4 Jenis Sayuran Berwarna Yang Baik Untuk Dimakan Mentah

 Jenis Sayuran Berwarna Yang Baik Untuk Dimakan Mentah 4 Jenis Sayuran Berwarna Yang Baik Untuk Dimakan Mentah



Anda mungkin pernah melihat beberapa orang mengonsumsi sayuran secarah mentah. Ya mereka mengonsumsi sayuran tersebut secara mentah untuk mendapat nutrisi yang lebih baik. Beberapa sayuran akan kehilangan sebagian nutrisinya dikala dimasak. Namun tidak semua sayuran sanggup dimakan secara mentah, beberapa sayuran jenis lain sebaiknya dimasak untuk mengeluarkan nutrisi didalamnya supaya lebih gampang diserap tubuh.

Seperti dilansir Livestrong.com, dibawah ini ialah 4 jenis sayuran yang sanggup dimakan mentah menurut dari warna sayuran tersebut.

1. Sayuran Hijau

Warna hijau yang terdapat pada sayuran ialah warna dari klorofil, pigmen alami tumbuhan. Sayuran hijau menyerupai paprika hijau, mentimun dan lainnya, menyerupai bayam, selain dimasak juga baik dimakan mentah. Hal ini supaya sanggup mendapat nutrisi yang lebih dari sayuran hijau.
Spesialis pangan dan gizi Julie Garden-Robinson, Ph.D., LRD menyampaikan bahwa sayuran hijau dan sayuran kuning mengandung lutein dan zeaxanthin yang sanggup membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

Sayuran hijau menyerupai brokoli dan bayam disarankan untuk dimakan mentah alasannya ialah merupakan sumber asam folat, begitu juga dengan bit hijau alasannya ialah kaya akan kalium.

2. Sayuran merah

Sayuran mempunyai warna merah mengandung lycopene atau antosianin yang merupakan antioksidan yang kuat. Harvard School of Public Health menyatakan bahwa tomat dan beberapa sayuran berwarna merah lainnya yang mengandung lycopene sanggup mencegah kanker prostat, paru-paru dan mulut.  Beberapa sayuran merah antara lain paprika merah, lobak dan kubis merah. Sayuran tersebut disarankan untuk dimakan mentah.

3. Sayuran oranye dan kuning

Sayuran berwarna oranye dan kuning berasal dari pigmen tumbuhan yang disebut karotenoid. Karotenoid ada beberapa bentuk, misalnya pada wortel yang kaya akan beta-karoten, yang akan dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. Beta-karoten juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mata dan integritas selaput lendir.

Beberapa sayuran berwarna oranye dan kuning ialah wortel, paprika kuning, labu kuning dan tomat kuning.

4. Sayuran putih

Sayuran yang berwarna putih menyerupai bawang merah dan bawang putih baik juga untuk dimakan mentah alasannya ialah mengandung allicin. Allicin ialah senyawa yang sanggup membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat, selain itu juga sanggup mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker perut.

Itulah beberapa manfaat sayuran berwarna yang baik untuk dimakan mentah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel