Khasiat Tanaman Pandan Wangi

 Tanaman ini merupakan jenis perdu tahunan Khasiat Tanaman Pandan Wangi


Khasiat tanaman Paku Tanjung  )


Sifat dan Khasiat Herbal Pandan Wangi




Daun bersifat sebagai tonikum, penambah selera makan, dan juga memperlihatkan efek sedatif ( penenang )


Kandungan Kimia




Daun pandan mengandung alkaloid, saponin, flavoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Bagian yang sering di gunakan ialah daun.


Cara Pemakaian



  1. Lemah Saraf : daun pandan segar sebanyak 3 lembar dicuci hingga bersih, kemudian di potong kecil-kecil. rebus dengan 3 gelas air higienis hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, kemudian di saring, diminum pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.
  2. Rematik dan Pegal Linu : Daun pandan segar sebanyak 5 lembar dan daun serai 20 lembar, dicuci, kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura masing-masing satu sendok makan. Aduk hingga merata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok dan mengurut bab badan yang sakit ( tidak untuk diminum ).
  3. Rambut Rontok : 10 lembar daun waru muda segar, segenggam daun urang aring, 5 lembar daun mangkokan ( Baca : Tanaman Herbal Mangkokan ), 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati dan 1 kuntum bunga  mawar. Setelah semuanya di basuh bersih, kemudian dipotong-potong secukupnya. Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam panci email, kemudian ditambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing 1/2 cangkir. Panaskan hingga mendidih, kemudian angkat. Setelah masbodoh disaring, siap untuk digunakan. Caranya, oleskan gabungan minyak tadi keseluruh bab kulit kepala sambil dipijat ringan. lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut di keramas. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel