Menyembuhkan Diare Anak Dan Sampaumur Dengan Tepung Garut

Tanaman umbi garut ketika ini telah dijadikan sebagai salah satu materi dasar pembuatan masakan berupa tepung. Nama latin flora garut disebut Maranta Arundinacea, nama lain disebut sagu betawi, ubi sagu, arrowroot (Inggris). Merupakan herba abadi yang ditemukan berkembang luas di hutan hujan. Secara tradisional, umbi garut sanggup dipakai untuk ramuan menyembuhkan diare anak dan dewasa





 Tanaman umbi garut ketika ini telah dijadikan sebagai salah satu materi dasar pembuatan maka Menyembuhkan Diare Anak Dan Dewasa Dengan Tepung Garut





Menurut sejarah, flora ini merupakan salah satu herba paling awal yang dibudidayakan untuk makanan. Terutama pertanian di Amerika Utara, telah membudidayakan flora garut antara tahun 8200 SM dan 5600 SM. Beberapa arkeolog meyakini bahwa flora garut pertama kali dipakai oleh penduduk orisinil Amerika bukan sebagai makanan. Melainkan sebagai tapal untuk mengambil racun dari luka yang disebabkan oleh tombak atau panah.






Penyebaran flora ini mungkin dilakukan dalam skala kecil dari beberapa flora yang dibudidayakan pada tanah aluvial erat sungai. Dahulu, pembuatan tepung pati dari akar harus ditumbuk atau digiling lalu direndam dalam air untuk memisahkan pati dari serat. Saat ini tepung pati garut dipakai dalam olahan masakan dan kembang gula. Juga dipakai untuk materi industri ibarat kosmetik dan lem. Residu ekstraksi pati mempunyai kandungan serat yang tinggi dan sanggup diberikan untuk ternak.





Ciri-ciri flora garut yaitu flora abadi yang tumbuh didataran rendah, ketinggian antara 0,3 sampai 1,5 meter. Bentuk daun lanset, umbi flora sanggup dimakan, kluster bunga putih kecil dan mekar sekitar 90 hari sehabis tanam. Tanaman ini jarang menghasilkan benih, budidaya flora umumnya dengan menanam umbi bertunas. Umbi garut siap panen antara usia 10 sampai 12 bulan sehabis tanam, ditandai dengan daun mulai layu dan mati. Ciri-ciri umbi garut bentuknya berdaging, silindris, panjangnya antara 20 sampai 45 cm.





Menyembuhkan Diare Anak Dan Dewasa






Umbi garut menghasilkan pati yang berkualitas tinggi, berukuran halus dan berharga terbilang mahal. Umbi ini telah dijadikan sumber karbohidrat untuk menggantikan tepung terigu. Adapun kandungan yang terdapat dalam umbi garut diantaranya yaitu air (69–72%), pati (19,4–21,7%). Mengandung serat (0,6–1,3%), protein (1,0–2,2%), lemak (0,1%), dan bubuk (1,3–1,4%).





Adapun cara menyembuhkan diare anak dan remaja dengan ramuan tepung garut sebagai berikut:




  1. Ambil 1 sendok makan tepung garut 
  2. Ditambah dengan 1 sendok makan gula, 1/4 sendok teh garam, dan 7 lembar daun jambu biji. 
  3. Masukkan kedalam 110 ml air, lalu dibentuk infusa atau direbus dengan api kecil selama 15 menit. 
  4. Ramuan ini diminum 3 kali sehari, takaran sekali minum 100 ml. 




Baca juga:











Tepung garut gampang dicerna oleh penderita gangguan perut dan usus. Menambahkan sedikit air kedalam tepung sanggup dipakai sebagai obat oles luka dan bernanah. Menurut pengobatan tradisional, tepung yang dicampur dengan air atau susu, untuk mengobati gangguan perut ibarat keracunan dan disentri. 





Referensi





  • The Origins of Agriculture in the Lowland Neotropics. Publish by San Diego: Academic Press, 1998.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel