Khasiat Dan Manfaat Obat Dari Jarak Ricinus Communis

Saat ini anda tentu kenal flora jarak pagar yang terkenal sebagai penghasil minyak untuk biodiesel. Namun Tanaman Jarak agak berbeda dengan Jarak Pagar, meski sama-sama disebut jarak tapi jarak berbeda genus dengan jarak pagar.   Jarak daunnya berbeda dengan daun jarak pagar, dimana daun jarak menjari dan tepi daunnya bergerigi.   Minyak dari biji Jarak ini disebut Castor oil. 





Tanaman Jarak atau Ricinus Communis, Linn merupakan flora yang alami tumbuh Indonesia . Getah jarak mempunyai sifat antimikrobial melawan kuman Staphylococcus, Streptococcus dan E.coli. Getah jarak dipakai untuk menghentikan perdarahan pada luka (hemostasis) (Anonimus, 2010). Getah jarak atau Ricinus communis, Linn mengandung saponin, tannin, dan senyawa flavanoid. Senyawa ini berfungsi sebagai antiinflamasi, antiseptik, antimikroba dan lain-lain.
Jarak (Ricinus communis) biasa tumbuh liar di pinggiran hutan, tanah kosong, di tempat pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong flora perdu, mempunyai daun tunggal menjari antara 7 – 9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan ini merupakan spesies flora dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae.

Manfaat Kesehatan
1. Mengobati Sembelit
8 – 10 biji jarak ditumbuk, kemudian diberi sedikit air dan peras. Minum air perasan ini sekaligus.
2. Mengobati Sembelit pada Anak
Olesi beberapa lembar daun jarak dengan minyak kelapa. Setelah dilayukan di atas api, letakkan daun tersebut ke perut anak Anda.
3. Mencegah dan Mengatasi Ketombe
Tumbuk halus beberapa lembar daun jarak, kemudian oleskan ke kulit kepala. Lakukan ini sebelum keramas.
4. Mengobati Rematik
Daun jarak pagar juga sanggup mengurangi derita rematik. Untuk itu, diharapkan 10 lembar daun jarak segar yang telah dicuci higienis dan ditumbuk halus dengan air secukupnya. Lumuri bab badan yang terkena rematik dengan bubur daun jarak dua kali sehari. dan banyak sekali cara lain seperti:
Cara I : Segenggam daun jarak ditumbuk sambil diberi sedikit air. Lalu oleskan ke tempat yang sakit.
Cara II : 25 g akar jarak segar direbus dengan 1 l air hingga airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 2x sehari
Cara III : Beberapa helai daun jarak diolesi minyak kelapa, kemudian dilayukan di atas api. Tempelkan daun ini ke tempat yang sakit.
5. Menyuburkan Rambut
20 – 30 biji jarak ditumbuk, kemudian diperas untuk diambil minyaknya. Oleskan minyak itu ke kulit kepala.
6. Mengencangkan Payu dara
3 helai daun jarak, 2 buah pinang, 1 ibu jari jahe, 1 sendok teh garam ditumbuk sambil diberi ½ gelas air. Balurkan ramuan ini ke payudara Anda dan diamkan hingga kering. Setelah itu, basuh payu dara dengan air hangat.
7. Gusi Bengkak
5 lembar daun jarak, 1 sendok kapur sirih direbus dengan 4 gelas air. Setelah disaring, gunakan air tersebut untuk kumur.
8. Mengobati Sakit Gigi
Teteskan getah jarak pada gigi yang berlubang.


Namun selain mempunyai banyak manfaat, flora ini juga mengandung racun yang sanggup membahayan badan manusia, Pada bab biji, terkandung senyawa kursin dan toksalbumin, sedangkan di bab daun ditemukan senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin, dan tarakserol.  Biji Jarak juga mengandung ricine yg beracun tetapi kadar racunnya akan berkurang kalau dipanaskan. Biji jarak sebaiknya hanya dipakai sebagai obat luar. Akarnya bs dipakai sbg obat penenang & rematik.
Dalam waktu singkat, tanda-tanda keracunan jarak pagar akan mulai terlihat pada orang yang mengonsumsinya. Tandanya, rasa mual, muntah, diare, sesak napas, pusing, dan berkeringat dingin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel