Tahukah Anda Khasiat Pengecap Mertua ? Baca Disini

Benarkah pengecap mertua mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit  Tahukah Anda Khasiat Lidah Mertua ? Baca Disini
Sumber gambar : kompas.com


Benarkah pengecap mertua mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit ??? kok dapat ya. Setidaknya itulah pertanyaan yang berkecamuk dalam benak Anda sesudah membaca judul postingan diatas. Namun yang saya maksud disini ialah flora herbal yang berjulukan “ lidah mertua “ jadi bukan mirip yang Anda pikirkan.

Tanaman pengecap mertua merupakan jenis terna menahun, dengan akar rimpang yang menjalar. Daunnya tunggal, kaku, keras, permukaan licin, berkumpul sebagai  roset akar. Helaian daun berbentuk panjang menyempit dengan bab tepi agak melengkung ke dalam mirip talang, ujung runcing, pangkal menyempit, kedua permukaan daun berwarna hijau dengan garis-garis bergelombang horizontal  dan tepi daun berwarna kuning emas. Bunga beragam dalam tandan, membentuk bulir, berwarna hijau muda, harum, mekar menjelang malam, buah buni, warna merah tua. Bagian yang dipakai ialah seluruh bab tanaman.


Apa sih Khasiat pengecap mertua ?



Sebagai antibiotika, radang, flu, kencing manis, tekanan darah tinggi, digigit ular. Kandungan kimia dalam flora pengecap mertua diantaranya pada daun mengandung abamagenin, kardenolin, saponin, dan polifenol.


Cara pemakaian :



UntukTekanan Darah Tinggi, diare, digigit ular, radang jalan masuk nafas, radang lambung, dan radang usus :
Cuci higienis 27 gram akar pengecap mertua kering, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusan, kemudian minum 2 kali sehari masing – masing ½ gelas.

Untuk influenza, batuk, kencing anggun :
Cuci higienis 25 buah pengecap mertua, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah cuek saring rebusan kemudian minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Demikian khasiat flora pengecap mertua yang dapat menyembuhkan penyakit radang, flu, batuk, kencing manis, tekanan darah tinggi, gigitan ular. Semoga ada manfaatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel