Khasiat Dan Manfaat Herbal Artemisiae Argyi Folium

Walaupun herbal ini belum begitu familiar di Indonesia, namun herbal ini sudah mempunyai nama lokal yaitu “Baru Cina”. Dan dalam bahasa Cina disebut Ai Ye. Jenis tanaman ini merupakan terna menahun, berambut halus, tegak, tinggi sanggup mencapai sampai 1 m, dan berbau tajam. Tanaman ini terdapat dampai 3.000 meter dpl, berasal dari Cina.


Walaupun herbal ini belum begitu familiar di Indonesia Khasiat dan Manfaat Herbal Artemisiae Argyi Folium



Rasa dari herbal ini pahit dan tajam, juga bersuhu hangat. Kandungan kimia didalamnya yaitu Phellandrene, cadinene, thujvl alkohol, alfa-amirin, fernenol, dehydromatricaria ester, dan cineole.

Bekerja pada badan di cuilan organ uterus, limpa, hati, dan ginjal. Berkhasiat untuk menghangatkan kanal dan menghentikan pendarahan rahim,sakit perut, dismenorea, hambar dan nyeri didaerah perut cuilan bawah, menghentikan perdarahan selama kehamilan, perdarahan menstruasi yang banyak, epitaksis, dahak hematomisis. Pada cuilan eksternal berguna mengobati eksem, pruritus, batuk berdahak, mengi, meredakan gatal.

Bagian yang dipakai yaitu daun kering. Dosis 3-9 gram, standar 6 gram. Dimasak selama 20 menit.
Efek farmakologis : menghentikan perdarahan, tindakan antibniotik in vitro ( staphylococcus, shigela, streptococcus, salmonella thypi et paraythypi ). Dosis yang tinggi sanggup menjadikan efw dan pusing. Overdosis ( 20-30 gram ) mengarah  ke tanda-tanda di atas dalam waktu 1-4 jam, kalau dosisnya diulang halusinasi, paraesthesias, kejang dan hepatomegali mungkin terjadi. Efek racun sanggup diturunkan dengan pembekuan. Dosis sangat tinggi sanggup mengakibatkan perdarahan selama kehamilan dan memnyebabkan aborsi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel