Khasiat Tanaman Herbal Murbei

 mempunyai citra tanaman berbentuk semak tinggi  atau perdu Khasiat Tanaman Herbal Murbei


Murbei ( Morus australis ) mempunyai citra tanaman berbentuk semak tinggi atau perdu, tinggi sekitar 9 m, percabangan banyak, cabang muda berambut halus. Daun tunggal, letak berseling, bertangkai yang panjangnya 4 cm. Helai daun lingkaran telur hingga berbentuk jantung, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi bergerigi, pertulangan menyirip agak menonjol, permukaan atas dan bawah kasar, panjang 2,5-20 cm, lebar 1,5-12 cm.

Bunga majemuk, bentuk tandan, keluar dari ketiak daun, mahkota bentuk taju, warnanya putih. Buahnya banyak berupa buah buni, basah dan rasanya enak. Buah muda warnanya hijau, sesudah masak menjadi hitam. Biji kecil, berwarna hitam. Bagian yang dipakai yaitu daun, ranting, buah, dan kulit akar.

Beberapa kandungan kimia dari tanaman murbei diantaranya Ecdysterone, sitosterol, cyaniding, beta karoten, vitamin C.


Khasiat :



Obat tekanan darah tinggi, kaki bengkak, memperbanyak keluatnya ASI, Obat bisul, radang kulit, dan penawar sanggup ular.


Cara Pemakaian :



Tekanan Darah Tinggi  dan kaki Bengkak

  • Daun murbei segar sebanyak 1 genggam dicuci bersih, kemudian di rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah hirau taacuh disaring, kemudian di bagi untuk 2 kali minum pagi dan sore hari.


Memperbanyak ASI

  • Daun murbei muda di masak sebagi sayur, kemudian di makan bersama nasi.


Bisul dan Radang Kulit

  • Daun murbei segar sebanyak 1 genggam di cuci, kemudian di rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah hirau taacuh di saring, minum sekaligus. Rebusan daun ini berkhasiat untuk membersihkan darah sehingga sanggup di minum secara teratur.


Digigit Ular

  • Daun Murbei segar sebanyak 20 gram di basuh kemudian digiling halus. Tambahkan 1/2 cangkir air masak, kemudian di saring dan di peras. Air yang terkumpul kemudian diminum sekaligus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel