Khasiat Bunga Pukul Empat Untuk Jerawat, Bisul, Keputihan, Diabetes



Bunga Pukul empat atau nama ilmiahnya ialah Mirabilis jalapa biasa ditanam oleh masyarakat sebagai tumbuhan hias di pekarangan rumah.  Dulu banyak orang menanam bunga pukul empat ini.  Sekarang mungkin sudah jarang yang tanam lagi alasannya ialah ada tumbuhan hias gres yang bermunculan.  Bunga pukul empat ialah tumbuhan tropis yang sanggup tumbuh hingga ketinggian 1.200 mdpl. Suhu yang disukai berkisar antara 26 - 30º C, dan membutuhkan sinar matahari yang cukup. Tanah yang dikehendaki untuk pertumbuhan Bunga Pukul Empat ialah tanah yang gembur, subur, dengan pH tanah 6 - 7. Tanaman ini biasa ditanam sebagai tumbuhan hias atau tumbuh liar, pada umur 3 bulan tumbuhan ini gres mulai berbunga. 
Bunga Pukul empat atau nama ilmiahnya ialah  KHASIAT BUNGA PUKUL EMPAT UNTUK JERAWAT, BISUL, KEPUTIHAN, DIABETESBunganya ibarat terompet kecil, warna bunga tergantung jenisnya, ada yang merah, putih, kuning, bahkan kadang­kadang dalam satu pohon terdapat warna campuran. Batangnya tebal dan tegak tidak berbulu dan banyak bercabang-cabang. Daunnya berbentuk ibarat gambar hati berujung runcing dan panjangnya 3 - 15 cm. lebarnya 2 - 9 cm. Bijinya lingkaran berkerut, bila sudah masak berukuran 8 mm. Pada waktu muda bijinya berwarna hijau, lalu menjelma hitam kehitaman. Akhirnya pada ketika matang bewarna hitam sepenuhnya. Akar mengandung betaxanthins. Buah mengandung zat tepung, lemak (4,3%), zat asam lemak (24,4%), zat asam minyak (46,9%).
Biasa digunakan sebagai obat topical (Pemakaian luar) : Untuk pembengkakan payudara (acute mastitis), bisul, koreng, luka terpukul, ezcema, lumatkan tumbuhan segar untuk pemakaian luar atau rebus dengan air secukupnya untuk cuci. Daun bersifatmempercepat pematangan bisul.
Jerawat
Jerawat ialah dilema yang sering muncul di kalangan dewasa baik perjaka maupun cewek.  Banyak ramuan tradisional yang sanggup digunakan untuk mengatasi dilema jerawat ini. Salah satunya tumbuhan untuk mengobati jerawat ialah buah dari bunga pukul empat. Buah Bunga Pukul Empat ini mengandung zat tepung. 
Caranya: pecah buahnya lalu kumpulkan dalam wadah untuk dibentuk tepung bedak. Tepung bedak ini ditambah air, lalu dioleskan pada wajah yang kena jerawat. Bedak tadi juga sanggup digunakan untuk kulit yang terbakar.

Bisul:
- Pada bisulnya dioleskan sedikit minyak kemiri. Daun kembang pukul empat dilayukan di atas api, lalu dioleskan sedikit minyak kelapa, tengahnya dilubang dan letakkan di atas bisul.
- 10 lembar daun kembang pukul empat lalu dicuci bersih, lalu dilumatkan, ditambah air garam secukupnya, tempelkan pada bisul dan kawasan di sekelilingnya, Ialu dibalut.
- Akar segar dibuang kulitnya, lalu dilumatkan dan ditambah gula aren. Tempelkan pada bisulnya, sehari diganti 2 x (dua kali).



Keputihan:
Akar Bunga Pukui Empat segar 10 gram, Air secukupnya, Dibuat jus atau dipipis. Dikompreskan pada bab yang sakit. Diulang selama 7 hari.


Infeksi jalan masuk kencing/prostatitis, radang amandel, kencing manis, kencing berlemak, keputihan, abrasi verbal rahim , dan radang sendi akut
Rebus 9—15 g kering atau 15—30 g segar akar Bunga pukul empat dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring air rebusan dan minum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel