- Mengapa Dan Bagaimana Terjadi Tak Bisa Tidur

- Mengapa Dan Bagaimana Terjadi Insomnia





 Adventure in the Strange Science of Sleep - Mengapa Dan Bagaimana Terjadi Insomnia
Insomnia  Source Google free image
















Buku gres berjudul Dreamland: Adventure in the Strange Science of Sleep, yang ditulis oleh David Randall, alasannya yaitu ia terinspirasi oleh kesulitannya sendiri untuk dapat jatuh tidur. Ia didiagnosa menderita gangguan tidur jenis  non REM arousal parasomnia, homogen gangguan contoh tidur yang dapat menjadikan penderitanya melaksanakan hal hal berbahaya, bahkan berbau kriminil sewaktu sedang tidur, atau diluar kesadarannya atau ia berjalan sewaktu sedang tidur. 
   
Untungnya bahwa gangguan tidur menyerupai yang digambarkan diatas yaitu bukan bentuk umum gangguan tidur yang paling sering dijumpai. Kebanyakan orang yang memiliki dilema tidur ini menderita insomnia, yaitu kesulitan untuk jatuh tidur atau kesulitan untuk tetap lelap tertidur sepanjang malam. 

Banyak orang yang mengeluh bahwa insomnia nya tidak dapat diobati lagi...ternyata hal ini masih ada impian untuk disembuhkan....  

Untuk mengerti lebih baik mengapa orang tidak dapat tidur, maka kita perlu memahami bahwa tidur itu yaitu hasil kerja dari dua jenis variable yang saling imbas mempengaruhi, dan hasilnya gres dapat timbul imbas mengantuk dan tertidur. 

Dua Variabel yang dimaksud yaitu sebagai berikut ini : 


  • Rasa Mengantuk  -  Dalam kondisi normal, intensitas rasa mengantuk ini akan meningkat sedikit demi sedikit, sepanjang hari, dan akan mencapai puncakknya yaitu pada ketika sudah tak tertahankan, dan sebelum anda memutuskan untuk pergi tidur.  Ini yaitu ideal, alasannya yaitu kita menginginkan tidur kita mencapai puncak kelelapannya pada ketika awal malam hari ketika kita mulai tidur 


Untuk mendapat imbas mengantuk ini, usahakan bahwa kita mendapat paparan sinar matahari yang cukup dan juga pencahayaan dalam ruangan yang baik sepanjang hari, kemudian diikuti  dengan pengurangan pemaparan cahaya sehabis matahari terbenam, ini akan sangat membantu siklus tidur alamiah kita, sehingga pada waktu malam tiba, maka kita sudah dalam kondisi yang siap untuk tidur   

 

  • "Noise" - Yang dapat kita terjemahkan menjadi Kebisingan. Kebisingan ini dapat terjadi di tiga daerah, yaitu didaerah alam pikiran kita, kebisingan didalam tubuh kita dan kebisingan dialam lingkungan hidup kita.




Kebisngan yang paling umum yaitu kebisingan didalam alam pikiran kita yang sering disebut "jagung brondong kognitif" atau "cognitive popcorn", yaitu arus pikiran yang tidak dapat kita hentikan didalam alam pikiran kita, yang terjadi sepanjang hari sampai malam sewaktu mau tidur. 


Sedangkan kebisingan dalam tubuh yaitu rasa sakit atau nyeri di dalam tubuh kita, rasa tidak yummy tubuh atau kurang sehat, gangguan pencernaan, imbas samping obat yang diminum sebelum tidur, ataupun sisa imbas zat kafein atau minuman penyegar yang diminum waktu sore hari. 


Sedangkan yang dimaksud dengan kebisingan alam lingkungan hidup kita yaitu contohnya banyak sekali macam jenis bunyi didalam atau sekitar kamar tidur atau rumah kita, teman sekamar yang berdengkur keras, bunyi musik yang mengganggu, pencahayaan yang menyilaukan, atau suhu kamar yang terlalu panas.   








Dari uraian diatas, maka kita dapat simpulkan bahwa seseorang akan mengalami gangguan tidur atau insomnia, jikalau mengalami kejadian menyerupai hal hal yang disebutkan di dua variabel diatas, atau terjadi adonan antara hal-hal yang disebutkan didalam dua variabel tadi. 





Ada beberapa cara atau kebiasaan lain yang sering dilakukan sebelum tidur, misaalnya : 


- merendam kaki dengan air hangat suam2 kuku
- baju tidur yang nyaman, longgar dan lembut


- meminum segelas kecil susu yang hangat
- berdoa malam sebelum tidur
- melaksanakan refleksi dan meditasi singkat


- atau cara yang biasa kita lakukan untuk mengantar kita tidur 





Dengan menggetahui penyebabnya dengan tepat, makan gangguan contoh tidur atau insomnia ini dapat kita atasi sedekit demi sedikit, sehingga pada akhirnya, orang akan dengan gampang jatuh tertidur lelap begitu sudah mendekati waktu tidur yang telah biasa ia lakukan....


    








Source:

https://wikimamfaat.com













Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel