- Minum Kopi Waktu Pagi Menciptakan Anda Gemuk ?

Apa Hubungannya Minum Kopi Waktu Pagi Membuat Anda Gemuk ? 



Cup of Coffee - Google free image




Bagi penggemar kopi menyerupai aku juga bagi anda, hal ini tentu menciptakan kita bertanya tanya, apa relasi antara minum kopi diwaktu pagi bersamaan dengan makan pagi ; suatu kombinasi yang lumrah dan umum, dengan kenyataan meningkatkan berat tubuh kita ? 

Ingin tahu jawabannya ? Silahkan menyimak selanjutnya ....  

Seperti yang sering kita dengar dan juga baca perihal diet atau tumpuan makan yang sehat, ialah bahwa orang harus makan pagi dengan porsi yang cukup (banyak) dan kombinasi jenis masakan yang tepat, ini guna menghasilkan jumlah energi dan kadar glukosa darah yang cukup, untuk keperluan aktifitas fisik dan mental sepanjang hari. 
Jadi dalam komposisi makan pagi kita, harus cukup (banyak) karbohidrat, lemak juga protein, selain serat, vitamin dan mineral, yang terkandung dalam masakan pagi kita, untuk menjamin acara fisik dan mental yang prima sepanjang hari. 

Tetapi ada nasehat yang lebih baru, yaitu biar kita dalam sarapan pagi ini menghindari konsumsi kopi, kecuali itu kopi jenis non kafein atau kopi decaffeinated. 
Kita akan mengernyit dahi dan berkata apa pula ini ?      

Alasan ilmiah menganjurkan bahwa makan pagi harus banyak mengandung karbohidrat selain lemak dan protein ialah disebabkan kenyataan, bahwa waktu pagi hari, maka kemampuan toleransi glukosa,  sensitivitas hormon insuline dan kemampuan tubuh kita mengolah jumlah banyak karbohidrat, ialah pada puncak kemampuannya, pada beberapa jam pertama pagi hari.
Dengan berjalannya waktu menjadi siang, maka kemampuan tubuh mengolah karbohidrat, toleransi glukosa dan sensitivitas hormon insuline akan mulai  menurun.   

Lalu kita akan bertanya kini : apa peranan kopi disini ?

Telah banyak penelitian yang memperlihatkan bukti juga fakta bahwa minum kopi dengan kandungan kafein /caffeinated coffee, bersama sama dengan masakan yang mengandung karbohidrat, kafein ini akan menurunkan kemampuan tubuh untuk toleransi glukosa juga menurunkan sensitifitas hormon insuline terhadap glukosa, dan merusak kemampuan tubuh kita untuk mengolah karbohidrat diwaktu pagi hari.    

Pada akhirnya, dengan menurunnya sensitifitas hormone insulline dan toleransi glukosa, berarti tubuh akan memerlukan lebih banyak hormon insuline untuk mengubah glukosa menjadi glikogen, menyebabkan metabolisme pembakaran lemak berkurang, banyak terjadi penimbunan lemak dalam tubuh,dan peningkatan bobot berat tubuh kita

Ketiga hal terakhir ini yang tidak ingin kita alami biar supaya bobot tubuh kita tetap ideal, dan tetap sehat secara keseluruhan sepanjang hayat kita.  

Jadi sewaktu makan masakan dengan kandungan karbohidrat yang lumayaan tinggi menyerupai ketika makan pagi, hindari konsumsi kopi berkafein. 

Atau kalau tetap ingin minum kopi dengan kandungan kafein, jangan diminum bersamaan dengan mengkonsumsi masakan yang tinggi kandungan karbohidrat nya.

Hal yang harus kita perhatikan bila ingin berat tubuh tetap ideal, antara lain : 

- Turunkan kadar gula darah 
- Meningkatkan sensitifitas hormon insuline 
- Mengurangi penimbunan lemak dalam jaringan tubuh
- Meningkatkan metabolisme pembakaran lemak tubuh 


Sumber Bio  Trust Nutrition 













 Happy Healthy Living !




   

 

 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel