Manfaat Bidara Upas Untuk Kanker, Paru, Dan Cara Mengolahnya

Banyak orang yang masih tidak mengetahui manfaat Bidara upas untuk kanker. Nama latin tumbuhan ini ialah Merremia Mammosa, disebut juga Widara upas. Bidara upas merupakan salah satu tumbuhan ubi yang merambat, membelit, daun berbentuk jantung. Bunga tampak lonjong berwarna putih, berumbi menyerupai ubi jalar. Umumnya ditemukan di hutan, dan adal juga yang menanamnya di pekarangan.





 Banyak orang yang masih tidak mengetahui  Manfaat Bidara Upas Untuk Kanker, Paru, Dan Cara Mengolahnya





Manfaat bidara upas untuk kanker dikala ini telah dijadikan sebagai obat alternatif, dan gres dipakai pada awal kurun ke-20. Kandungan kimia yang terdapat dalam umbi tumbuhan ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit, tetapi tidak sanggup dijadikan sumber karbohidrat. Senyawa kimia dalam umbi bersifat sejuk, analgesik, dan mentralkan racun. Umumnya dipakai sebagai materi herba untuk menyembuhkan penyakit organ pernafasan, menyerupai tuberculosis. 






Manfaat Bidara Upas 






Bidara upas tumbuh merayap atau membelit, panjangnya sanggup mencapai sampai 6 meter. Ciri daun berbentuk lingkaran telur melebar dan pangkal daun berbentuk hati. Ciri umbi menyerupai kentang, berbeda dengan Merremia Peltata walaupun satu genus, umbi berkumpul sampai 6 buah dan berat mencapai 5 kg atau lebih di lahan subur. Warna kulit umbia kuning kecoklatan, berkulit tebal dan bergetah putih.





Bidara upas berbunga beragam 1 sampai 4 kuntum yang membentuk payung dan berwarna putih. Bunga ini akan menjadi buah dan kelopaknya tidak gugur. Biji buah berwarna kelabu dan pinggirannya yang berbulu kecoklatan.





Manfaat bidara upas untuk kanker dipengaruhi oleh kandungan kimia menyerupai damar, resin, pati, zat pahit. Umbi Bidara Upas sudah sering dipakai untuk terapi pengobatan kanker, zat oksidase pada getah segar sangat manjur untuk pengobatan kanker alternatif. Selain itu, manfaat bidara upas juga bisa mengobati demam, batuk, serak, difteri, radang tenggorok, radang paru, radang usus buntu, typhus, sembelit, batuk dan muntah darah, obat kencing manis, keracunan, gigitan ular, kusta, dan syphilis (Luns). Berikut ini merupakan resep obat tradisional yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut:




  1. Siapkan 8 gram umbi segar, 6 gram rimpang kencur, 3 daun sirih, 3 gram kapulaga. 
  2. Rebus seluruh herba kedalam air secukupnya dengan api kecil sampai mendidih. 
  3. Gunakan air untuk berkumur, lalu diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore. 




Bidara upas mengandung polifenol, triterpenoid, terpenoid, dan flavonoid. Getah bidara upas mengandung zat oksidase. Menurut studi yang dikembangkan, manfaat bidara upas sanggup mencegah penggandaan virus HIV, tetapi tidak sanggup menghilangkan virus HIV. Umbi juga dipakai untuk memperbanyak ASI.





Referensi





  • Bidara Upas (Merremia mammosa), CCRC Farmasi UGM.
  • Uji Daya Hambat Mycobacterium tubercolosis dari Umbi Bidara Upas (Merremia Mammosa Hall). Universitas Airlangga, 2010.
  • Merremia mammosa, image courtesy of wikimedia commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel