Pengobatan Penyakit Lyme Dengan Ramuan Herbal Cina

Berhati-hati lah dengan Lyme, penyakit menular yang disebabkan oleh basil Borrelia. Penyakit lyme disebarkan oleh kutu, termasuk tikus yang berada dirumah dan kebun. Banyak orang yang tidak menyadari tanda-tanda penyakit ini, sehingga dikala berada di kebun membawa kutu ditubuhnya. Pengobatan penyakit lyme dengan resep ramuan herbal cina pernah diuji secara ilmiah. Umumnya kulit penderita mengalami kemerahan yang meluas (erythema migran), tidak lebih dari seminggu. 



 penyakit menular yang disebabkan oleh basil Borrelia Pengobatan Penyakit Lyme Dengan Ramuan Herbal Cina



Studi herba telah dilakukan untuk menguji keampuhan ekstraksi tanaman. Salah satunya penelitian farmasi dari Institute for Traditional Medicine, Oregon. Mereka menyebutkan bahwa pengobatan alternatif Tiongkok sanggup menyembuhkan penyakit lyme. Penderita biasanya mencicipi sesuatu yang berbeda pada kulit, terkadang ruam tidak gatal dan tidak menyakitkan. Ada pula yang tidak mengalami ruam dikala terinfeksi, tetapi mengalami demam, sakit kepala dan merasa lelah. 






Tidak banyak orang yang mengetahui penyakit Lyme (Lyme borreliosis), salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh basil Borrelia. Penyakit ini disebarkan oleh kutu, termasuk tikus yang sanggup saja berada dirumah dan kebun. Lyme sanggup ditandai melalui infeksi yang paling umum terjadi, kulit penderita mengalami kemerahan yang meluas atau disebut erythema migran. Gejala ini akan tampak disekitar tempat gigitan kutu, tidak lebih dari seminggu. 





 penyakit menular yang disebabkan oleh basil Borrelia Pengobatan Penyakit Lyme Dengan Ramuan Herbal Cina





Apabila kita mencicipi sesuatu yang berbeda pada kulit, ruam tidak gatal dan tidak menyakitkan. Ada pula yang tidak mengalami ruam dikala terinfeksi, mungkin saja mengalami demam, sakit kepala dan merasa lelah. Umumnya masyarakat tidak menyadari dikala berada di lahan pertanian, contohnya di sawah ataupun lahan yang banyak dihuni tikus.

Untuk menghindari penularan penyakit lyme, sebaiknya mengikuti tips-tips yang dinilai sanggup mencegah penularan di rumah. Adapun tanda-tanda penyakit lyme sanggup ditandai dari ciri-ciri berikut: 
  1. Penyakit lyme jikalau tidak diobati akan berdampak pada pergerakan leher, kesulitan untuk menoleh ke salah satu sisi. 
  2. Lyme mengakibatkan rasa nyeri pada sendi, sakit kepala akut disertai leher kaku. 
  3. Palpitasi jantung, denyut tidak teratur disertai dengan pusing ataupun sesak napas.
  4. Beberapa bulan kedepan ataupun beberapa tahun kemudian, rasa nyeri sendi dan pembengkakan sanggup kambuh kembali. Sekitar 50 persen penderita mengalami artritis, dan sanggup muncul sehabis 2 tahun.
  5. Beberapa penderita mencicipi rasa sakit dan kesemutan di tangan serta kaki.
  6. Sekitar 10-20 persen penderita mengalami nyeri sendi, bermasalah pada ingatan otak, dan merasa kelelahan. Gejala ini dirasakan setidaknya selama enam bulan.

Pengobatan Penyakit Lyme Tradisional




Berdasarkan analisis Subhuti Dharmananda, Ph.D. dari Institute for Traditional Medicine, Oregon, pengobatan penyakit lyme sanggup dilakukan dengan ramuan herba. Pasien sanggup menciptakan rebusan herba di rumah dengan formula dasar yang sanggup dimodifikasi. Siapkan herba berikut untuk selanjutnya dicampurkan dengan perbandingan yang sama:




  1. Smilax, merupakan genus yang terdiri dari 300-350 spesies, ditemukan di tempat tropis dan subtropis di seluruh dunia. Termasuk keluarga Monokotilinum Smilacaceae, termasuk Catbriers, Greenbriers, biola-ivys, smilaxes, sarsaparilla. Di Indonesia tumbuhan ini sering disebut sebagai Gadung Cina ataupun tanaman Canar.
  2. Ching-hao, atau Artemisia Annua, juga dikenal sebagai Anuma, Mugwort tahunan. Merupakan jenis kayu ulin orisinil Asia yang beriklim sedang.
  3. Forsythia, yaitu genus flora berbunga dari keluarga Oleaceae. Setidaknya tumbuhan ini ada sekitar 11 spesies, sebagian besar berasal dari Asia timur, tapi satu berasal dari Eropa tenggara. 
  4. Hu-chang, atau Polygonum Cuspidatum, Fallopia japonica, sinonim Reynoutria Japonica. Merupakan tumbuhan tahunan herba yang besar dari keluarga Polygonaceae, perkembangan orisinil di Asia Timur di Jepang, Cina dan Korea.
  5. Andrographis Paniculata, atau sambiloto. Merupakan flora berguna obat berupa terna tegak, berasal dari Asia tropika. 
  6. Batang tumbuhan Lonicera, atau Kamperfuli. Tanaman perdu merambat yang umumnya banyak tumbuh di Utara. Kamperfuli terdiri dari 180 spesies, 100 spesies berada di China, Eropa, India dan Amerika Utara. 





Pencegahan Penyakit Lyme Secara Medis



Penyakit Lyme ditularkan melalui gigitan kutu yang terinfeksi basil genus Ixodes. Proses penyebaran basil sehabis gigitan kutu berkisar 36-48 jam. Di wilayah Amerika Utara, lyme disebabkan Borrelia Burgdorferi dan Borrelia Mayonii. Sementara di Eropa dan Asia, lyme disebabkan oleh basil Borrelia Afzelii dan Borrelia Garinii. Menurut studi, lyme tidak sanggup ditularkan antar manusia, tidak juga melalui binatang lain ataupun atau melalui makanan. Dan hasil tes darah pada penderita seringkali negatif pada tahap awal penyakit.





 penyakit menular yang disebabkan oleh basil Borrelia Pengobatan Penyakit Lyme Dengan Ramuan Herbal Cina





Adapun cara pencegahan penyakit lyme sebagai berikut:




  1. Berusahalah untuk mencegah gigitan kutu dengan cara menggunakan celana panjang dan menggunakan DEET (Diethyltoluamide). Terutama dikala berada di semak perkebunan.
  2. Untuk anak dibawah 2 tahun, gunakan obat penolak kutu. Misalnya dengan menyemprotkan DEET pada pakaian.
  3. Segera lakukan pestisida rutin untuk mengurangi perkembangan kutu, di rumah maupun di lahan pertanian. 
  4. Jenis kutu yang mengakibatkan penyakit lyme biasanya berkaki hitam, berwarna gelap, ukurannya kecil sebesar biji opium.
  5. Jika kembali dari kebun, carilah kutu di sekitar lipatan paha, pangkal rambut, ketiak, di belakang pendengaran dan lutut. 
  6. Penting diketahui, bahwa kutu sanggup dilepas dengan menggunakan pinset. Apabila kutu yang terlepas dari kulit penuh dengan darah, segara gunakan Doksisiklin untuk mencegah pengembangan infeksi.
  7. Apabila infeksi sudah berkembang, gunakan antibiotik termasuk Doksisiklin, Amoksisilin, dan Sefuroksim. Pengobatan ini umumnya terjadi selama dua atau tiga minggu. 
  8. Pengobatan bagi penderita yang mengalami demam, nyeri otot dan sendi, disebabkan metode pengobatan, hal ini sanggup berlangsung selama 1-2 hari. 
  9. Jika Anda masih resah dengan tanda-tanda yang muncul dan kurang memahami pengobatan, segera ke dokter sebelum penyakit berlanjut.


Ektraksi seluruh materi herba menggunakan metode dekokta, sesuaikan adonan dengan takaran perorangan 12-15 gram perhari. Menurut Subhuti Dharmananda, takaran pengobatan penyakit lyme disarankan 3 kali sehari untuk mengobati infeksi penyakit lyme. Penjelasan wacana dekokta sanggup dilihat pada halaman Pembuatan Dekokta.





Referensi





  • LYME DISEASE: Treatment with Chinese Herbs. By Subhuti Dharmananda, Ph.D., Director, Institute for Traditional Medicine, Portland, Oregon.
  • Signs and Symptoms of Lyme Disease. By cdc.gov. 2 March 2015.
  • Clinical practice. Lyme disease. By the New England Journal of Medicine. DOI:10.1056/NEJMcp1314325
  • Lyme, image courtesy of wikimedia commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel