Cara Menyembuhkan Anemia Dengan Bayam Merah Paling Mudah

Penyakit kurang darah ata disebut Anemia, merupakan penyakit darah yang paling sering ditemukan dan beberapa diantaranya disebabkan faktor dasar. Anemia terbagi menurut morfologi sel darah merah, etiologi, dan penampakan secara klinis. Lalu, bagaimana cara menyembuhkan anemia dengan bayam merah? Umumnya masyarakat menderita anemia disebabkan perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan, hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah.





 Penyakit kurang darah ata disebut Anemia Cara Menyembuhkan Anemia Dengan Bayam Merah Paling Mudah





Bayam merah dalam bahasa latin disebut Iresine Herbstii, merupakan spesies tanaman berbunga di keluarga bayam, Amaranthaceae. Nama lain tanaman ini disebut Chicken Gizzard, ataupun Bloodleaf. Kandungan zat besi pada sayuran bayam merah lebih tinggi daripada sayuran lain, zat besi penyusun sitokrom, protein dalam fotosintesis, sangat mempunyai kegunaan untuk penderita anemia.






Cara Menyembuhkan Anemia Dengan Bayam Merah






Sel darah merah mengandung hemoglobin yang mempunyai kegunaan untuk mengangkut oksigen dari jantung yang berasal dari paru-paru. Proses ini mengantarkan sel darah merah ke seluruh penggalan tubuh. Seseorang dikatakan anemia apabila konsentrasi hemoglobin (Hb) tubunhnya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41 persen pada laki-laki. Dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36 persen pada perempuan. Apabila anemia terjadi dalam waktu yang lama, konsentrasi Hb sangat rendah sebelum tanda-tanda muncul berupa Asimtomatik, yaitu letargi, nafas pendek atau sesak terutama ketika beraktfitas, kepala terasa ringan, palpitasi, pucat, kekebalan badan menurun.





Salah satu penyebab anemia ialah kekurangan zat besi didalam tubuh. Bagaimana cara menyembuhkan anemia dengan bayam merah? Bayam merah mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga banyak dipakai sebagai obat anemia. Adapun caranya sebagai berikut: 




  1. Ambil bayam merah segar, kemudian basuh bersih. 
  2. Jadikan sayuran ini segelas juice yang dicampur dengan madu dan telur. 
  3. Bisa juga dijadikan pasta untuk masakan dan mencampurnya dengan daging. 
  4. Jika bayam merah dimasak, pastikan pemanasan jangan terlalu lama. Dan sayur sebaiknya dimakan dalam keadaan hangat. 




Perlu diperhatikan adanya dampak samping mengkonsumsi bayam merah, hanya terjadi pada sebagian orang, atau sanggup juga lantaran konsumsi berlebihan. Berikut dampak samping yang umumnya terjadi:




  1. Penderita mengalami sakit perut disebabkan kandungan serat yang banyak. Konsumsi secara hiperbola menyebabkan perut berasa mulas, kembung dan diare.
  2. Apakah gigi terasa menyerupai berpasir? Nutrisi bayam merah tidak gampang diserap oleh tubuh. Pada umumnya tanaman bayam, baik hijau maupun merah mengandung senyawa asam oxalic tinggi. Sifat asam oxalic mengandung kristal yang tidak sanggup larut di air, homogen zat kimia yang akan mengikat zat besi serta kalsium. 




Daun bayam merah dan hijau yang sudah dimasak merupakan sumber vitamin A, vitamin C, kalsium, mangan, dan folat yang sangat baik. Bayam tidak mengandung gluten, lebih sehat dan lebih murah untuk materi herba tradisional. Kuantitas dan kualitas protein bayam lebih tinggi dari pada gandum, mengandung konsentrasi asam folat yang lebih tinggi daripada gandum, dan kandungan serat dan mineralnya lebih tinggi daripada sereal lainnya.





Referensi





  • Iresine Herbstii, image courtesy of wikimedia commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel