Khasiat Flora Herbal Mindi

 merupakan jenis flora herbal yang sanggup ditemukan dari dataran rendah hingga pegunungan Khasiat Tanaman Herbal Mindi


Mindi ( Melia azedarach ) merupakan jenis flora herbal yang sanggup ditemukan dari dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian 1.000 m dpl. Pohon yang bercabang banyak ini mempunyai kulit batang yang berwarna coklat tua, dengan tinggi hingga 4 m. Daunnya majemuk, menyirip ganda, tumbuh  berseling dengan panjang 20-80 cm.

Anak daun bentuknya lingkaran telur hingga lanset, tepi bergerigi, ujung runcing, pangkal membulat atau tumpul, perukaan atas daun berwarna hijau tua, bab bawah hijau muda, panjang 3-7 cm, lebar 1,5-3 cm. Bunga beragam dalam malai yang panjangnya 10-20 cm, keluar dari ketiak daun. Daun mahkota berjumlah 5, penjangnya sekitar 1 cm, warnanya ungu pucat, dan berbau harum. Buahnya buah batu, bulat, diameter sekitar 1,5 cm. Jika masak warnanya cokelat kekuningan, dan berbiji satu.

Bagian yang umumnya di gunakan untuk pengobatan yaitu kulit kayu, kulit akar, dan daun. Tanaman mempunyai kegunaan ini juga mengandung senyawa kimia menyerupai : alkaloid, minyak atsiri dan triterpen.

Khasiat : Obat tekanan darah tinggi ( hipertensi ), kudis dan skabies.


Cara Pemakaian :



Tekanan Darah Tinggi



Cuci daun mindi kecil yang segar kurang lebih 7 lembar, kemudian rebus dengan dua gelas air hingga airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.


Skabies



Tambahkan cuka pada abu kulit kayu atau kulit akar secukupnya, kemudian aduk hingga merata. Borehkan pada bab kulit yang gatal. Lakukan 3-4 kali sehari, hingga sembuh.


Kudis



  • Rebus kulit kayu atau kulit akar mindi kecil secukupnya. Setelah dingin, gunakan air saringannya untuk mencuci bab kulit yang kudis.
  • Cuci dan tumbuk hingga halus daun mindi kecil yang masih segar ( secukupnya ). Bubuhkan pada bab kulit yang ber-kudis, kemudian balut. Lakukan tiga kali sehari.
  • Bakar kulit kayu mindi secukupnya hingga hangus, kemudian giling menjadi serbuk. Tambahkan air kapur sirih, kemudian gunakan untuk menggosok bab kulit yang kudis.


Demikian beberapa khasiat flora herbal mindi yang sanggup Anda jadikan rujukan untuk mengobati penyakit hipertensi, skabies dan kudis. Semoga info ini sanggup membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel