Khasiat Dan Manfaat Ketumbar Untuk Atasi Amis Mulut, Masuk Angin, Tenggorokan Gatal, Wasir, Dan Kembung

Ketumbar atau nama ilmiahnya Coriandrum sativum , tentunya bukanlah hal yang absurd bagi kita.  Bumbu masak adri golongan rempah-rempah ini niscaya tersedia di dapur, sebab banyak kuliner kita memakai ketumbar sebagai salah satu bahannya. Karena ketumbar ini gampang didapatkan sebaiknya anda mengetahui khasiat dan manfaat obat dari ketumbar ini sebagai obat alternatif untuk sakit anda. 



Ketumbar biasanya dipakai pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica). kepingan yang sanggup dipakai dari ketumbar yakni dari daun, biji, dan buah. Dari semua kepingan itu terdapat kandungan berupa sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.
Berdasarkan penelitian para hebat di bidang farmasi, ternyata di dalam biji ketumbar terdapat zat phyto estrogen yang berfungsi untuk meningkatkan gairah percintaan, dan sudah dipakai semenjak usang oleh bangsa arab dan yunani.   Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat dari ketumbar sebagai obat . 

1. Bau MulutCara : ambil beberapa butir ketumbar yang sudah di sangrai, kemudian pribadi dimakan, hal ini sanggup membantu menghilangkan amis pada mulut.

2. Masuk Angin
Caranya : Seduh 3 g debu ketumbar dengan 1/2 gelas air panas, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan minum selagi hangat. Minuam sampai sembuh.

3. Tenggorokan Gatal
Cara : Seduh beberapa helai daun ketumbar dengan air panas, kemudian minum selagi hangat.

4. Wasir
Cara : Sangrai biji ketumbar , kemudian di tumbuk halus.  Ambil Bubuk Ketumbar sangrai tadi sekitar 1/2 sendok teh dan seduh dengan air panas. Kemudian minum selagi hangat.

5. Perut Kembung
Caranya : Giling beberapa biji ketumbar, daun katuk, bawang merah dan buah pinang. Kemudian tempelkan pada perut yang kembung. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel