Khasiat Dan Manfaat Daun Jombang (Dandelion) Untuk Radang Payu Dara, Kanker, Radang Katung Empedu, Hipertensi, Diabetes Dan Keputihan

Daun Jombang mungkin kurang anda kenal tapi bila kota jombang iya kita tahu.  Siapa tahu memang ada hubungan antara kota Jombang dan daun Jombang. Daun Jombang mempunyai nama ilmiah Taraxacum officinale Weber et Wiggers dan di barat sering disebut Dandelion.   Tanaman berbunga kuning anggun ini biasanya tumbuh secara liar di sekitar kita, dan alasannya yaitu termasuk tumbuhan liar bahkan menjadi gulma, maka kita tidak pernah memperhatikannya. Biasanya tumbuh liar di liar di kawasan berhawa sejuk.



Jika anda penyuka lalapan, maka anda sanggup coba daun Jombang yang masih muda, sanggup sebagai lalap atau dibentuk salad yang berguna tonik. Daun Jombang yang sudah bau tanah sanggup dikukus atau dimasak sebagai sayuran. Bunga Jombang sanggup dipakai untuk memberi warna kuning alami pada masakan atau minuman dan juga pada serat kain.

CONTOH PEMAKAIAN DAUN JOMBANG

Radang dan nanah payu dara
Cuci 60 g herba jombang segar hingga bersih, kemudian potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus, lakukan 2 kali sehari, hingga sembuh. Untuk pemakaian luar, basuh flora segar secukupnya, kemudian giling hingga halus. Bubuhkan pada payudara yang sakit.

Radang kandung empedu
Cuci 30 g herba jombang segar hingga bersih, kemudian potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, hingga sembuh.

Kanker
Rebus 20-60 g herba jombang segar dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

Keputihan akhir infeksi, kanker rahim, atau radang panggul
Sediakan 30 g herba jombang segar (untuk kanker dan radang panggul sebanyak 60 g), kemudian basuh hingga bersih. Selanjutnya, potong-potong dan rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas. Selain direbus, herba pun sanggup ditumbuk hingga halus. Selanjutnya, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Radang kandung empedu disertai hepatitis
Cuci 30-60 g herba jombang segar hingga bersih, kemudian potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi untuk 3 kali minum, sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Kencing manis, tekanan darah tinggi
Cuci 30 g herba jombang segar, kemudian potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air higienis hingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel