Khasiat Dan Manfaat Tanaman Kemukus Untuk Asma, Pilek Bayi, Keputihan Dll

Kemukus mungkin agak kurang kita kenal walaupun sering kita lihat. Tanaman Kemukus merupakan tanama merambat yang tergolong dalam suku piperaceae. Nama ilmiah dari Kemukus yaitu Piper cubeba.



Jika dilihat sekilas ibarat dengan flora cabai jawa.  Buah kemukus ibarat sekali dengan lada tapi ada ekornya sehingga sering juga disebut dengan merica buntut.



Nama Lokal Kemukus ini di beberapa kawasan hampir sama ibarat di Sumatra: Kemukus, temukus (Melayu), kemekuh (Simalur), Rinu (Sunda), kemukus (Jawa), kamokos (Madura) dan Pamukusu (makassar).

Kandungan obat dari Kemukus yaitu pada Buah dan bunga kemukus mengandung saponin dan flavonoida, disamping minyak atsiri.  Secara tradisional, Buah kemukus berguna sebagai obat sesak nafas, penghangat tubuh dan penghilang bacin mulut.

Khasiat dan Manfaat Obat Kemukus 
1. Sesak Nafas dan Asma
Bahan  : ± 15 gram serbuk biji kemukus, diseduh dengan 1 gelas air matang panas, sehabis hirau taacuh disaring. Hasil saringan ditambah 1 sendok makan madu, diaduk hingga rata, lalu diminum sekaligus.
Bahan : 2 sendok makan kemukus ditambah dengan 2 gelas air lalu didihkan hingga volumenya 1 gelas. Selain itu sanggup juga dicampur sama banyak dengan temulawak (ukuran 2 jari). Diminum hangat-hangat bila merasa sesak napas sanggup dicampur dengan gula kerikil atau gula 

2. Flu dan Pilek pada Bayi
Bahan : 10 biji kemukus dan sepotong kencur kira-kira sebesar ibu jari telunjuk. Lalu tumbuklah kedua materi ini hingga halus, lalu berilah sedikit air, dan aduk hingga merata. Cara pakai oleskan pada tubuh bayi.

3.  keputihan.
Bahan:  Biji kemukus 12 butir ditumbuk halus bersama 5 butir cengkeh, 2 rimpang kunci kuning,, 2 potong kayu kembang lawang dan 2 potong kayu mesoyi sepanjang 2,5 cm selebar 2 cm. Semuanya dicampur dengan keadaan kering dan ditumbuk, hingga halus. Jumlah yang diperoleh cukup untuk pemakaian 3 kali.
Sebelum dimakan, serbuk hasil tumbukan itu terlebih dahulu dicampur dengan air perasan daun tapak gajah 3 batang berikut akarnya, sari 2 buah jeruk nipis dan I gelas air. Semuanya diseduh dalam keadaan segar. Jamu mentah ini lebih berguna daripada yang sudah direbus.Peradangan hingga keputihan itu akan cepat sembuh, bila pende­ritanya betul-betul mau beristirahat di tempat tidur selam 2-3 hari

4. Kurang tenaga
Sediakan 5 biji kemukus, ½ jari rimpang jahe, 1 jari batang serai, 5 butir cengkeh, ½ butir buah pala, ½ jari kayu manis, 4 lembar daun jeruk purut, gula enau secukupnya. Semua materi dipotong-potong dan drebus dengan 5 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal airnya 3 gelas. Setelah disaring, airnya diminum selagi hangat. lakukan secara teratur 3 kali sehari.

5. Gangguan kesuburan pria
Daun kemumuks 10 gram, daun empedu tanah 10 gram, daun pegagan 10 gram, batang akar ali-ali 1 jari. Semua materi direbus dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah suam-suam kuku disaring dan diminum tiap pagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel