Cara Merebus Kulit Buah Delima Untuk Mengobati Keputihan

Buah delima atau Pomegranate paling sering kita lihat dijadikan sebagai tanaman hiasan. Nama latin delima ialah Punica Granatum, merupakan tanaman semak belukar berbuah. Banyak orang memanfaatkan buah delima sebagai materi herba berkualitas. Sejak dahulu, tradisi telah mengajarkan cara merebus kulit buah delima, manfaat kulit buah delima untuk kecantikan.





paling sering kita lihat dijadikan sebagai tanaman hiasan Cara Merebus Kulit Buah Delima Untuk Mengobati Keputihan





Tanaman ini berasal dari keluarga Lythraceae yang tingginya bisa mencapai 5 sampai 8 meter. Delima umumnya dijadikan adonan jus, hiasan makanan, pemanis, dan adonan minuman beralkohol. Banyak sekali resep yang dipakai masyarakat untuk mendapat kelezatan buah ini. Terlebih manfaat buah delima sangat baik dirasakan untuk memperbaiki kesehatan. Sebaiknya meminum jus delima beserta biji, alasannya ialah biji banyak mengandung senyawa polifenol.






Setidaknya ada tiga jenis buah delima yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan metode stek, tunas akar dan cangkok. Masyarakat kita banyak menggunakannya sebagai tanaman hias yang ditanam dipekarangan maupun pot. Ada pula yang menanamnya sebagai tanaman obat untuk mendapat buah segar dan daunnya. Seperti halnya buah yang lain, buah delima sanggup dimakan pribadi tanpa proses tambahan. 





Dalam catatan tradisional Ayurveda kuno dari India, disebutkan bahwa buah delima dianggap sebagai ramuan pengobatan. Manfaat buah delima sanggup dipakai untuk mengobati penyakit gangguan perut, duduk kasus kewanitaan, dan gangguan jantung. Selain itu juga bisa membantu penyembuhan kanker, rematik, kurang darah, perawatan gigi dan diabetes.





Cara Mengolah Dan Cara Merebus Kulit Buah Delima






Buah delima tidak hanya memberi kelezatan sebagai cita rasa minuman dan makanan. Sejak dahulu aneka macam ramuan banyak dihasilkan dari adonan buah ini. Setiap bab buah menghasilkan pengaruh pengobatan berbeda, termasuk cara mengolah kulit buah delima.





Adapun cara merebus kulit buah delima, khasiat kulit delima untuk keputihan sanggup dipraktekkan dirumah sebagai berikut:




  1. Ambil buah delima, lalu kupas sampai diperoleh 5 gram kulit delima. 
  2. Siapkan 6 gram daun beluntas segar, ditambah 5 gram Tapak liman, dan 1 gram Majakan.
  3. Iris kecil-kesil seluruh materi yang telah disiapkan.
  4. Masukkan kedalam 110 ml air bersih, lalu rebus selama 15 menit pada suhu 90 derajat Celsius. Gunakan ember non logam menyerupai beling ataupun keramik.
  5. Saring ramuan, ambil airnya untuk diminum sekali sehari. 
  6. Lakukan selama 7 hari.




Resep ini tidak hanya membantu permasalahan kaum wanita, tetapi juga sangat baik dalam menjaga kesehatan. Menurut penelitian, kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah delima jauh lebih tinggi. Nilainya mencapai tiga kali lebih banyak daripada anggur merah dan teh hijau. Cara merebus kulit buah delima diatas sanggup dijadikan sebagai pengobatan alternatif sehingga sanggup menambah rasa percaya diri.





Pomegranate, image courtesy of Wikimedia Commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel