Ini Beliau Khasiat Dan Manfaat Sirih Hijau Yang Perlu Di Ketahui

Ini Dia Khasiat dan Manfaat Sirih Hijau Yang Perlu di Ketahui Ini Dia Khasiat dan Manfaat Sirih Hijau Yang Perlu di Ketahui


Khasiat dan Manfaat Sirih Yang Perlu di Ketahui - Anda pernah dengar istilah “ nyirih “ ? ini merupakan kebiasaan mengunyah daun sirih yang sering dilakukan oleh orang-orang bau tanah dahulu, bahkan hingga ketika ini masih banyak dilakukan. Dan menyerupai yang Anda lihat, kebanyakan gigi orang yang mempunyai kebiasaan nyirih tetap berpengaruh dan sehat, walaupun usianya sudah bau tanah renta. Nah, inilah salah satu manfaat dari daun sirih yang telah banyak dibuktikan secara empiris. Dan perlu juga diketahui, bahwa ternyata masih banyak khasiat dan manfaat daun sirih bagi kesehatan kita.

Tanaman sirih dikenal dengan banyak sekali nama kawasan menyerupai suruh, sedah ( Jawa ), seuruh ( Sunda ). Tanaman ini mempunyai ciri berdaun tunggal, warna cokelat kehijauan hingga cokelat. Helaian daun berbentuk lingkaran telur hingga lonjong, ujung runcing, pangkal berbentuk jantung atau agak lingkaran berlekuk sedikit, pinggir daun rata agak menggulung kebawah, permukaan atas rata, licin agak mengkilat, tulang daun agak tenggelam; permukaan bawah agak kasar, kusam, tulang daun menonjol, permukaan atas berwarna lebih bau tanah dari permukaan bawah, tangkai daun bulat, warna cokelat kehijauan. Bagian yang digunakan ialah daunnya.( Baca juga : Cara Budidaya Tanaman Sirih )

Senyawa Kimia : Minyak atsiri ( kavikol ), polivenol


Khasiat Empirik :



Daun untuk hidung berdarah ( mimisan ), bisul, batuk, sariawan, sakit mata. Kandungan dan imbas farmakologi daun sirih : 4-alil-pirokatekol sebagai anti oksidan; alil-atekol, asparagin sebagai antisickling dan diuretik; cadinene sebagai anti feedant, perasa dan pemberi aroma; carvacrol sebagai anestetik, anthelminitk, antiatherosclerotik, antibakterial, antidiuretik, antiinflamasi, antimelanomik, antioksidan, antiplak, antiprostaglandin, antiseptik, antitusif, candidisida, karminatif, ekspektoran, fungisida, iritan, dsb; caryopphyllene sebagai analgesik, antibakteri, antifeedant, antispasmodik, antiacne dsb; cavicol sebagai fungisida dan nematisida; cineol estragol sebagai pencegah kanker, insektisida, antiagregant; eugenol sebagai analgesik, antibakteri, anestetik, antioksidan, antiseptik, cancer preventive; eugenol-metil-eter sebagai cancer preventive, DNA-binder, hypothermic, myorelaxant.


Cara Pemakaian :



  • Antiseptik, penghilang amis mulut, obat batuk : 2 lembar daun diseduh dengan air panas, sesudah cuek diminum.
  • Keputihan : 7-10 lembar daun sirih direbus dengan 2,5 liter air mendidih. Air rebusan dalam keadaan masih hangat digunakan untuk membasuh seputar kawasan kema*luan, lakukan secara berulang-ulang.


Catatan :

  • Untuk perempuan usia produktif disarankan tidak memakai rebusan daun sirih secara berulang-ulang alasannya ialah sifat dari senyawa yang terkandung dalam sirih bersifat mengeringkan mukosa rahim.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel