7 Cara Mengolah Akar, Bunga, Buah Belimbing Bagus Untuk Kesehatan

Tanaman belimbing cantik tidak hanya ditanam sebagai hiasan, tetapi juga dibudidayakan untuk obat herba. Maka, tidak jarang masyarakat mulai menanamnya di pekarangan, walaupun dalam pot kecil. Adapun cara mengolah akar, bunga, buah belimbing manis untuk herba, telah usang dipraktekkan oleh orang renta kita. Beliming cantik paling sering manjadi hidangan buah masakan daripada obat herba.





 Tanaman belimbing cantik tidak hanya ditanam sebagai hiasan 7 Cara Mengolah Akar, Bunga, Buah Belimbing Manis Untuk Kesehatan





Belimbing cantik disebut juga Averrhoa Carambola, paling banyak tumbuh di Indonesia. Perkembangan tanaman belimbing cantik telah hingga ke daratan Amerika, alasannya yakni keuntungannya sangat baik mengobati beberapa penyakit. Tidak sedikit orang yang mulai menyadari pentingnya konsumsi buah belimbing manis. 






Cara Mengolah Akar, Bunga, Buah Belimbing






Ciri tanaman tampak khas, berdaun beragam yang panjangnya mencapai 50 cm, bercabang banyak dan tumbuh mencapai 5 meter. Umumnya tanaman belimbing sangat gampang berkembang alasannya yakni tidak memerlukan banyak sinar matahari. Beberapa orang bahkan mengakibatkan tanaman ini sebagai hiasan di ruangan teduh. Bunga dapat dijadikan herba ampuh, biasanya muncul di ujung dahan dan berwarna merah muda. Buah belimbing cantik mengandung banyak air, sari makanan yang berpotensi untuk jadikan jus kesehatan. 





Pada halaman sebelumnya telah dijelaskan resep daun belimbing cantik untuk kanker, daun belimbing untuk koreng dan bisul. Adapun dampak farmakologis akar belimbing cantik berasa asam, netral, kelat atau astringent, analgesik atau menghilangkan rasa sakit, dan anti rematik. Buahnya berasa asam, manis, netral, anti radang, sebagai peluruh liur dan peluruh kemih. Bunganya berasa manis, dipakai sebagai anti malaria. Berikut ini beberapa resep cara mengolah akar, bunga, buah belimbing cantik untuk herba:




  1. Cara mengolah akar belimbing untuk mengobati sakit lever: sediakan 12-15 gram akar kering, basuh higienis dan tambahkan air. Kemudian direbus dan diminum.
  2. Cara mengolah akar belimbing untuk mengobati sakit pada sendi, atau rematik: sediakan 120 gram akar segar, basuh higienis dan di iris-iris. Kemudian masukan kedalam 600 cc arak, tutup dan biarkan selama beberapa jam.
  3. Cara mengolah akar belimbing untuk mengobati sakit kepala kronis: sediakan 30-45 gram akar segar yang sudah higienis dipotong kecil-kecil, dan 120 gram tahu. Tambahkan air hingga kedua materi terendam, haluskan keduanya dan dimakan sehari sekali.
  4. Cara mengolah bunga belimbing untuk mengobati penyakit malaria: sediakan 15 hingga 24 gram bunga belimbing cantik yang sudah kering. Kemudian diseduh dengan air panas, teh ini diminum sehari 2 kali.
  5. Cara mengolah buah belimbing untuk mengobati kencing batu: siapkan 5 buah belimbing manis, lalu direbus dan ditambah madu sebelum diminum.
  6. Cara mengolah buah belimbing untuk mengobati darah tinggi, diabetes mellitus dan kolesterol: sediakan 2 buah belimbing manis, dimakan sesudah sarapan pagi dan makan sore. Bisa juga dijadikan juice belimbing manis. Tetapi berdasarkan studi, penderita kolesterol tinggi, penderita diabetes, harus menghindari memakan buah ini alasannya yakni kandungan gula yang tinggi. sebaiknya menentukan buah yang asam atau hijau dengan kadar gula rendah.
  7. Cara mengolah buah belimbing untuk mengobati influenza dan sakit tenggorokan: siapkan 90 hingga 120 gram buah belimbing segar, lalu di juice dan saring airnya. Minum sehari tiga kali.




Cara mengolah akar, bunga, buah belimbing cantik untuk herba tersebut sudah banyak dipraktekkan. Tetapi perlu diketahui, dampak samping buah belimbing cantik dihentikan dikonsumsi oleh orang yang bermasalah pada ginjalnya alasannya yakni mengandung asam Oxalat. Jus yang terbuat dari belimbing lebih berbahaya alasannya yakni konsentrasi asam yang lebih tinggi. 





Referensi





  • CRC handbook of ayurvedic medicinal plants, Boca Raton, Fla. Publish by CRC Press, Author by L.D. Kapoor (1990).
  • Indian medicinal plants: a compendium of 500 species. Publish by Madras: Orient Longman, 2002.
  • Averrhoa Carambola, image courtesy of wikimedia commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel