Manfaat Buah, Bunga Dan Daun Kersen Bagi Kesehatan

 Buah kersen biasa disebut juga dengan buah talok dan dalam bahasa ilmiahnya ialah muntin Manfaat Buah, Bunga dan Daun Kersen Bagi Kesehatan


Buah kersen biasa disebut juga dengan buah talok dan dalam bahasa ilmiahnya ialah muntingia calabura. Daging buahnya halus dan mempunyai rasa manis. Anda sanggup menemui dengan gampang buah ini lantaran pohon kersen termaksud flora liar yang sanggup tumbuh dimana saja.

Selain rasanya yang manis, buah kersen menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja manfaat buah kersen bagi badan anda? yuk kita simak khasiatnya dibawah ini menyerupai dilansir merdeka.com

1. Antibakteri

Dari hasil penelitian, buah kersen mempunyai sifat antibakteri yang katanya sebanding dengan antibiotik standar yang dipakai medis. Hal ini lantaran terdapat senyawa antibakteri didalamnya.

2. Antioksidan

Studi lain mengatakan bahwa terdapat kadar antioksidan yang tinggi dalam buah kersen. Sebagaimana diketahui bahwa fungsi antioksidan ialah menjaga sistem imun badan dan melawan radikal bebas yang sanggup mengakibatkan kanker.

3. Antiseptik

Selain buahnya yang bermanfaat, ternyata daun kersen juga mempunyai manfaat loh. Daun kersen yang direbus berkhasiat sebagai antiseptik yang sanggup membunuh kuman termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Senyawa yang terkandung dalam daun kersen tanin, flavonoid dan saponin yang merupakan sifat antibakteri.

4. Anti-inflamasi

Selain antibakteri, rebusan daun kersen juga mempunyai manfaat lain menyerupai anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga sanggup menurunkan demam.

5. Anti-tumor

Kandungan flavonoid pada daun kersen berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mengobati asam urat

Rakyat Indonesia biasa memakai buah kersen untuk mengobati asam urat. Selain itu buah ini sanggup mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat.

7. Menjaga kesehatan jantung

Ekstrak daun kersen sanggup melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut

Air rebusan bunga kersen sanggup dijadikan sebagai antiseptik dan sanggup mengobati kram perut. Jadi, bila anda mengalami kram perut sanggup meminum air rebusan bunga kersen.

9. Anti-kanker

Sebuah studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen. Hal ini lantaran ditemukannya kandungan flavonoid sitotoksik gres pada akar kersen.

Itulah manfaat buah, daun dan bunga kersen bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel