3 Obat Tradisional Radang Usus Dan Cara Menciptakan Ramuannya

Beberapa orang terkadang sering mengalami gangguan pencernaan, perut terasa sakit dan menduganya sebagai gangguan perut biasa. Peradangan ini menciptakan kinerja usus terganggu dan penderita mencicipi banyak sekali problem pencernaan. Pencernaan mengalami problem sakit perut, diare, dan nafsu makan berkurang. Nenek moyang kita telah mewariskan beberapa obat tradisional radang usus yang sanggup dibentuk sendiri dirumah. Diantaranya mengobati radang usus dengan kunyit, daun iler, dan daun sirsak untuk radang usus juga sering digunakan.





 Beberapa orang terkadang sering mengalami gangguan pencernaan 3 Obat Tradisional Radang Usus Dan Cara Membuat Ramuannya





Tetapi tanda-tanda yang sering timbul tidak sanggup dianggap remeh kalau sering terjadi pada diri kita. Penyakit radang usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD) merupakan kondisi radang yang terjadi pada usus besar dan usus kecil. Perlu diwaspadai bahwa radang usus merupakan peradangan kronis dari seluruh atau sebagian susukan pencernaan. Meliputi kolitis ulseratif yang mengakibatkan peradangan kronis dan menjadikan borok pada lapisan terdalam usus besar dan rektum. Kemudian penyakit Crohn yang mengakibatkan peradangan pada lapisan seluruh susukan pencernaan, mulai dari verbal hingga ke anus. Chron perlu diwaspadai lantaran gejalanya menyeluruh dan sanggup mengakibatkan kematian.






Menurut beberapa praktisi, dikala ini belum diketahui penyebab dasar munculnya radang usus. Radang usus beresiko meningkat jawaban contoh makan dan tingkat stres seseorang, tapi keduanya bukan penyebab utama. Para hebat beropini bahwa malfungsi sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan radang usus, begitupun belum diketahui penyebab malfungsi ini. Ada juga yang beropini bahwa radang usus disebabkan oleh faktor keturunan yang juga pernah menderita IBD. Faktor penyebab lain diantaranya lantaran kebiasaan merokok sanggup mengakibatkan penyakit Chron. Dan obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) sanggup meningkatkan risiko mengalami radang usus. Yang termasuk OAINS diantaranya ibuprofen, diklofenak, dan naproksen.





Gejala penyakit ini berlangsung jangka panjang, muncul dan menghilang sehingga banyak penderita yang tidak menyadari. Ciri usus luka atau tanda-tanda yang umumnya terjadi diantaranya nyeri atau sakit pada potongan perut. Nafsu makan berkurang, berat tubuh menurun, sering diare, mual dan demam, serta lelah. Setiap orang tidak mencicipi tanda-tanda yang sama, bahkan ada beberapa orang yang mengalami tanda-tanda yang sangat parah. Dalam studi penellitian modern, beberapa ilmuwan melaksanakan terapi diantaranya adalah:




  1. Terapi cacing untuk penyakit Chron, dengan meminum dengan sekitar 2500 ova cacing Trichuris suis sebanyak dua kali sehari. Metode ini mengakibatkan penurunan tanda-tanda secara aktual pada beberapa pasien.
  2. Terapi prebiotik dan probiotik untuk radang usus. Tetapi tidak ada data yang cukup untuk merekomendasikan probiotik pada orang yang menderita penyakit Crohn. 
  3. Pada tahun 2005, New Scientist menerbitkan studi bersama oleh Bristol University dan University of Bath mengenai efek penyembuhan ganja pada penderita radang usus. Ganja mengurangi tanda-tanda yang mengindikasikan kemungkinan adanya reseptor cannabinoid di lapisan usus.




Obat Tradisional Radang Usus






Ada beberapa tanaman obat radang usus besar dan kecil yang sanggup diracik menjadi herbal. Terapi obat tradisional radang usus yang sanggup dipakai dan diracik sendiri dirumah sebagai berikut:





1. Mengobati radang usus dengan kunyit dan daun jawer kotok.





  • Ambil 12 daun iler/jawer kotok yang masih segar.
  • Ditambah 1 bawang merah yang telah disangrai, 2 gram rimpang kunyit, 7 gram patikan cina, dan 1/2 gram menyan madu.
  • Seluruh herba dibentuk infusa atau dipipis. Contoh cara pembuatan infusa lihat disini: Cara Membuat Infusa
  • Ramuan ini diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore.
  • Dosis sekali minum infusa sebanyak 100 ml, dan pipisan sebanyak 1/4 gelas.




2. Obat herbal radang usus dan lambung dari daun sendok.





  • Ambil segenggam daun sendok segar.
  • Ditambah 7 rimpang temu lawak segar, ditambah segelas air.
  • Sangrai rimpang temu lawak, lalu dicampur dengan daun sendok dan dipipis.
  • Ramuan ini diminum seperempat cangkir, sekali sehari. 
  • Lakukan secara rutin selama 7 hingga 14 hari.




3. Obat tradisional radang usus dari bunga ekor kucing (Acalypha hispida Burm. F).





  • Siapkan 10-30 gram untai bunga ekor kucing
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi segelas air. 
  • Minum seluruhnya sehari sekali.




Baca juga: 








Menurut studi terkini, penderita radang usus mungkin mempunyai peningkatan risiko disfungsi endotel dan penyakit arteri koroner. Penderita berusia di atas 65 tahun dan perempuan lebih berisiko tinggi mengalami penyakit arteri koroner. Meskipun penderita ini tidak mempunyai faktor risiko genetik. 





Referensi





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel