- Insomnia, Apa Penyebabnya ?



Sehat Cara Alamiah - Insomnia, Apa Penyebabnya ?



 yang dapat mengakibatkan peristiwa bagi kesehatan Anda - Insomnia, Apa Penyebabnya ?
Insomnia. Source Google free image


Kesalahan Umum wacana Tidur yang dapat mengakibatkan peristiwa bagi kesehatan Anda, dan meningkatkan resiko terjadiinya migrain dan gangguan daya ingat atau dementia !

Apa yang disebutkan kalimat diatas memang benar adanya....dibawah ini, kita akan membahas kesalahan umum apa saja yang sering kita lakukan,  sehingga mengakibatkan kita menjadi tidak dapat atau insomnia atau istilah kedokterannya INSOMNIA

TIDUR ialah cuilan sangat penting dari seluruh jadwal kesehatan Anda, yang imbas buruknya bila Anda mengalami insomnia, yang tak tergantikan dengan berapa banyakpun makanan bergizi ataupun berolahraga.
Para peneliti telah berhasil menghubungkan antara gangguan tidur atau insomnia dengan gangguan kesehatan yang terjadi, menyerupai contohnya dari gangguan daya ingat jangka pendek dan dilema kebiasaan buruk, hingga terjadinya peningkatan berat badan dan diabetes.

Sebenarnya banyak penyebab terjadinya gangguan tidur.
Sayangnya begitu banyak orang dengan simpel mengambil obat tidur saja untuk menuntaskan dilema tidur ini, daripada mencoba mencari akar dilema gangguan tidur ini yang menciptakan mereka setiap malam bergulingan tak dapat pejamkan mataya .  

Dibawah ini akan kita bahas 10 kesalahan yang sering kita lakukan sehingga berakibat terjadinya gangguan tidur pada waktu malam hari ...

1. Tombol Snooze (penyelah) dari Jam Weker.



Seringkali kita mematikan suara weker yang membangunkan kita dari tidur lelap, hanya dengan tujuan  untuk  menunda bangkit pada waktu yang telah kita tentukan sebelum tidur. Tahukan Anda apa efeknya yang terjadi? Tambahan waktu sekian menit untuk kita bermalas- malasan akan menunjukkan akhir jelek untuk kesejukan fisik kita sepanjang hari bersangkutan.Jadi jangan sekali-kali menekan tombol jam weker ini hanya untuk menunda waktu kita bangkit dari tidur. Adalah lebih baik pribadi bangkit pada ketika jam weker berbunyi daripada kita mematikan nya sementara saja, yang akan berbunyi lagi sesudah kira-kira 5 atau 10 menit kemudian.Karena waktu tidur embel-embel 10 menit tidur ini tidak akan menambah energi bagi aktivitas anda hari itu, sebaliknya lantaran tidur 10 menit yang terputus ini, akan menciptakan kita menjadi lebih lelah daripada bertenaga!     
              
2. Kebiasaan Tidur Yang Tidak Teratur 

Adalah lebih simpel bila jatuh tidur setiap malam dan bangkit keesokan harinya dengan segar jikalau kita memiliki kebiasaan waktu tidur yang rutin dan teratur.Ini berarti Anda tidur setiap malam pada waktu yang kurang lebih sama dan bangkit pagi esok hari pada waktu yang kurang lebih sama juga setiap harinya.
Jika pola tidur Anda kacau balau, maka akan terjadi gangguan ritme tidur alamiah Anda dan berakhir dengan terjadinya Insomnia dan kelelahan fisik.  


3.  Kebiasaan Tidur Siang Yang Terlalu Lama  

Untuk mereka yang memiliki kebiasaan tidur siang yang lama, kebiasaan jelek ini akan mengganggu rujukan ritme tidur Anda. Jika memang Anda sangat memerlukan tidur siang sesudah makan siang, maka usahakan tidur siang Anda tidak akan melebihi 30 menit lamanya, dan sudah bangkit sebelum jam 4 sore.  

Tidur siang yang singkat sesudah makan siang memang dapat membantu mengembalikan energi dan stamina fisik dan mental kita, tapi jangan hingga berlebihan, lantaran akan berakibat jelek pada irama atau ritme tidur kita diwaktu malam hari. 


4. Kafein atau Jenis Minuman Perangsang 




Janganlah minum minuman yang mengandung zat kafein sesudah siang hari. 


Setelah kita minum minuman berzat kafien, maka kafein ini akan merangsang sistim saraf tubuh kita hingga 12 jam lamanya, jadi hindarilah minuman demikian sesudah tengah hari. 
Buat Anda yang sensitif dengan kafein dan teh, hindari minuman jenis ini sesudah makan malam. 


Juga wapada dengan jenis minuman herbal tertentu sepertti teh hijau, yang mungkin juga mengandung zat kafein dalam jumlah tertentu yang cukup tinggi. 


Selalu perhatikan label kandungan zat yang ada dalam minuman yang akan Anda konsumsi sesudah melewati tengah hari. 


5.  Stress & Pikiran Negatif 
    
Stress ialah alasan utama yang mengakibatkan sebagian besar orang tidak dapat tidur.  
Hal jelek yang sering kita lakukan ialah membiarkan perasaan stress terjadi justru disaat sebelum kita tidur. Stress akan menghasilkan zat kimiawi menyerupai zat adrenalin dalam tubuh yang akan menghambat kita jatuh tertidur. 
Cobalah menjernihkan pikiran sebelum waktu tidur, dan berusaha berpikiran positif yang akan membantu kita lebih simpel tertidur.
Mungkin berdoa sebelum tidur, atau bermeditasi sebelum tidur, juga akan menciptakan pikiran kita menjadi tenang dan damai, yang akan sangat membantu kita untuk jatuh tertidur dengan nyenyak. 

6. Penerangan Dalam Kamar Tidur 

Tubuh kita tergantunng dari signal tidur untuk mulai jatuh tertidur, dan salah satu signal atau tanda itu ialah kegelapan. 
Maka usahakan bahwa kamar tidur Anda sudah dalam keadaan gelap sebelum mencoba untuk tidur. Meskipun seberkas cahaya yang lemah yang menrobos dari jendela kamar akan dapat mengakibatkan gangguan pada kelenjar pituitari diotak Anda untuk memproduksi hormon tidur melatonin dan kesannya tidur Anda akan terganggu. Oleh lantaran itu. perhatikan suasana kamar tidur Anda, tutuplah tirai jendela dengan benar untuk mencegah terobosan sinar kedalam kamar tidur.
Lagi pula kamar idur bukan ruang kantor yang memerlukan penerangan kuat, dengan penerangan secukupnya, akan membaut suasana kamar tidur menjadi nyaman dam juga romantis. Perasaan hangat demikian akan memacu orang segera jatuh tertidur pulas hingga esok harinya !  


7.  Makanan Manis Sebelum Tidur 




Camilan kecil mengandung gula sebelum waktu tidur ialah ilham yang benar benar jelek dan salah ! 


Gula yang Anda makan sebelum tidur akan mengakibatkan gangguan sistim kimiawi tubuh yang akan menciptakan Anda terbangun terus sepanjang malam ! 


Maka batasi konsumsi camilan manisan sesudah malam hari - jikalau memang Anda merasa lapar, maka pilihlah kudapan yang mengandung zat protein daripada kudapan yang mengandung gula.  
Makan terlalu kenyang sebelum tidur, atau makan malam yang terlalu berat untuk dicernakan, akan menciptakan Anda sulit tidur. 


8.  Alcohol Sebelum Tidur 

Kita ketahui bahwa minuman beralkohol bersifat penenang, ini yang menciptakan orang terperangkap bahwa minuman beralkohol akan membantu mereka tidur nyenyak diwaktu malam tiba. 
Namun kenyataannya ialah bahwa alkohol memang akan menyebakan orang segera tertidur, namun alkohol akan mulai mengakibatkan imbas dan gangguan pada tidur diwaktu sesudah tengah malam, sehingga mengakibatkan gangguan rujukan tidur secara keseluruhan dan mengakibatkan rasa lelah pada keesokan harinya, belum lagi imbas hangover alkohol yang akan menciptakan situas menjadi semakin parah.    


9. TV Didalam Kamar Tidur 




Orang simpel jatuh tertidur disofa sewaktu menonton TV. Tapi ialah bijaksana bila kita tidak meletakan TV didalam kamar tidur hanya untuk mengakibatkan imbas tidur yang sama menyerupai di sofa. Karena kamar tidur sebaiknya hanya berafiliasi dengan tidur (dan seks saja !). 


Karena bila Anda mulai menempatkan barang perangsang mental menyerupai TV dalam kamar tidur, maka akan mengakibatkan terjadinya gangguan rujukan tidur Anda yang serius.


10.  Rasa Kuatir Untuk Tidur 




Banyak orang yang lantaran pengalaman insomnia beberapa malam sebelumnya, kemudian timbul perasaan waswas sewaktu mendekati malam hari sebelum waktu tidur tiba. 


Pada ketika kita terlalu memikirkan dilema tidur ini, akan mengakibatkan kecemasan yang hanya akan menciptakan dilema gangguan tidur ini menjadi lebih buruk. 


Seharusnya bersantai saja mengikuti irama tubuh kita yang akan menuntun kita ke irama rujukan tidur yang sehat secara alamiah. 



Jika kebetulan Anda sedang mengalami gangguan tidur atau insomnia akhir-akhir ini, maka tidak perlu cemas, coba cari tahu sebabnya, dan coba mengatasinya, atau menghindarinya kalau bisa  .... Semoga Anda tertidur nyenyak dan bangkit esok pagi dengan cerah dan bersemangat ! 

Google free image

 



Source: 
https://wikimamfaat.com






  •                                                                                                                    

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel