Khasiat Tanaman Pepermint

 Merupakan tanaman terna berbatang tegak Khasiat Tanaman Pepermint


Pepermint ( Menthae piperita Stokes ) Merupakan tanaman terna berbatang tegak, tinggi 30-50 cm, mempunyai cabang-cabang kecil yang tumbuh menjalar, berbuku-buku. Daun berbentuk bulat telur, panjang 3,5-7 cm, ujung runcing atau tumpul, tulang daun bab bawah berambut pendek, permukaan daun bab atas berambut jarang. Tangkai daun panjangnya hingga 1,5 cm. Mahkota bunga berwarna ungu. Daunnya berbau segar menyerupai menthol dan rasanya sedikit pedas dengan sensasi dingin. bab yang dipakai ialah daunnya.

Kandungan Kimia : Minyak atsiri ( menthol ), flavonoid, dan triterpen.  

Khasiat : Membantu mengurangi lemak darah, Mengurangi rasa mual dan muntah dan gangguan pencernaan, mint juga mempunyai efek anestetik sehingga sanggup mengurangi nyeri otot dengan cara dicampurkan dengan minyak untuk dipakai mengurut badan, mengatasi hidung tersumbat dan flu, menghilangkan nafas busuk dan tak sedap, dan sanggup juga dipakai untuk mengurangi stres ( efek aromaterapi )


Cara Pemakaian 



Rebus 1,5-3 gram daun pepermint kering dengan 150 ml air panas, saring dan minum 3 kali sehari sebelum makan.( Baca juga : Khasiat Tanaman Pepaya )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel