Tanaman Sereh Dan Khasiatnya

 alasannya ialah sereh merupakan jenis tanaman rempah Tanaman Sereh dan Khasiatnya


Tanaman Sereh dan Khasiatnya - Tanaman ini sangat familiar, terutama bagi ibu-ibu yang hobi masak, benar bukan ? alasannya ialah sereh merupakan jenis tanaman rempah-rempah yang sering dipakai sebagai bumbu masakan, tapi tahukah Anda ternyata sereh juga sangat bermanfaat untuk mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan.

Sereh dikenal dengan majemuk nama tempat menyerupai Sereh, Sereh seri; Sorani. Tanaman ini merupakan jenis rumput-rumputan tegak. Batang tegak atau condong, membentuk rumpun, pendek, massif, lingkaran ( silindris ), gundul seringkali di bawah buku-bukunya berlilin, penampang lintang batang berwarna merah. Daun tunggal, lengkap, pelepah daun silindris, gundul, seringkali bab permukaan dalam berwarna merah, ujung berlidah. Daun berbau aromatis.( Baca juga : Tanaman Sengketan dan Khasiatnya )


Kandungan Kimia dan Bagian yang digunakan



Daun sereh mengandung 0,4% minyak atsiri dengan komponen yang terdiri dari sitral, sitronelol ( 66-85% ), α-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, β-felandren, p-simen, limonene, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen-4-ol, α-terpineol, geraniol, farnesol, metil heptenon, ndesialdehida, dipenten, metil heptenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil asetat, sitronelil asetat, geranil asetat, β-elemen, β-kariofilen, β-bergamoten, trans-metilisoeugoenol, β-kadinen, elemon, kariofilen oksida. Bagian yang dipakai ialah daun dan batang.


Kegunaan Sereh di Masyarakat :



  • Akar : dipakai sebagai peluruh air seni ( diuretika ), peluruh keringat, perluruh dahak/obat batuk ( ekspektoran ), materi untuk kumru, dan penghangat badan.
  • Daun : dipakai sebagai peluruh angin perut, penambah selera makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas ( antipiretik ) dan pereda kejang.


Cara Pemakaian :



Untuk penghangat badan : 5 gram akar segar Andropogon nardus, dicuci dan direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit; lalu diminum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas, pagi dan sore.

Nah, dengan mengetahui manfaat dan khasiat sereh, Anda sanggup menggunakannya dengan gampang jikalau mengalami gangguan kesehatan menyerupai disebutkan diatas, agar bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel