Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan



Khasiat temulawak untuk kesehatan sangat banyak. Khasiat temulawak tersebut yang dimanfaatkan untuk kesehatan diantaranya ialah untuk mengatasi liver, radang sendi, rematik, peluruh haid, kolesterol tinggi, permasalahan dengan lambung, temulawak untuk sembelit, dan tentu saja khasia temulawak yang bekerjasama dengan yang biasa kita sudah kenal, yaitu nafsu makan. Selain itu masih banyak manfaat temulawak yang lainnya.












Temulawak ( curcuma xanthorrhiza roxb ) ialah tumbuhan tahunan yang hidup merumpun serta berbatang semu berbentuk paduan sebagian pangkal daun yang terpadu. setiap batang memiliki 2-9 helai daun, bunganya berukuran pendek serta lebar, warna putih atau kuning bau tanah serta pangkal bunga berwarna ungu. 





Tanaman temulawak dapat berbunga secara terus-menerus sepanjang tahun dengan bergantian yang keluar dari rimpangnya. Rimpang induk dapat memiliki 3-4 buah rimpang. Warna kulit rimpang cokelat kemerahan atau kuning tua, namun warna daging rimpang oranye bau tanah atau kuning.





Rimpang temulawak terbentuk didalam tanah pada kedalaman lebih kurang 16 cm. Setiap rumpun biasanya memiliki 6 buah rimpang bau tanah serta 5 buah rimpang muda. 





Berikut ini khasiat temulawak untuk kesehatan, resep dari dokter hembing sebagaimana dikutif dari Suara Karya.





1. Untuk gangguan lever, gunakan 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum selagi hangat.





2. Pada radang sendi, rematik, pegal linu, ambil 25 gr temulawak berikut 20 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.





3. Untuk peluruh haid, gunakan 25 gr temulawak diblender dengan air secukupnya, saring kemudian tambahkan madu secukupnya dan diminum.








4. Bila sakit radang kandung empedu, gunakan 30 gr temulawak diiris-iris kemudian direbus dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.





5. Untuk mengatasi watu empedu, gunakan 25 gr temulawak, 30 gr meniran dan gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.





6. Menurunkan kadar kolesterol tinggi, gunakan 20 gr temulawak kering ditumbuk halus kemudian diseduh dengan air panas secukupnya dan diminum hangat-hangat.










7. Mengatasi problem radang lambung, gunakan 30 gr temulawak dipotong kecil-kecil kemudian direbus dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.





8. Mengobati batuk dan radang jalan masuk nafas, gunakan 25 gr temulawak diparut, tambahkan air matang secukupnya, saring kemudian tambahkan madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis, kemudian diminum.





9. Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, saring dan diminum.





Konsumsi resep di atas dua kali sehari dengan teratur. Untuk beberapa jenis penyakit yang berat atau serius disarankan Anda tetap untuk melaksanakan konsultasi ke dokter. Demikianlah share mengenai khasiat temulawak untuk kesehatan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel