Ini Beliau 7 Buah Berguna Obat

 Tahukah Anda yang dimaksud buah mempunyai kegunaan obat  Ini Dia 7 Buah Berkhasiat Obat


Tahukah Anda yang dimaksud buah mempunyai kegunaan obat ? Pada dasarnya, buah mempunyai kegunaan obat yakni buah dari tumbuhan, atau tumbuhan yang mempunyai manfaat dan efek menjaga dan meningkatkan status kesehatan, atau bahkan  menyembuhkan beberapa penyakit atau penyakit tertentu. Pada umumnya semua jenis buah yang sanggup dikomsumsi mempunyai manfaat terhadap kesehatan, menyerupai buah pisang, jeruk, pir dan lain-lain. Hanya saja buah-buah yang dimaksud disini bukan buah-buah segar yang sanggup eksklusif di komsumsi menyerupai buah-buahan pada umumnya. Lalu buah yang menyerupai apa ya ? kita intip yuk !


Cabe/Cabai



Siapa yang tidak kenal dengan Si Raja Pedas satu ini, cabai sangat digemari oleh para pencinta kuliner pedas. namun ternyata cabai, khususnya cabai kering yang telah dilumatkan merupakan materi adonan obat gosok lho, biasanya untuk obat rematik, pegal-pegal, dan mencegah masuk angin. Senyawa kimia dari cabai menyerupai Vitamin C, koprin, akpsorukin, zeasantin, lutrin, karoten, koiptosantin yang mempunyai efek obat.


Merica



Merica sanggup ditemukan di banyak sekali kawasan di Indonesia terutama di Sumatera, Jawa, dan Ujung Pandang. Senyawa kimia merica terdiri dari zat penyamak, glukosida bunkamarin, dan minyak lemak. Buah merica sangat baik untuk mengobati penyakit akses pencernaan menyerupai disentri, dan sebagai hemostatika ( anti perdarahan ) yang dipakai dengan takaran antara 3 – 12 buah.



Kapulaga



Tanaman ini banyak di jumpai di Pulau Jawa, biasanya dipakai sebagai bumbu dan pewangi, kapulaga juga banyak dipakai sebagai materi racikan obat tradisional. Zat yang terkandung di dalam buah kapulaga diantaranya sineol, minyak atsiri, terpinol, bubuk atsiri, gula, lemak, pati, si;ilat dan zat putih telur.


Ketumbar



Tanaman ini banyak tumbuh dan dijumpai di sekitaran pulau Sumatera, Jawa, Lombok, Bali dan di Sulawesi. Senyawa kimia yang terdapat pada ketumbar menyerupai minyak atsiri, minyak lemak, dan bubuk yang mempunyai khasiat sebagai obat karmonativa dengan takaran penggunaan sekitar 0,2 – 1 gram. Pada umumnya penduduk menggunakannya sebagai bumbu penyedap kuliner atau masakan.



Lada Hitam & Lada Putih



Lada Hitam - Biasanya lada hitam berasa lebih pedas bila dibandingkan dengan lada putih, zat yang terdapat pada lada hitam antara lain : khavisin, minyak atsiri, lemak dan piperin. Buah lada hitam biasa dipakai sebagai obat karminativa dengan takaran pemakaian 300 – 600 gram.
Lada Putih – minyak atsiri merupakan zat yang terdapat dalam lada putih, dan mempunyai khasiat yang sama dengan lada hitam, yaknis sebagai obat karminativa.


Kemukus



Kemukus banyak di jumpai di pulau Jawa, sulawesi dan kalimantan. Buah kemukus kaya akan zat kubebin, minyak atsiri, zat pahit, asam kubebe, damar kubebe dan abu. Buah kemukus banyak dimanfaatkan sebagai obat pada selaput lendir sehabis dilarutkan sampai halus dengan takaran pemakaian 0,5 – 4 gram.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel