3 Resep Obat Tradisional Ispa Di Rumah Dari Daun Bayam Duri

Perubahan cuaca yang drastis akhir-akhir ini telah banyak menjadikan penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). Radang kanal pernafasan menjadikan penyakit pilek, radang sinus, radang amandel (tonsillitis), radang pita bunyi (laringitis) dan influenza. Penanganan cepat tanggap diantaranya obat tradisional ISPA di rumah yang terbuat dari daun bayam duri. Resep ini telah usang dipakai untuk mengobati radang kanal pernafasan dan patut dicoba dirumah.





akhir ini telah banyak menjadikan penyakit ISPA  3 Resep Obat Tradisional ISPA Di Rumah Dari Daun Bayam Duri





ISPA mencakup rongga hidung, sinus (rongga berisi udara yang terdapat di sekitar pipi, hidung dan mata), faring di belakang hidung dan mulut, dan pangkal tenggorokan (laring). Pada masalah ini, penyakit umumnya disebabkan oleh coronavirus dan rhinovirus. Sementara virus yang lain bisa saja ikut berperan pada ISPA diantaranya coxsackieviruses, myxovirus, adenovirus dan paramyxovirus. Biasanya radang kanal pernafasan terjadi pada penderita cukup umur dan anak-anak, paling umum yaitu flu dan pilek.






Obat Tradisional ISPA Di Rumah






ISPA sanggup ditandai dengan tanda-tanda hidung tersumbat, batuk, nyeri otot, hidung beringus, bersin-bersin, dan tenggorokan sakit. Gejala lain yang bisa saja muncul dan dirasakan penderita ISPA yaitu kehilangan daya penciuman dan perasa, teliga terasa tertekan dan demam. Untuk mengatasi penyakit ISPA, kita bisa memakai tanaman gulma yang tumbuh disekitar halaman rumah. Tanaman bayam duri ternyata bisa mengatasi banyak sekali duduk masalah penyakit nanah kanal pernafasan, juga sebagai obat tradisional TBC kelenjar





Bayam duri termasuk familia Amaranthaceae, tumbuh liar di kebun dan pekarangan rumah ataupun lahan kosong. Tanaman ini hidup didataran rendah dengan ketinggian 1400 mdpl. Bayam duri sanggup mencapai tinggi 1 meter, berkembang melalui biji, dan pangkal tangkai daun terdapat duri. Yang dipakai untuk obat tradisional ISPA di rumah yaitu penggalan akar, batang dan daun. Sistem perakaran tunggang, batang tanaman kecil berbentuk bulat, lunak dan berair, berwarna merah kecoklatan. Daun tunggal, berwarna kehijauan berbentuk oval, panjang daun 1,5 cm hingga dengan 6 cm. 





Untuk membudidayakan tanaman bayam duri cukup mudah, penyebaran tanaman memakai biji kecil pada bunga yang tersebar melalui angin dan kumbang. Bunga terdapat di Axilaar batang, berkelamin tunggal dan berwarna hijau. Setiap bunga mempunyai 5 mahkota dengan panjang 1.5 hingga 2.5 cm. Bunga jantan berbentuk beragam berbentuk bulir, bunga betina berbentuk lingkaran yang terdapat pada ketiak batang. Buah bayam duri berbentuk lonjong, biji hitam mengkilat, berwarna hijau dengan panjang 1,5 mm yang dipakai untuk budidaya.





Berikut ini resep untuk mengolah akar dan daun bayam duri menjadi obat tradisional ISPA di rumah:




  1. Untuk mengobati radang kanal pernapasan: sediakan seperempat genggam daun bayam duri yang sudah dicuci bersih, dan digiling halus. Campurkan dengan 3 sendok air hangat dan beri sedikit garam, kemudian diperas dan disaring airnya. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.
  2. Untuk menghilangkan sakit pada tenggorokan: Ambil 45 gram akar segar bayam duri kemudian dicuci bersih, direbus dan diminum airnya.
  3. Untuk mengatasai demam akhir ISPA: Ambil segenggam daun bayam duri yang masih segar kemudian dicuci dan digiling hingga halus. Tambahkan sedikit air dan gunakan sebagai tapal di dahi.




Pengobatan tradisional diatas untuk mengatasi penyakit nanah kanal pernafasan dan tanda-tanda yang ditimbulkannya. Cara diatas sanggup pribadi dipraktekkan di rumah sebagai obat tradisional ISPA di rumah dengan memanfaatkan tanaman gulma, yang selama ini dianggap sebelah mata. 





Referensi





  • The Maldive Islanders, A Study of the Popular Culture of an Ancient Ocean Kingdom. By Xavier Romero-Frias, 1999.
  • Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1. By Dr Setiawan Dalimartha.
  • Amaranthus Spinosus, image courtesy of wikimedia commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel