Khasiat Jambu Mawar Untuk Pembersih Kandungan Dan Cegah Ngompol Pada Anak

Jambu Mawar mungkin anda pernah dengar, namun belum pernah melihatnya secara langsung. Jambu Mawar ini termasuk flora yang sudah jarang dijumpai.  Jambu mawar secara ilmiah punya nama latin Syzygium jambos atau sinonimnya Eugenia jambos.  Dari sisi rasa memang buah jambu mawar kalah rasa dibanding dengan jambu air.Bentuk buah jambu mawar ini yaitu perpaduan antara jambu biji dan jambu air, sekilas seolah-olah jambu biji, namun kalau dibuka seolah-olah dengan jambu air.
Disebut Jambu Mawar alasannya yaitu punya amis yang harum yang besar lengan berkuasa seolah-olah dengan bungan mawar.  Jambu mawar sering ditanam sebagai pohon pelindung alasannya yaitu daunnya tidak gampang rontok, terutama di daerah keraton di Jawa.




Kandungan kimia :
Daun, buah dan kulit batang Syzygium jambos mengandung saponin, di samping itu daun dan buahnya juga mengandung polifenol, buah serta kulit batangnya mengandung flavonoida sedang kulit batangnya mengandung tanin.  Bunga yang diawetkan, dibentuk obat tradisional pendingin dan penenang. Kulit kayu dan bijinya juga dimanfaatkan untuk mengobati diare, disentri dan demam.

CEGAH NGOMPOL PADA ANAK
Buah Jambu Mawar dipakai sebagai obat untuk mencegah kebiasaan ngompol pada anak-anak. Untuk mengatasi kebiasaan ngompol dipakai ± 10 buah Eugenia jambos, atau Buah Jambu Mawar dicuci dan dicacah halus kemudian diberi sepotong kecil gula jawa dan direbus dengan 1 gelas air hingga air rebusannya tinggal setengah, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminumkan sekaligus.

Pembersih kandungan 
Buah jambu mawar dikonsumsi para ibu-ibu sebagai pembersih kandungan sehabis melahirkan tidak normal (sesar).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel