- Rambut Dan Kesehatan Kita (Bagian 1)


Apakah Rambut kita menggambarkan tingkat kesehatan badan kita ?
Mungkin saja, alasannya ada beberapa kondisi dan juga beberapa jenis obat2an yang sanggup mensugesti badan kita termasuk rambut kita. Dengan kata lain, barangkali kita sanggup mengetahui tingkat kesehatan kita dengan cukup hanya memperhatikan lebih seksama keadaan rambut kita dan merawat kesehatan rambut kita saja

Berikut ini ialah beberapa kondisi yang berafiliasi dengan kenyataan dan atau hanya kepercayaan saja yang berafiliasi dengan status kesehatan badan dan kaitannya dengan keadaan rambut kita.  

1. Serpihan putih atau ketombe tidak berkaitan dengan kesehatan 

Ketombe tidak menular. Tetapi bagaimana kita menjadi ketombean ? Jujur saja, dokter juga tidak tahu jawabnya. 

Tetapi ada satu teori yang menyampaikan bahwa ini mungkin alasannya jamur dikepala yang tumbuh subur. 

Faktor lain ialah alasannya kulit kepala yang berminyak, stress, obesitas atau kegemukan, udara yang hambar dan kering, atau menderita eksim atau penyakit psoriasis.

Meskipun memalukan, dan rasa gatalnya sanggup tak tertahankan ... tapi ketombe ialah tidak bebahaya bagi kesehatan kita.


Ketombe - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.




Tips Pengobatan Ketombe



Untuk mengurangi sel kulit kepala mati yang akan menjadi ketombe, coba pergunakan shampoo antiketombe secara teratur setiap hari.
Setelah rambut berair dengan shampoo, dibiarkan selama 5 menit atau lebih, kemudian dibilas hingga bersih.
Mungkin saja harus mencoba beberapa jenis shampoo anti ketombe sebelum alhasil mendapat jenis atau merek yang cocok dengan kondisi ketombe kita.
Jika hal ini tidak juga menolong, barangkali sudah waktunya minta sumbangan kepada dokter  


2.  Ketombe Berwarna Kuning

Jika ketombe itu sepertinya berlemak dan berwarna kekuningan, mungkin anda sedang menderita penyakit  seborrheic dermatitis, ini ialah keadaan inflamasi dikulit yang banyak terdapat kelenjar minyak, menyerupai kulit kepala dan muka.

Ini berafiliasi dengan keadaan hormonal, jamur dan juga beberapa kelainan neurologis.

Cara pengobatannya sama dengan pengobatan ketombe biasa, yaitu dengan memakai shampoo anti ketombe.
Untuk masalah yang berat, mungkin dibutuhkan pengobatan dengan obat steroid atau obat2an anti jamur. 
Minta nasehat dokter anda jikalau memerlukannya.




 Seborrheic dermatitis - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.






3. Kerontokan Rambut Yang Berlebihan      

Meskipun tidak ada angka yang pasti, tetapi beberapa orang hebat menyampaikan bahwa kerontokan rambut kita yang masih digolongkan normal, ialah antara 100 lember atau lebih seharinya.
Ini ialah hal yang wajar, mungkin banyak orang tidak menyadarinya  

Ini bukan mengambarkan ancaman atau bahwa anda akan menjadi botak karenanya.

Sekitar 90% dari 100.000 buah folikel rambut, setiap ketika akan terus menumbuhkan rambaut yang baru. Sedangkan 10% folikel rambut yang lain, sedang berada dalam fase istirahat (fase telogen), rambut yang rontok ini berlangsung sekitar 2 hingga 3 bulan. Kemudian akan digantikan dengan rambut baru, dan siklus pertumbuhan rambut akan dimulai lagi



Rambut Rontok - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.





4. Apa Penyebab Telogen Effluvium ?

Bila terjadi sesuatu yang bersifat drastis atau dramatis pada badan kita ---> menyerupai contohnya menjalankan pembedahan, sehabis hamil dan habis melahirkan, sedang mendapat pengobatan tertentu, diet yang terlalu hebat dan ketat, stress yang sangat berat, duduk masalah kesehatan pada kelenjar thyroid atau gondok, dan lain lain hal ---> akan mengakibatkan pertumbuhan rambut kita terhenti atau yang disebut telogen state.
Sekitar 2 bulan kemudian, maka akan terjadi kerontokan rambut dan rambut menipis -- suatu keadaan yang disebut telogen effluvium, atau yang orang awam bilang bahwa rambut rontok segenggam sewaktu mau disisir. Dalam banyak masalah rambut yang gres akan segera tumbuh kembali juga. 


Telogen effluvium - © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.





5.  Kerusakan Pada Folikel Rambut  

Pada yang disebut Alopecia areata, yang terjadinya alasannya sistim kekebalan badan kita menciptakan kesalahan dan menyerang folikel rambut, sehingga mengakibatkan rambut rontok --> seringkali terjadinya secara mendadak saja. 
Umumnya orang akan memiliki 1 atau 2 tempat kepala yang botak, tetapi pada beberapa kasus, mengakibatkan kerontokan rambut seluruh tubuh. 
Alopecia areata ialah tidak berbahaya atau juga tidak bersifat menular, hanya saja sangat mensugesti keadaan psikologi penderitanya. 
Dengan sendirinya, nanti rambut akan tumbuh kembali tanpa kita berbuat sesuatu, tetapi pengobatan akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut. 
Hanya saja beberapa orang akan dan sanggup mengalami bencana alopecia areata ini secara berulang kali. 


Alopecia areata -  © 2014 WebMD, LLC. All rights reserved.









 Happy Healthy Living !



Bersambung ....


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel