Khasiat Flora Herbal Rosela

 merupakan herba tahunan yang bsia mencapai ketinggian  Khasiat Tanaman Herbal Rosela


Khasiat Tanaman Herbal Rosela - Rosela ( Hibiscus sabdariffa ) merupakan herba tahunan yang bsia mencapai ketinggian 0,5-3 meter, batangnya bundar tegak, berkayu dan berwarna merah. Daunnya tunggal, bentuk bundar telur, pertulangan menjari, ujung tumpul, tepi bergerigi, dan pangkal berlekuk. Panjang daun 6-15 cm dan lebarnya 5-8 cm. Tangkai daun bundar berwarna hijau, dengan panjang 4-7 cm. Bunga rosela yang keluar dari ketiak daun merupakan bunga tunggal, artinya pada setiap tangkai hanya terdapat satu bunga. Bunga ini mempunyai 8-11 helai kelopak yang berbulu, panjangnya 1 cm, pangkalnya saling berlekatan, dan berwarna merah. Kelopak bunga ini sering dianggap bunga oleh masyarakat. Bagian inilah yang sering dimanfaatkan sebagai materi masakan dan minuman. Mahkota bunga berbentuk corong. Teridiri dari 5 helaian, panjangnya 3-5 cm. Tangkai sari yang merupakan daerah melekatnya kumpulan benang sari berukuran pendek dan tebal, panjangnya sekitar 5 mm dan lebar sekitar 5 mm. Putingnya berbentuk tabung, berwarna kuning atau merah. Buahnya berbentuk kotak kerucut, berambut, terbagi menjadi 5 ruang, berwarna merah. Bentuk biji mirip ginjal, berbulu, dengan panjang 5 mm dan lebar 4 mm. Saat masih muda, biji berwarna putih dan sehabis bau tanah berkembang menjadi abu-abu.


Kandungan Kimia



Selain mengandung vitamin C, kelopak bunga rosela juga mengandung vitamin A dan 18 jenis asam amino yang diharapkan tubuh. Salah satunya dalah arginin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Disamping itu, rosela juga mengandung protein, kalsium, dan unsur-unsur lain yang mempunyai kegunaan bagi tubuh.


Khasiat dan Manfaat :



Untuk penyegar tubuh, obat sariawan, Menurunkan Hipertensi, Mengobati Asam urat, Memperbaiki metabolisme tubuh, Mengobati diabetes melitus, Mencegah sariawan dan panas dalam, Melangsingkan tubuh, Menghambat pertumbuhan sel kanker, Menambah vitalitas, Mencegah batuk dan flu, Sebagai antioksidan, antikanker, antidepresi, antikanker,  menurunkan perembesan alkohol, mengobati radang persendian, mengobati nanah terusan perkemihan, mengobati wasir, anti migrain, penghancur lemak


Cara Pemakaian



Sariawan : gunakan 3 kuntum bunga rosela kering, diseduh air panas. Lalu diminum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel