3 Tanaman Obat Penyakit Lupus Dan Resep Pembuatannya

Systemic Lupus Erythematosus (SLE), merupakan penyakit lupus yang paling umum terjadi. Lupus yaitu penyakit autoimun, dimana sistem kekebalan badan menyerang jaringan sendiri di seluruh tubuh. Hal ini terjadi lantaran sistem kekebalan badan tidak bisa membedakan 'penyerang' dan jaringan sendiri. Sampai dikala ini belum ditemukan obat yang paling ampuh untuk menyembuhkan penyakit lupus. Beberapa penderita mulai memakai tanaman obat penyakit lupus untuk membantu mengurangi gejala.





 merupakan penyakit lupus yang paling umum terjadi 3 Tanaman Obat Penyakit Lupus Dan Resep Pembuatannya





Gejala lupus bervariasi, diantaranya ada yang ringan dan parah. Ciri tanda-tanda yang paling umum terlihat yaitu nyeri sendi disertai nanah dan demam, dada terasa sakit, rambut mulai rontok, verbal berbisul. Selain itu juga mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, badan merasa lelah dan ruam merah pada wajah. Gejala penyakit lupus menghipnotis semua organ tubuh, sehingga sangat sulit untuk disembuhkan.






Tanaman Obat Penyakit Lupus






Menurut studi medis, tidak ada klarifikasi yang niscaya ihwal penyebab penyakit lupus. Penelitian menyebutkan lantaran faktor hormon, lingkungan dan genetik. Kemungkinan lain disebabkan oleh sinar matahari, merokok, hormon seks wanita, kekurangan vitamin D, dan infeksi. Ada juga jenis lupus yang lain, diantaranya  Discoid Lupus Erythematosus, Neonatal Lupus, dan Subacute Cutaneous Lupus Erythematosus.





Medis menyebutkan, tidak ada obat untuk SLE, dan pengobatan alternatif belum terbukti menyembuhkan penyakit ini. Sementara impian hidup penderita sangat kecil, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular yang mengakibatkan kematian. Resiko penyakit yang diderita SLE bervariasi, dan umumnya terjadi antara usia 15 dan 45 tahun. Menurut legenda pada periode ke-18, penyakit lupus disebabkan oleh gigitan serigala, dan namanya dalam bahasa latin disebut Lupus (serigala).





Beberapa tumbuhan obat penyakit lupus dipercaya beberapa tempat bisa mengurangi gejala, bahkan ada yang menyatakan sembuh. Berikut jenis tumbuhan yang bisa dipakai untuk pengobatan dan perawatan penyakit lupus:





Ektrak Tanaman Boswellia Serrata






Tanaman boswellia merupakan materi utama penghasil kemenyan tradisional. Senyawa yang terkandung didalamnya berfungsi sebagai antiinflamasi yang kuat. Mampu mengurangi produksi Leukotrien badan yang meningkatkan peradangan. Adapun cara pembuatan ekstrak tumbuhan obat penyakit lupus sebagai berikut:




  1. Sediakan 10 gram Boswellia.
  2. Iris-iris, dan masukkan kedalam 110 ml air bersih. 
  3. Ektraksi dengan cara menciptakan infusa, dipanaskan selama 15 menit pada suhu 90 derajat celsius, lalu disaring.
  4. Dosis ini untuk sekali minum, sehari 2 kali. Lakukan setiap pagi dan sore hari.




Selain untuk mengobati penyakit lupus, Boswellia juga dipakai untuk mengobati:




  1. Penyakit Crohn, penyakit yang menghipnotis kanal pencernaan, berkembang di ujung usus kecil atau pangkal usus besar.
  2. Fibromyalgia atau fibromyalgia syndrome (FMS), penyakit kronis yang mengakibatkan rasa sakit di sekujur tubuh.
  3. Osteoarthritis, penyakit kerusakan lapisan tulang rawan sendi, menipis, atau hilang, yang mengakibatkan rasa sakit.
  4. Peradangan gastrointestinal, suatu kelainan atau penyakit pada pencernaan.





Teh Daun Pegagan (Centella Asiatica)



Ramuan teh daun pegagan dianggap sangat membantu mengurangi tanda-tanda yang ditimbulkan penyakit lupus. Bermanfaat sebagai adaptogen, detox, tonik darah, dan pelemas sistem saraf pusat. Adaptogen dari ramuan ini akan membantu penderita lupus mengatasi dan meminimalkan stres. Pengolahan herba sanggup dilihat pada halaman Cara Membuat Teh Pegagan.





Semanggi Merah (Trifolium Pratense)



Red clover, atau dikenal sebagai semanggi merah, juga dipakai dalam pengobatan tradisional di India. Manfaatnya sebagai tumbuhan obat penyakit lupus mempunyai kegunaan untuk biro deobstruent, antispasmodic, ekspektoran, obat penenang, anti-inflamasi dan antidermatosis. Bagian yang dipakai untuk ekstraksi yaitu daun, pucuk tumbuhan dan bunga. Dalam pengobatan alternatif, semanggi merah dipercaya bisa mengobati banyak sekali penyakit manusia, setidaknya mengurangi tanda-tanda lupus. Resep pembuatan dengan metode infusa, sama menyerupai ekstraksi Boswellia.





Referensi





  • Boswellia serrata, a potential antiinflammatory agent: an overview. By Indian J Pharm Sci, US NLM, 2011.
  • Herbal medication: potential for adverse interactions with analgesic drugs. By Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics, 2002.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel