Resep Daun Gres Cina Untuk Rahim Dan Kandungan

Banyak cara semoga badan tetap sehat, diantaranya dengan mengkonsumsi masakan hijau dan banyak meminum air. Masalah yang terjadi pada badan sanggup diatasi dengan resep daun Baru Cina untuk kesehatan rahim, menghilangkan nyeri haid dan wasir. Tanaman herba Baru Cina, atau nama latinnya yaitu Artemisia V. dalam bahasa Inggris disebut Mugwort atau common wormwood. Baru Cina termasuk dalam genus Artemisia, tumbuhan ini telah dipakai sebagai flora obat dan sayuran masakan.





 diantaranya dengan mengkonsumsi masakan hijau dan banyak meminum air Resep Daun Baru Cina Untuk Rahim Dan Kandungan





Menurut resep herba tradisional, manfaat daun gres cina untuk kesuburan mencakup pengobatan untuk sakit pada haid (Dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur, haid berlebihan, menyehatkan kandungan, keputihan, dan gampang persalinan. Selain itu juga dipercaya untuk mengobati muntah darah (hematemesis), mimisan (epistaxis), pendarahan usus (rectal haemorrhgia), dan disentri.






Resep Daun Baru Cina






Tanaman Baru Cina berkembang subur di kawasan iklim sedang, terutama di Eropa, Asia, Afrika Utara dan Alaska. Jenis tumbuhan ini biasanya dianggap sebagai gulma, tetapi masyarakat yang mengetahui manfatnya akan membudidayakan di sekitar rumah. Tumbuh subur pada tanah yang banyak mengandung banyak nitrogen, terutama di kebun kosong dan liar. Berikut ini morfologi, ciri-ciri tumbuhan Baru Cina yang biasanya dipakai sebagai herba:




  1. Habitus ini termasuk semak menahun, berambut halus, berbau tajam. Akar tunggang berwarna kuning kecoklatan, tumbuh tegak dengan tinggi tumbuhan antara 2-2,5 meter. 
  2. Ciri batang berkayu bulat, mempunyai cabang dengan warna batang putih susu, dan seringkali terdapat warna ungu kemerahan. 
  3. Bentuk daun tunggal dan tersebar, panjang antara 8-12 cm dan lebar 6-8 cm. Daun menyirip dan berbulu, tulang daun menyirip. Bagian atas daun berwarna hijau, bab bawah berwarna keputihan dan berbulu lebat.
  4. Ciri bunga beragam berukuran lebar 5 mm, berwarna kuning muda berbentuk bonggol. Bunga tersusun dalam rangkaian malai (radially symmetrical) yang tumbuh menunduk, dan keluar dari ketiak daun. 
  5. Ujung tangkai benang sari berwarna kuning, kepala putik bercabang dua dan berwarna ungu kecoklatan. Umumnya berbunga pada bulan Juli hingga September. 
  6. Bentuk buah kecil berbentuk jarum dan berwarna coklat.


Adapun kandungan kimia yang terdapat dalam tumbuhan Baru Cina yaitu minyak atsiri, artemisin, kuebrakit, tauremisin, sitosterina, adenina, tetrakosanol, ferneol, stigmasterina, amirin, tanin, dan resin. Manfaat herba ini sebagai analgesik, antelmintik, diuretik, spasmolitik, hemostatik, stomakik.





Resep Daun Baru Cina Untuk Rahim






Berikut ini merupakan resep daun gres cina untuk kesehatan rahim, sanggup dipraktekkan pribadi dirumah dengan cara sangat sederhana: 




  1. Untuk mengobati keputihan, nyeri haid, haid berlebihan, menstruasi tidak teratur
    1. Siapkan 2 gram herba gres cina, 3 gram daun Poko, 3 gram rimpang Teki, 2 gram herba Jung Rahab.
    2. Iris-iris semua materi herba dan masukkan seluruhnya kedalam 120 ml air, lalu dibentuk infusa. Cara lain juga sanggup diseduh menyerupai dalam pembuatan teh.
    3. Ramuan ini diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml.
  2. Untuk memulihkah tenaga sesudah bersalin
    1. Rebus 4 tumbuhan Baru Cina kedalam 6 gelas air hingga tersisa 2 gelas. 
    2. Saring dan minum airnya segelas, sehari 2 kali sebelum makan. 
  3. Cara lain mengolah daun Baru Cina untuk menyuburkan rahim
    1. Rebus 10 hingga 30 gram daun segar daun Baru Cina. 
    2. Kemudian airnya disaring dan diminum setiap hari, minimal segelas sehari. 


Efek samping yang ditimbulkan biasanya penderita mengalami lisan kering, perasaan tidak lezat pada lambung menyerupai mual, muntah dan pusing. Herba ini juga sanggup dikonsumsi sebagai sayur lalap segar.





Referensi





  • Direktorat Obat Asli Indonesia 2008, Badan POM RI
  • Artemisia, image courtesy of wikimedia commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel