Obat Wasir Berdarah Tradisional Dari Bunga Pagoda

Banyak orang telah menderita penyakit wasir atau ambeien, kondisi patologis Hemorrhoid tampak membengkak. Bagian jalan masuk anus meradang, sehingga tak jarang penderita wasir mencicipi sakit ketika buang air besar. Telah lama obat wasir berdarah tradisional dari bunga pagoda digunakan turun menurun. Bunga pagoda dianggap ampuh mengatasi penyakit wasir atau ambeien.





 Banyak orang telah menderita penyakit wasir atau ambeien Obat Wasir Berdarah Tradisional Dari Bunga Pagoda





Menurut medis, tanda-tanda wasir tergantung pada jenisnya yaitu wasir internal yang muncul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri. Wasir eksternal umumnya mengatakan tanda-tanda rasa nyeri dan pembengkakan di area anus. Beberapa penyebab wasir masih belum diketahui, diantaranya peningkatan tekanan intra-abdomen, terlebih pada konstipasi.






Obat Wasir Berdarah Tradisional






Wasir eksternal sanggup mengakibatkan rasa nyeri dalam 2 sampai 3 hari. Pembengkakan akan hilang dalam beberapa ahad dan menjadikan iritasi pada kulit di sekitar anus. Gejala wasir internal tanpa nyeri, perdarahan dari rektum berwarna merah terperinci ketika buang air besar. Gejala lain berupa lendir, gatal pada anus, dan inkontinensia feses. Wasir internal hanya terasa sakit jikalau terjadi trombosis atau nekrosis.





Bagaimana cara mengobati penyakit wasir atau ambeien? Menurut pengobatan medis, wasir sanggup diobati dengan cara meningkatkan makanan berserat, banyak minum air, dan memakai obat penghilang rasa nyeri. Adapun obat wasir berdarah tradisional diantaranya dari tanaman bunga pagoda. Ramuan ini dipercaya bisa mengatasi dan menyembuhkan wasir akut.





Bunga pagoda termasuk salah satu tanaman perdu meranggas, nama latin Clerodendrum Japonicum (Thunb). Tinggi tanaman umumnya 1 sampai 3 meter, batang tanaman dipenuhi rambut halus. Daun tunggal dan bertangkai, daun saling berhadapan. Helaian daun berbentuk lingkaran telur melebar dan pangkal daun berbentuk jantung. Daun bau tanah tampak berjari dan panjang sanggup mencapai 30 cm.

Bunga beragam berwarna merah, terdiri atas bunga kecil-kecil yang berkumpul membentuk piramid atau pagoda. Bunga keluar dari ujung tangkai dan buah pagoda tampak bulat.





Bunga pagoda bermanfaat untuk antiradang, diuretik, sedatif, hemostatis. Berikut ini ialah cara menciptakan obat wasir berdarah tradisional dari bunga pagoda:




  1. Ambil akar bunga pagoda sebanyak 25 gram. 
  2. Tambahkan 200 ml air, lalu rebus sampai mendidih kurang lebih 15 menit. 
  3. Ramuan ini diminum 2 kali sehari, dosis sekali minum 100 ml.




Untuk perempuan hamil dan proses melahirkan, tekanan dari fetus pada abdomen dan perubahan hormonal mengakibatkan pembuluh hemoroid membesar. Gejala ini biasanya hilang sehabis melahirkan, dan tidak perlu memakai obat wasir berdarah tradisional.





Referensi





  • Hemorrhoidal disease: A comprehensive review. Publish by Journal of the American College of Surgeons, 2007.
  • Clerodendrum japonicum (Thunb), image courtesy of wikimedia commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel