4 Jenis Tanaman Herbal Dan Keuntungannya Bagi Kesehatan

4 Jenis Tanaman Herbal Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Pengobatan dengan metode tumbuhan herbal juga terbukti ampuh mengatasi penyakit. Inilah yang menciptakan sebagian orang beralih dari pengobatan dokter ke pengobatan herbal. Mereka beranggapan bahwa pengobatan herbal lebih alami.





Mungkin anda pernah mendengar Temulawak, jinten, sampai kayu yang tak abnormal lagi di telinga. Tanaman herbal tersebut sangat gampang didapatkan. Sehingga anda perlu tahu bahwa tanaman-tanaman tersebut mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan. Dilansir kompas.com Homeopath dan Praktisi Kesehatan Natural, Tjok Gde Kerthyasa, BHSc (Hom.), ADHom mengatakan, dalam satu tumbuhan herbal biasanya terdapat lebih dari satu manfaat bagi tubuh.





 Jenis Tanaman Herbal Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan 4 Jenis Tanaman Herbal Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan







Berikut dibawah ini yakni 4 Tanaman herbal dan keuntungannya bagi tubuh anda







1. Temulawak





Temulawak bermanfaat untuk melindungi hati atau hepatoprotektor. Bagian tumbuhan ini yang biasa dipakai untuk pengobatan yakni rimpang atau batang yang menjalar ke bawah tanah. Dalam buku "100 Top Tanaman Obat Indonesia" yang dipublikasikan Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Kementerian Kesehatan, rimpang temulawak mengandung kurkumin, xanthorizol, dan minyakk atsiri. Rebusan temulawak juga sanggup meningkatkan empedu, sekaligus menurunkan Kolesterol dan trigliserida. Selain itu juga temulawak juga dipercaya sanggup meredakan nyeri sendi, anti-peradangan, obat pencahar, sampai melancarkan produksi ASI.





2. Meniran





Meniran yakni tumbuhan liar, sehingga sangat gampang untuk mendapatkannya. Ekstrak meniran berkhasiat sebagai imunomodulator atau meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu dalam akar dan daun meniran banyak mengandung senyawa flavonoid. Penggunaan meniran untuk pengobatan biasanya dipakai untuk membantu mengobati malaria, meluruhkan watu ginjal, sariawan, sampai meredakan benjol atau radang kandung kemih dan terusan kencing.





3. Jinten Hitam





jinten hitam sanggup meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman herbal ini mengandung miristat, miristoleat, pamitoleat, margarat, linoleat, behenat, sampai asam lignoserat. Manfaatnya sanggup dipakai sebagai imunitas bagi mereka yang sering kena tifus. Bagus sekali juga untuk mengobati benjol pencernaan. Selain itu, jinten hitam juga bersifat antivirus, antikanker, dan antioksidan tinggi. Tidak hanya itu jinten hitam juga sanggup membantu melindungi sistem pernapasan, meningkatkan fungsi otak, membantu mengatasi insomnia, sampai melindungi tubuh dari dampak stres.





4. Kayu Manis





Kayu anggun bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah bagi pasien diabetes. Selain itu, kayu anggun juga mempunyai manfaat lain yang luar biasa ibarat sanggup menurunkan Kolesterol, tekanan darah tinggi, melancarkan sirkulasi darah, dan menghangatkan badan.







Itulah 4 jenis tumbuhan herbal dan keuntungannya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel