Khasiat Tanaman Herbal Ajeran

 termasuk flora liar dan sanggup Anda jumpai dipinggir jalan Khasiat Tanaman Herbal Ajeran


Ajeran ( Bidens pisola L. ), famili : Asteraceae, termasuk flora liar dan sanggup Anda jumpai dipinggir jalan, kadang kala juga ada yang ditanam di halaman rumah. Tumbuhan ini tergolong terna, tingginya sanggup mencapai 150 cm, batangnya membentuk segi empat, berwarna hijau. Daun bertiga-tiga, masing-masing berbentuk bundar oval atau telur, pinggirnya bergerigi. Bunga memiliki tangkai yang panjang. Mahkota bunga berwarna putih dengan putik berwarna kuning keemasan. Bagian yang biasanya dimanfaatkan yaitu seluruh serpihan flora yang berada diatas tanah.

Sifat yang khas dari tumbuhan ini yaitu bersifat mendinginkan, rasa pahit, dan melancarkan peredaran darah, adapun khasiatnya yaitu sebagai antiinflamasi ( anti radang ), antiseptik dan antipiretik ( menurunkan demam ).

Senyawa kimia : Alkaloid poliina, saponin, zat pahit, minyak atsiri, dan zat samak.


Cara Pemanfaatan :



  • Demam, perncernaan tidak baik, nyeri persendian, influenza, dan wasir : gunakan herba anjeran lebih kurang 3 gram, dan babakan pule sebanyak 200 mg, daun sembung 3 gram, daun poko 2 gram, serta tambahkan air sebanyak 130 ml. Cara pembuatannya dalah dengan dibentuk infus atau diseduh, sehabis hambar sanggup diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, pengobatan sanggup diulang sampai mendapat kesembuhan.
  • Usus Buntu : Penyakit usus buntu harus segera ditangani oleh dokter. Bila alasannya yaitu sesuatu hal, dokter belum sanggup ditemui, ramuan ini sanggup digunakan.  Ambil Herba Ajeran sebanyak 5 gram, dan air sebanyak 120 ml, lalu diseduh atau sanggup juga dibentuk pil, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore sebanyak 100 ml, atau kalau berbentuk pil sanggup diminum 3 kali sehari sebanyak 9 pil. Lama pengobatan sanggup diulang sampai 20 hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel