Cara Memutihkan Kulit Badan Dengan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh, juga dikenal sebagai belimbing sayur oleh ibu rumah tangga di nusantara. Dalam bahasa latin disebut Averrhoa Bilimbi, pada umumnya tanaman disebut juga bilimbi, belimbing botol atau belimbing asam. Warisan orang bau tanah kita meninggalkan tips cara memutihkan kulit tubuh dengan belimbing wuluh. Diantaranya memutihkan kulit wajah, badan, tangan dan kaki, juga mengobati jerawat, memerahkan warna bibir, dan juga memutihkan gigi. Tampaknya senyawa yang terkandung didalamnya sangat bermanfaat untuk mengobati duduk kasus kesehatan. 





 juga dikenal sebagai belimbing sayur oleh ibu rumah tangga di nusantara Cara Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Belimbing Wuluh





Belimbing wuluh merupakan homogen pohon kecil yang diperkirakan berasal dan berkembang di Kepulauan Maluku. Kemudian tanaman ini berkembang bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Umumnya di desa-desa, kita masih banyak menemukan tanaman ini di pekarangan rumah. Buah belimbing wuluh berasa asam dan sering dipakai sebagai bumbu kuliner serta materi jamu. Hingga dikala ini, masih banyak orang yang memanfaatkannya, terutama bagaimana cara memutihkan kulit tubuh dengan belimbing wuluh.






Cara Memutihkan Kulit Tubuh






Adapun ciri tanaman belimbing wuluh ditandai dengan bentuk daun bersirip genap, batang tidak bercabang, bunga berbentuk bintang berwarna merah muda hingga ungu. Buah memiliki lima ruangan, tergantung pada batang atau dahan, basah dan berasa asam. Buah belimbing wuluh mengandung kadar oksalat yang tinggi, sangat tidak dianjurkan bagi penderita ginjal. Senyawa kimia yang terkandung dalam buah belimbing wuluh diantaranya kalium oksalat, flavonoid, pektin, tanin, asam galat, asam ferulat. Buahnya bermanfaat sebagai antipiretik dan Ekspektoran.





Orang-orang Filipina memanfaatkan daun belimbing wuluh dalam pembuatan pasta untuk pengobatan gatal, bengkak, rematik, gondok, erupsi kulit, gigitan serangga. Infus daun juga dipakai sebagai tonik anak sehabis lahir, dan infus bunga dipakai untuk mengobati sariawan, flu dan batuk. Fermentasi daun belimbing wuluh dipakai untuk mengobati penyakit kelamin. Orang-orang Guyana Perancis mengolahnya menjadi sirup yang dipakai untuk mengobati peradangan. Orang Thiruvananthapuram di India, memanfaatkan buah belimbing wuluh untuk mengendalikan obesitas, pelangsing tubuh, bersifat antihilperlipidemik. Berikut ini cara pengolahan dan cara memutihkan kulit tubuh dengan belimbing wuluh:




  1. Siapkan 10 buah belimbing wuluh segar, dan sedikit air hangat untuk menciptakan masker.
  2. Haluskan belimbing wuluh, dan tambahkan air hangat sehingga membentuk pasta.
  3. Oleskan masker belimbing wuluh ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah itu, bilas wajah memakai air bersih.
  5. Ulangi mekanisme ini setiap malam, sebelum tidur.




Resep ramuan tersebut juga sanggup dipakai untuk bab tubuh lain, oleskan pada kulit tubuh, tangan dan kaki, untuk mendapat manfaat yang sama. Manfaat masker belimbing wuluh untuk kecantikan dan perawatan kulit diantaranya: 




  1. Dapat mengatasi jerawat atau sebagai obat jerawat alami.
  2. Mencerahkan kulit wajah dan tubuh atau memutihkan kulit alami.
  3. Mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan pori-pori wajah.
  4. Mengobati jamur kulit, menyerupai panu.




Adapun manfaat lain belimbing wuluh juga sanggup dipakai untuk mengobati sariawan pada bibir, dan mencerahkan warna merah pada bibir. Berikut cara mengolah belimbing wuluh untuk mengobati penyakit lain:




  1. Untuk mengobati sariawan, batuk dan sakit tenggorokan, sebaiknya memakai resep berikut ini: Ambil segenggam bunga belimbing wuluh segar, buah adas manis secukupnya. Haluskan keduanya dan masukkan kedalam air sebanyak 1/4 gelas, tambahkan gula kerikil secukupnya. Ramuan ini diminum sehari 2 kali, setiap pagi dan sore. Takaran sekali minum 1 hingga 2 sendok makan.
  2. Untuk mengobati diabetes mellitus, kencing manis, menurunkan berat tubuh atau untuk diet, untuk menurunkan kolesterol: siapkan 20 gram daun belimbing wuluh segar, haluskan dan tambahkan air segelas. Minum 2 kali sehari setiap pagi dan sore, dosis sekali minum 1/4 cangkir.




Cara memutihkan kulit tubuh dengan belimbing wuluh dianggap sangat praktis, terlebih apabila memiliki tanaman ini di pekarangan rumah. Karena setidaknya sanggup dilakukan setiap hari dan membutuhkan buah yang cukup banyak. Adapun dampak samping belimbing wuluh bagi yang mengkonsumsinya secara rutin sanggup menjadikan gagal ginjal alasannya mengandung kadar oksalat yang tinggi. hati-hati penggunaan jangka panjang, khususnya bagi yang ingin menurunkan berat badan.





Referensi





  • Evaluation Of The Anti-Diabetic Properties Of Averrhoa bilimbi in Animals with Experimental Diabetes Mellitus. Publish by National University of Singapore. Retrieved 1 Dec 2010.
  • Acute oxalate nephropathy due to Averrhoa bilimbi fruit juice ingestion. Publish by Indian Journal of Nephrology, 2013.
  • Averrhoa Bilimbi, image courtesy of wikimedia commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel