Khasiat Dan Manfaat Kasumba Untuk Demam,Diare, Masuk Angin, Kembung Dan Beri-Beri

Tanaman Kesumba berasal dari Amerika tropis dan di Indonesia banyak digunakan sebagai tanaman hias, sebab bentuk buahnya yang bagus berwarna merah menyala yang akan pribadi menjadi sentra perhatian di antara daun yang hijau.





Sekilas kita menyangka buah rambutan padahal bukan. Disebut Kasumba sebab bijinya sanggup digunakan untuk pewarna alami produk anyaman dengan warna merah, selain itu ekstraksi biji kesumba sanggup juga digunakan untuk pewarna masakan alami. Bahkan Departemen kesehatan telah menetapkan pewarna dari biji kesumba sangat kondusif untuk makanan, untuk detailnya sanggup dilihat pada SK No.722/MenKes/ Per/VI/88 wacana Bahan Tambahan Makanan.  Kesumba punya nama ilmiah Bixa orellana L. dan termasuk ke dalam keluarga Bixaceae.  kandungan kimiawi yang terdapat pada batang dan daun yaitu Tanin, kalsium oksalat, saponin, lemak. Daun, akar dan biji : Zat warna, bixine, orelline, glucoside, zat samak, damar, dan pigmen norbixin.

Khasiat dan Manfaat Kesumba untuk pengobatan.
1. Demam
Cuci higienis 10 g daun kesumba keling, kemudian rebus dalam 6oo ml air hingga airnya tersisa 300 ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, kemudian tambahkan air gula seperlunya. Untuk air rebusan diminum dua kali sehari. Sementara untuk pemakaian luar, remas-remas daun kesumba keling dengan air. Glunakan air remasan untuk membasahi kepala.

2. Diare
Cuci higienis 10 g daun kesumba keling, kemudian rebus dalam 400 ml air hingga tersisa 250 ml. Setelah dingin, saring air rebusan dan tambah madu secukupnya. Minum air rebusan 2 kali sehari.

3. Kurang nafsu makan
Cuci higienis 10 g daun kesumba keling, kemudian rebus dalam 400 ml air hingga tersisa 250 ml. Setelah dingin, saring hasil rebusan, kemudian minum dengan madu secukupnya.

4. Masuk angin
Cuci higienis 3—10 g daun kesumba keling kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring air hasil rebusan kemudian minum dua hingga tiga kali sehari. Cara lain, basuh higienis 10 g daun kesumba keling, 10 g daun poko, 3 buah cabai jawa, dan 3 jari gula enau. Rebus semua materi dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, kemudian minum tiga kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

5. beri-beri
Cuci higienis 3—10 g daun kesumba keling, kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring air hasil rebusan, kemudian minum 2—3 kali sehari.

6. Pendarahan
Rebus 3—10 g daun kesumba keling dalam 3 gems air hingga tersisa 2 gelas. Saring air hasil rebusan, kemudian minum 2—3 kali sehari.

7. Perut kembung
Cuci higienis 3—10 g daun kesumba keling, kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring air kuman rebusan kemudian minum 2—3 kali sehari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel