Khasiat Dan Manfaat Akar Dan Daun Landep

Khasiat dan Manfaat Akar dan Landep - Tumbuhan obat yang satu ini berasal dari Asia tropik dan Negara Afrika Selatan, jika di Indonesia umumnya sanggup Anda jumpai di tempat yang beriklim kering, tumbuh liar ditanam untuk pagar dari dataran rendah hingga 400 m di bawah permukaan laut.


 Tumbuhan obat yang satu ini berasal dari  Khasiat dan Manfaat Akar dan Daun Landep



Jenis tanaman ini mirip semak, tinggi 1,5 – 2 m. Batang berkayu, segi empat, berbuku-buku, berambut, berduri besar lengan berkuasa yang terdapat pada ketiak-ketiak daun. Daun : tunggal, daun muda berambut, letak berhadapan, panjang tangkai daun 4 – 8 mm. Perbanyakan dengan memakai biji atau setek batang. Demikian ciri dan citra tanaman obat landep ( Barleria Cristata ). Lihat gambar berikut ini.

Oh ya, tanaman landep juga mempunyai banyak sekali senyawa-senyawa kimiawi diantaranya : saponin, flavonoid, tannin, dan polifenol. Dan bab yang bisa dipergunakan yaitu daun dan akarnya.

Dari senyawa kimia yang dimiliki tanaman landep sehabis di teliti, ternyata bisa mengobati banyak sekali penyakit mirip : Luka, rematik, sakit pinggang, demam, sakit perut, perut busung air, kencing kurang lancar dan juga nyeri pada gusi.


Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba obat tradisional ini, berikut cara-cara pemanfaatannya.



Luka



15 g akar landep dicuci hingga bersih. Tambahkan ¼ sendok teh kapur sirih. Tumbuk hingga halus, kemudian tempelkan pada luka.


Kurap / panu



Akar secukupnya kemudian digiling halus, tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis. Lalu diaduk merata hingga mirip bubur. Balurkan pada kurap kemudian dibalut dengan kain higienis atau perban. Ganti 2 kali sehari, hingga sembuh.


Rematik, sakit pinggang, sakit kepala



1 genggam daun landep segar di cuci, kemudian digiling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk hingga merata hingga menjadi mirip bubur kental. Balurkan ke bab badan yang sakit. Bila sakit kepala, balurkan di kening.


Sakit gigi



Daun dikunyah dengan gigi yang sakit.

 



Gusi nyeri dan berdarah



Daun landep segar di cuci, kemudian digiling halus. Air perasannya ditambahkan sedikit madu. Gunakan untuk memoles gusi yang sakit.

 



Demam, sakit perut, kencing sedikit



1 genggam daun landep segar di cuci, kemudian di seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah hambar disaring, kemudian diminum.

Demikian sahabat natural, semoga tips ihwal khasiat dan manfaat landep bagi kesehatan, semoga bisa menambah wawasan Anda ihwal obat tradisional yang ada di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel