasan. Selain itu, berkemungkinan juga sebagai tanda Anda mengalami gangguan pada sinus yang macet.

Beberapa hal lainnya yang juga memicu terjadinya dahak bewarna putih yaitu bronkitis kronis, Asma, GERD, radang tenggorokan dan alergi.

Tubuh yang sering terkena polusi udara atau juga sering merokok menjadi penyebab munculnya dahak yang berwarna abu-abu.

Mengonsumsi susu tidaklah menciptakan produksi lendir berwarna putih. Produk susu hanya saja menawarkan imbas berupa lendir yang menjadi kental, sehingga menyebabkan-nya susah dikeluarkan dari dalam tubuh.

loading...

Dahak bewarna kuning terang
Sebenarnya kalau Anda mengeluarkan dahak berwarna kuning terang, hal ini sebagai mengambarkan cantik bahwa fungsi kekebalan tubuh sedang dalam keadaan baik. Dimana tubuh bisa dengan baik melawan infeksi virus yang menyerang tubuh.

Infeksi, asma dan alergi yang menyerang bisa menimbulkan terjadinya peradangan di terusan pernapasan. Yang kemudian menimbulkan terakumulasinya sel-sel inflamasi di dalam dahak. Hal inilah yang jadinya menimbulkan dahak bewarna kuning. Dahak kuning terang menandakan tubuh Anda sedang berjuang melawan infeksi virus pada terusan pernapasan serpihan atas.

Dahak bewarna kuning tua
Kondisi dahak yang berwarna kuning kental dan pekat, berarti itu merupakan tanda bahwa tubuh mengalami infeksi bakteri. Infeksi bisa terjadi pada sinus atau infeksi terusan pernapasan bawah. Jika Anda mengalami persoalan ini yang disertai dengan batuk, nyeri pada dada dan sesak napas, maka Anda perlu pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

Dahak bewarna merah muda
Jika Anda mengalami dahak berwarna merah muda, hal ini bisa menjadi kondisi yang perlu Anda berhati-hati dengannya. Salah satu kondisi serius yang perlu diwaspadai ialah resiko gagal jantung kronis. Anda perlu benar-benar waspada kalau dahak bewarna merah muda yang dialami, muncul tanda-tanda lainnya menyerupai gampang lelah, tubuh merasa lemah (tidak punya tenaga), denyut jantung tidak beraturan, perut bengkak, muncul abses pada kaki dan tangan, dan terlalu sering batuk.

Hal itu penting diwaspadai lantaran dikhawatirkan terkena gagal jantung akut. Sehingga perlu memeriksakan diri ke dokter.

Batuk berdahak darah
Darah dalam dahak sering disebut ‘hemoptisis’. Adanya garis-garis darah di dahak bisa berkemungkinan ialah tanda-tanda bronkitis jinak. Adapun kalau batuk yang dialami menghasilkan rino berupa darah yang cukup banyak, dikhawatirkan itu merupakan tanda-tanda penyakit kanker paru-paru atau tuberkulosis.

Jika dibutuhkan untuk membersihkan tenggorokan dari dahak yang terlalu banyak, apalagi kalau terkena tanda-tanda lain yang menciptakan kondisi semaki serius, maka hendaknya pergi ke dokter. Disana Anda akan mendapat diagnosis, guna memperoleh cara pengobatan yang tepat.

Ahli media atau Dokter akan melaksanakan analisa pada dahak, melaksanakan hitung darah, serta aneka macam tes diagnostik lainnya untuk mengetahui penyebab niscaya mengenai kondisi yang dialami pasien.

Anda perlu mengingat, bahwa batuk berdarah atau hemoptisis ialah sebuah kondisi serius yang bisa mengancam nyawa.

Batuk berdarah pada orang yang masih muda mungkin bukan tanda-tanda penyakit yang serius, yang berpluang besar bisa diatasi. Akan tetapi, batuk berdarah bisa menjadi tanda ancaman bagi orang yang berusia bau tanah dan juga para perokok.

Penanganan oleh dokter akan sangat dibutuhkan kalau seseorang mengeluarkan lebih dari satu sendok teh darah dikala batuk berdahak. Tanda lainnya, bisa dilihat pada urine dan tinja, apakah mengandung darah. Anda perlu semakin curiga kalau disertai tanda-tanda nyeri dada, kepala pening, demam dan sesak nafas.


Penutup
—Adanya dahak, intinya berfugnsi untuk membersihkan terusan pernafasan secara alami. Sehingga dahak yang ada di tenggorokan harus dikeluarkan, bukannya ditelan.

—Batuk berdahak yang ummunya dialami orang banyak, umumnya sering terkena polusi udara, debu, asap rokok, dsb. Saluran pernafasan bekerja untuk mmembersihknnya, sehingga jadinya menjadi dahak yang siap dikeluarkan dari dalam tubuh.

—Jangan sepelekan kondisi kalau dahak cenderung kental, kecokelatan / kehijauan, batuk dalam jangka usang (dua ahad atau lebih) yang tidak membaik sama sekali, napas tersengal, rasa sakit tertekan di dada, demam dan mengalami penurunan berat badan.

—Dahak berwarna putih jernih, berarti tidak ada penyakit berbahaya di dalam tubuh.

—Dahak berwarna putih dan berbuih, biasanya disebabkan kebiasaan merokok.

—Dahak berwarna hijau atau cokelat berkemungkinan sebagai tanda Anda mengalami infeksi paru-paru menyerupai penumonia dan bronkitis.

—Dahak berwarna gelap atau bercampur darah, dikhawatirkan ini ialah tanda-tanda seseorang terkena kanker dan TBC.

Sesuai jenisnya, obat batuk dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Obat batuk ekspektoran (pengencer dahak), yang berkerja untuk mengobati batuk berdahak, bekerja dengan merangsang sehingga dahak menjadi lebih gampang dikeluarkan. Jenis obat ini mengandung zat ekspektoran yang bekerja untuk meningkatkan pemikiran cairan normal tenggorokan, serta meringankan rasa sakit yang dialami penderita.
  2. Obat batuk antitusif (penekan batuk). Obat ini bekerja untuk memperngaruhi sentra pengendali batuk di serpihan otak yaitu medulla, serta sentra iritasi di tenggorokan. Obat ini cocok dikonsumsi oleh penderita batuk tidak berdahak.

Dr. Mita, seorang mahir paru dari RSPAD Gatot Subroto menyampaikan bahwa jenis-jenis obat batuk tersebut sanggup dipakai tanpa melalui resep dokter. Dr. Mita hanya mengingatkan untuk memerhatikan dengan cemat hukum pakainya.

Adapun untuk jenis obat lain yang mengandung zat lebih berpengaruh maka perlu resep dokter, biar ama dan terhindri dari persoalan kesehatan serius.

Dr. Mita menyampaikan biar penderita jangan hingga salah dalam menentukan obat batuk. Jika penderita batuk kering justru mengonsumsi obat batuk berdahak (atau sebaliknya) maka batuknya tidak akan sembuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel