Kayu Secang Dan Beberapa Khasiatnya

 Di Indonesia ditanam sebagai tanaman pagar atau tanaman pinggiran Kayu Secang dan Beberapa Khasiatnya


Kayu Secang dan Khasiatnya - Kayu Secang ( Caesalpinia sappan ) Semak atau pohon kecil, tinggi hingga 10 m.ranting-ranting berduri, bentuk duri bengkok, tersebar. Daun majemuk, panjang 25-40 cm. Anak daun tidak bertangkai, bentuk lonjong, panjang anak daun 10-25 mm, lebar 3-11 mm. Bunga berupa malai, polong berwarna hitam, panjang 8-10 cm, lebar 3-4 cm, berisi 3-4 biji. Di Indonesia ditanam sebagai tanaman pagar atau tanaman pinggiran.

Dapat ditanam pada banyak sekali macam tanah pada ketinggian 1.000 dpl. Tanaman sanggup tumbuh di daerah yang agak teduh dan lebih baik kalau di daerah terbuka.


Budidaya




Tanaman diperbanyak memakai biji, diawali dengan menyemaikan benih.Setelah bibit mencapai tinggi 10-20 cm, sanggup dipindahkan ke kebun.Panen sanggup dilakukan mulai umur 1-2 tahun.Pemeliharaan mencakup penyiangan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit.

Khasiat : Obat Diare,disentri, malaria, batuk darah ( TBC ), sifillis, berak darah, muntah darah, radang selaput lendir mata, tumor, tetanus, luka memar dan berdarah.


Cara Pemanfaatan :




Pada umumnya cara pemanfaatan kayu secang untuk pengobatan yaitu dengan rebusan air dari kayu secang, dengan diminum, dibaluri dan dioleskan pada bab badan yang bermasalah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel