15 Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan & Pengobatan: Diabetes, Rematik, Luka, Gatal, Kudis, Dll

Brotowali biasanya dimanfaatkan untuk materi dasar pembuatan jamu tradisional. Dimana di dalam brotowali mempunyai zat menyerupai Alkaloid berberin dan columbina yang berfungsi untuk membunuh basil pada luka.

Zat pikroretin di dalam brotowali yang menawarkan rasa pahit, keuntungannya untuk meningkatkan fungsi urat saraf serta menjaga fungsi sistem pernafasan supaya optimal.

Beberapa sifat yang dimiliki brotowali, yaitu:
  • Anti-alergi, untuk mencegah dan menurunkan reaksi alergi.
  • Analgesik, untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Antipiretik, untuk menurunkan panas / demam.
  • Antioksidan, untuk mencegah serangan radikal bebas pemicu penuaan dini dan kenker.
  • Antineoplastik, untuk mencegah kanker dan tumor.
  • Antidiabetik, untuk mengontrol gula darah.
  • Antiporotik, untuk menjaga kepadatan tulang.
  • Imunologi, untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh.

Brotowali (Tinospora crispa -nama latinnya) mengandung senyawa kimia yang berguna mengobati banyak sekali penyakit. Senyawa kimia bermanfaat terdapat pada  seluruh serpihan borotowali, mulai dari akar, batang dan daun. [Sumber: UMS.ac.id]

 Brotowali biasanya dimanfaatkan untuk materi dasar pembuatan jamu tradisional 15 Manfaat Brotowali untuk Kesehatan & Pengobatan: Diabetes, Rematik, Luka, Gatal, Kudis, dll
Tumbuhan Brotowali | Sumber gambar: Wikipedia.org

Manfaat Brotowali untuk kesehatan dan Pengobatan

1. Mencerahkan kulit wajah
Untuk mencerahkan kulit wajah, Anda bisa memanfaatkan ramuan herbal yang murah, berupa rebusan batang brotowali yang nantinya digunakan untuk membersihkan wajah. Manfaat dari memakai ramuan ini untuk menghilangkan noda-noda yang melekat pada wajah, dan menciptakan wajah menjadi cerah.

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan wajah, maka sebelum menyentuh wajah maka Anad harus mencuci tangan hingga air bersih, supaya terbebas dari virus, basil dan kuman.

2. Untuk mengatasi turunnya nafsu makan
Terkadang rasa malas untuk makan muncul, ada banyak sekali hal yang menciptakan seseorang tidak mempunyai nafsu makan, menyerupai lantaran sedang banyak pikiran, stres, depresi, persoalan pada kondisi fisik, suasana hati yang sedang tidak enak, dll. Apabila Anda tidak makan tentunya akan menciptakan tubuh lemas dan kekurangan nutrisi penting. Yang juga beresiko memicu penyakit berbahaya.

Manfaatkan ramuan tradisional brotowali ini. Caranya dengan meminum air rebusan daun brotowali. Jika terasa pahit air rebusannya, Anda bisa menambahkan madu guna mengatasi rasa pahit yang tidak enak. Menambahkan madu juga menawarkan embel-embel nutrisi penting bagi tubuh.

Untuk menambah nafsu makan, Anda juga bisa melaksanakan menyerupai yang umum dilakukan banyak orang, yaitu mengkonsumsi vitamin penambah nafsu makan.


3. Mengobati diabetes
Penyakit diabetes akan menjadi sangat berbahaya kalau diabaikan, harus mendapat penanganan segera sebelum penyakit diabetes menjadi kronis. Penyakit yang dikenal dengan sebutan ‘kencing manis’ ini terjadi akhir adanya kondisi gila pada metabolik tubuh.

Adapun penyabab seseorang hingga terkena diabates ada banyak, menyerupai lantaran kurang berolah raga, teladan makan yang tidak sehat, faktor keturunan, tubuh kegemukan, dll.

Diabetes tidak bisa diobati secara keseluruhan. Dimana, selama ini yang sanggup dilakukan dalam mengatasi diabetes ialah mengendalikan tanda-tanda dan mencegah adanya komplikasi yang akan sangat berbahaya kalau hingga terjadi.

Untuk mengatasi diabetes maka bisa dengan memanfaatkan konsumsi herbal yang bersifat antidiabetik, salah satunya Brotowali ini.

Dan yang menjadi faktor utama supaya kondisi penyakit diabetes bisa semakin membaik ialah jagalah teladan hidup yang baik dan sehat. Pola hidup yang sehat sangat penting untuk mengontrol kadar gula di dalam darah supaya tidak terlalu tinggi.

Penting bagi Anda untuk membatasi asupan yang manis-manis, menyerupai minuman energi / bersoda, masakan ringan anggun manis, gula, teh, dll.

Untuk menciptakan ramuan Brotowali dalam mengatasi penyakit diabetes, pertama-tama ambil batang Brotowali, kemudian bersihkan dan potong-potong. Siapkan juga daun Sambiloto dan daun Kumis kucing secukupnya.

Cuci higienis semuanya. Lalu rebuslah dengan 3 gelas air hingga mendidih. Biarkan dlaam kondisi mendidih hingga hanya tersisa 1,5 gelas.

Setelah itu, tunggu hingga tidak panas lagi. Lalu saring dan masukan air rebusan ke dalam gelas. Minum 2 kali dalam sehari, sebanyak ½ gelas saja.

4. Memberi imbas menenangkan pada tubuh
Pada studi yang dilakukan ilmuwan. Dimana studi dilakukan dengan memakai obyek seekor tikus yang diberikan ekstrak brotowali. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ramuan ekstrak brotowali bermanfaat untuk menawarkan rasa hening dan rileks pada tikus pecobaan tersebut.

5. Menyembuhkan sakit kuning (hepatitis)
Penyebab timbulnya penyakit kuning lantaran terjadi penumpukan zat berwarna kuning (yang disebut bilirubin) di dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin ialah zat sisa berasal dari kondisi sel darah merah yang terurai. Sebelum dibuang dari dalam tubuh, zat bilirubin ini akan dikirim lewat hati melalui fatwa darah.

Di dalam organ hati, bilirubin tercampur bersama cairan empedu. Dimana kedua zat ersebut akan menuju sistem pencernaan untuk dibuang. Pembuangan zat sisa bilirubin melalui kotoran dan dalam bentuk urin. Paling banyak melalui kotoran yang keluar dari dalam tubuh melalui proses BAB.

Adanya zat sisa bilirubin itulah yang mengakibatkan urin cenderung berwarna kuning dan tinja cenderung berwarna cokelat.

Brotowali sanggup dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kuning . Untuk melaksanakan pengobatan dengan mengkonsumsi ¾ gelas hasil rebusan batang brotowali, air rebusan dicampur dengan madu pada proses pembuatannya. Konsumsi ramuan ini secara rutin hingga tanda-tanda penyakit kuning semakin menurun.

Hindari konsumsi alkohol lantaran menyebakan kondisi penyakit kuning semakin parah. Kemdian jaga berat tubuh supaya terhindar dari obasitas. Kondisi tubuh yang gemuk sanggup meningkatkan risiko persoalan kerikil empedu dan sirosis.

loading...

6. Mempercepat untuk menyembuhkan luka
Kandungan alkaloid barberin dan columbina yang terdapat di dalam brotowali menawarkan manfaat bagi orang yang mengalami luka. Kandungan tersebut bisa untuk melawan serangan basil akhir luka. Untuk menciptakan ramuannya dalam menyembuhkan luka, maka pertama-tama tumbuk beberapa lembar daun brotowali, kemudian tempelkan pada serpihan tubuh yang mengalami luka.

Penggunaan lainnya, yaitu dengan merebus batang brotowali, kemudian air rebusannya (saat sudah mendingin) digunakan untuk mencuci serpihan tubuh yang terkena luka. Hal ini berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri yang beresiko memicu jerawat pada kulit.

7. Menyembuhkan penyakit kulit
Kudis merupakan salah satu jenis dari penyakit kulit yang disebabkan serangan tungau dan kutu kecil yang berjulukan Sarcoptes scabiei. Rasa gatalnya akan lebih terasa ketika malam hari. Dimana penyakit kudis ini selain menawarkan rasa tidak nyaman pada tubuh, juga akan merusak penampilan sehingga menjadi tidak percaya diri.

Kudis sanggup menular, yang bisa menular secara eksklusif maupun dengan mediator media menyerupai handuk dan lainnya. Untuk menyembuhkan kulit memakai brotowali, berikut langkah-langkahnya di bawah ini:
  1. Pertama-tama tumbuk beberapa lembar daun brotowali.
  2. Lalu masukan welirang dan minyak kelapa ke dalam wadah tumbukan.
  3. Setelah selesai menciptakan ramuan, maka oleskan pada serpihan tubuh yang terjangkiti penyakit kusta.
  4. Anda perlu melakukannya secara rutin, jangan hingga hanya sesekali saja melakukan.

8. Menyembuhkan demam
Di dalam brotowali mempunyai zat analgesik dan antipiretik yang bermanfaat untuk membantu menurunkan demam dengan cepat. Anda bisa memakai batang dari tumbuhan brotowali yang bisa menurunkan demam yang dialami. Metode ini cock baik bagi anda yang tidak suka dengan penggunaan obat kimia.

Untuk menciptakan ramuannya, pertama-tama siapkan batang brotowali yang panjangnya sekitar 15 cm. kemudian basuh hingga bersih.

Kemduian sediakan air sebanyak 3 gelas, kemudian tuangkan ke panci, hidupkan kompor. Ketika air mulai mendidih, masukan batang yang sudah dicuci tadi ke dalamnya.

Biarkan air mendidih dan menyusut hingga hanya menyisakan 1 gelas air saja. Setelah itu, tunggu agak mendingin air rebuasannya kemudian saring sembari memasukan ke gelas. Masukan satu sendok madu ke dalam segelas air rebusan, kemudian minum. Lakukan 2 kali dalam sehari.

Dalam proses pembuatan ramuan, jangan lupa untuk juga memasukan madu. Sehingga Anda tidak akan terlalu tersiksa ketika minum air rebusan tersebut lantaran rasa pahitnya. Pada madu juga mempunyai manfaat kandungan yang sangat banyak.

Saat demam, jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan butuh, terutama minum air putih. Demam sanggup diturunkan secara efektif memakai obat khusus demam, beberapa yang bisa digunakan ialah obat yang mengandung parasetamol (paling umum digunakan), Ibuprofen (0bat ini harus diminum sehabis makan untuk mencegah sakit perut), dan Aspirin (khusus dewasa, dihentikan diberikan kepada anak-anak).

9. Menyembuhkan rematik
Rematik ialah sebuah penyakit peradangan sendi yang terjadi akhir adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh dalam melawan ancaman virus di dalam tubuh. Rasa sakit umumnya muncul pada mereka yang telah berusia 50 tahun ke atas. Sebagai saran yang penting, jangan melaksanakan pekerjaan berat bagi Anda yang sudah terkena rematik.

Untuk mengatasi remasik, maka minumlah ½ gelas air hasil rebusan batang brotowali. Lakukan secara rutin yaitu dua kali dalam sehari.

10. Mengobati gatal-gatal
Rasa gatal pada kulit menciptakan penderitanya ingin terus menggaruknya, yang jadinya bisa mengakibatkan persoalan gres yaitu kulit luka, lecet ataupun iritasi. Untuk mengatasi gatal-gatal memakai daun brotowali, ialah cukup dengan berendam air hangat.

Yang air hangat tersebut ialah hasil rebusan dari daun brotowali yang dicampur belerang. Untuk mendapat hasil maksimal, minimal lakukan 20 menit untuk berendam disana.

11. Merangsang fungsi urat saraf
Di dalam brotowali mengandungan zat pikroretin, dimana zat inilah yang menciptakan brotowali terasa pahit. Ternyata dibalik rasanya yang tidak enak, brotowali mempunyai manfaat untuk merangsang fungsi urat saraf pada susukan pernafasan. Manfaatnya membantu untuk menurunkan suhu tubuh yang dalam kondisi panas.

12. Menyembuhkan malaria
Penyakit malaria ini termasuk jenis penyakit yang menular, yang muncul akhir adanya benalu plasmodium. Adapun bentuk penularannya melalui mediator nyamuk. Sehingga penting untuk menjaga kebersihkan lingkungan supaya tidak menjadi sarang berkembang biak nyamuk. Dimana penyakit malaria dihentikan sama sekali diremehkan, lantaran bisa berujung pada selesai hidup kalau kondisi sangat parah.

Untuk menyembuhkan malaria maka manfaat tumbuhan brotowali ini. Anda hanya perlu minum ramuan air hasil rebusan daun brotowali yang dicampur dengan madu. Lakukan tiga kali dalam sehari.

13. Mengobati diare
Brotowali juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati diare. Minum air rebusan brotowali bisa meredakan tanda-tanda rasa sakit akhir diare. Pada brotowali mempunyai zat yang berfungsi untuk membunuh pertumbuhan basil salmonella typhi, yaitu basil yang menimbulkan penyakit diare.


14. Mencegah tumor
Sebuah penelitian yang dipimpin oleh spesialis penyakit tumor yang berasal dari negara India. Penelitian dilakukan pada 1998, dengan memakai obyek seekor tikus, yang diberikan ekstrak brotowali.

Hasil peneliian menemukan bahwa kandungan di dalam brotowali bersifat sitotoksik terhadap kanker serviks. Dimana keuntungannya hampir setara dibandingkan obat yang umum digunakan untuk mengatasi tumor.

Penelitian lainnya yang dilakukan para ilmuwan, menemukan hasil penelitian bahwa ekstrak brotowali bisa mengobati kanker hati pada manusia.

15. Mengobati sakit punggung dan pinggang
Penggunaan tumbuhan brotowali untuk mengatasi sakit pada punggung dan sakit pinggang, ialah dengan hanya mengoleskan hasil tumbukan brotowali pada punggung atau pinggang yang mengalami rasa nyeri.

Efek samping brotowali
Berlebihan dalam penggunaan / konsumsi brotowali akan menawarkan dampak jelek bagi kesehatan tubuh, berikut penjelasannya:

-Mengakibatkan persoalan autoimun. Konsumsi brotowali dalam jumlah banyak sanggup menimbulkan sistem kekebalan akan terlalu aktif, sehingga memunculkan tanda-tanda autoimun. Kondisi ini menimbulkan peningkatan resiko beberapa penyakit menyerupai penyakit lupus, sklerosis ganda, radang sendi dan beberpa lainnya.

-Mengganggu kehamilan. Bagi perempuan yang sedang hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi brotowali. Hal itu lantaran dikhawatirkan bisa menawarkan persoalan pada kehamilan, serta sanggup menganggu pertumbuhan janin.

-Beresiko sakit maag. Banyak konsumsi brotowali bisa menimbulkan terjadinya penyakit maag.

-Menyebabakan persoalan gangguan pencernan. Konsumsi air rebusan brotowali secara hiperbola bisa menimbulkan persoalan pencernaan dan juga bisa membebani kinerja ginjal . Lebih jelek lagi bisa menimbulkan kerusakan ginjal dalam jangka panjang.

-Menimbulkan penyakit hipoglekimia. Hipoglekimia terjadi akhir kadar gula darah rendah. Mengkonsumsi brotowali memang bisa menurunkan kadar gula darah. Dengan begitu tidak baik mengonsumsi brotowali dalam jumlah tinggi, lantaran bisa menimbulkan penyakit hipoglekimia berat.

-Konsumsi brotowali secara sanggup meningkatkan cairan empedu secara signifikan yang berdampak jelek bagi kesehatan.

-Memicu alergi, mual, muntah, dan sakit kepala akhir mengonsumsi banyak brotowali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel