Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Benjol Dan Resepnya

Tanaman yang satu ini dianggap unik, bunga pukul empat mempunyai banyak warna dan berasal dari Amerika Selatan. Umumnya berwarna merah, kuning, dan juga putih, yang dipengaruhi oleh genetik. Manfaat bunga pukul empat untuk jerawat dianggap ampuh, herba ini dibentuk menjadi bedak untuk wajah. Nama latin tumbuhan ini disebut Mirabilis Jalapa, bunga ini mekar pada pukul empat sore yang disebabkan rangsangan cahaya fotonasti.





 bunga pukul empat mempunyai banyak warna dan berasal dari Amerika Selatan Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Jerawat Dan Resepnya





Bunga pukul empat termasuk dalam kelas Dicotyledones, flora berbiji keping dua, berkelopak dengan kelipatan 4 hingga 5, dan urat daunnya ibarat jari. Para orang renta kita telah usang memanfaatkan tumbuhan sebagai hiasan dan herba tradisional. Bunga pukul empat juga dipakai sebagai materi pewarna makanan, terutama camilan anggun dan jeli.






Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Jerawat






Manfaat bunga pukul empat untuk jerawat bisa mengatasi infeksi kulit wajah. Kandungan didalamnya berupa betaxanthis, zat asam lemak, zat asam minyak, senyawa ini dipakai sebagai diuretik untuk melancarkan sirkulasi darah dan peluruh air seni. Bunga ini juga bisa meredakan radang amandel, radang tenggorokan, obat batuk berdarah, herba kanker, herba kerikil ginjal, kerikil empedu, herba kencing manis, juga dipercaya bisa mengobati keputihan.





Bunga pukul empat dipakai sebagai obat diuretik, pencahar, dan untuk penyembuhan luka. Akar bunga pukul emapt diyakini sebagai afrodisiak, diuretik dan pencahar. Daun tumbuhan dipakai untuk mengurangi peradangan, air rebusan daun bunga pukul empat dipakai untuk mengobati abses. Daun dipakai untuk mengobati luka, debu benih dipakai sebagai kosmetik dan pewarna. 





Adapun manfaat bunga pukul empat untuk obat herba jerawat dan kulit terbakar dipakai kedalam ramuan herba ialah sebagai berikut:




  1. Ambil beberapa buah yang sudah tua, lalu pecahkan. Isinya berupa tepung yang sanggup dijadikan sebagai bedak untuk mengobati jerawat. Penggunaannya sanggup dicampurkan dengan menambahkan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada jerawat dan kulit yang terbakar.
  2. Untuk mengobati radang amandel, radang prostat, ialah sebagai berikut: Sediakan akar bunga pukul empat yang masih segar sebanyak 10 gram. Giling hingga halus dan tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Ramuan ini dikompreskan pada potongan yang sakit.
  3. Untuk mengobati prostatitis, radang amandel, kencing manis, kencing berlemak, keputihan, pengikisan verbal rahim, dan radang sendi akut, ialah sebagai berikut: Rebus 15 gram akar kering/segar bunga pukul empat, ditambah dengan 4 gelas air dan rebus hingga tersisa 2 gelas. Saring air rebusan, dosis minum segelas 2 kali sehari. 




Manfaat bunga pukul empat telah dipakai oleh banyak sekali kalangan masyarakat diseluruh dunia. Tanaman ini dikenal dengan banyak sekali nama, dan banyak dipakai dalam pengobatan tradisional ibarat di India dan Indonesia. 





Referensi





  • Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia. Publish by Wijayakusuma, Hembing (2000).
  • Mirabilis Jalapa, image courtesy of wikimedia commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel