Resep Obat Jerawat Usus Tradisional Dari Daun Sendok

Radang usus atau insfeksi usus, salah satu penyakit berbahaya jikalau perawatannya tidak ditanggapi serius. Salah satu resep obat bisul usus tradisional sanggup dibentuk dari herba daun sendok. Selama ribuan tahun orang-orang Eropa dan Asia telah memakai daun sendok untuk mengobati luka luar dan dalam tubuh. Daun sendok, nama latin tumbuhan yaitu Plantago Mayor, termasuk spesies tumbuhan berbunga dari famili Plantaginaceae. Tanaman ini berasal dari Eropa, Asia Utara dan Tengah, lalu berkembang keseluruh dunia. 





 salah satu penyakit berbahaya jikalau perawatannya tidak ditanggapi serius Resep Obat Infeksi Usus Tradisional Dari Daun Sendok





Nama lain tumbuhan daun sendok di Jawa disebut Ki Urat Ceuli, Ceuli uncal (Sunda), Meloh kiloh, Otot-ototan, dan Sangka buwah. Juga sering disebut Sembung otot, Suri panduk, Daun urat, Ekor angin, dan Kuping menjangan (Melayu). Penduduk Minahasa menyebut tumbuhan ini sebagai tumbuhan Torongoat. Tanaman Plantago ketika ini tersebar luas di seluruh dunia dan dipakai sebagai materi herba. Ramuan obat daun sendok bisa menyembuhkan luka, sengatan, penyembuhan dan mencegah bisul luar dan dalam tubuh. 






Radang usus disebabkan inflamasi atau peradangan dan biasanya terdiri dari dua jenis penyakit. Kondisi ini disebabkan peradangan kronis pada sistem pencernaan lantaran reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh. Dua jenis radang usus yaitu kolitis ulseratif, peradangan kronis pada usus besar. Dan penyakit Crohn, peradangan dari verbal hingga ke anus (seluruh sistem pencernaan). Gejala radang usus pada umumnya:




  1. Sakit pada belahan perut yang mengakibatkan rasa nyeri, dan perut terasa mual.
  2. Nafsu makan penderita inflamasi berkurang dan mengakibatkan penurunan berat badan. Sistem usus tidak bisa mencerna dan menyerap nutrisi dengan baik.
  3. Tinja berwarna gelap kehitaman, bercampur darah, terkadang disertai diare.
  4. Tubuh gampang lelah dan mengalami demam.




Menurut studi, daun sendok mengandung senyawa kimia aktif Aucubin (anti-mikroba). Juga senyawa Allantoin untuk merangsang pertumbuhan sel dan regenerasi jaringan, dan lendir untuk mengurangi rasa sakit. Senyawa lain diantaranya ursolic acid, flavonoid, dan asperuloside. Ekstrak tumbuhan dan manfaat daun ki urat untuk penyembuhan luka, anti-inflamasi, analgesik, antioksidan, antibiotik lemah, immuno modulasi dan acara antiulklerogenik.





Resep Obat Infeksi Usus Tradisional






Adapun cara mengolah daun ki urat, resep obat bisul usus tradisional juga bisa dipakai untuk mengobati Hepatitis sebagai berikut:




  1. Ambil segenggam daun sendok segar.
  2. Ditambah 7 rimpang temu lawak segar, ditambah segelas air.
  3. Sangrai rimpang temu lawak, lalu dicampur dengan daun sendok dan dipipis.
  4. Ramuan ini diminum seperempat cangkir, sekali sehari. 
  5. Lakukan secara rutin selama 7 hingga 14 hari.




Radang usus jikalau dibiarkan akan mengakibatkan komplikasi penyakit. Diantaranya tukak pada mulut, usus halus dan juga anus. Juga mengakibatkan obstruksi usus, kanker colon (usus besar), malnutrisi, pendarahan dalam dan luka pada dinding anus. Jika penanganan dengan obat-obatan medis dan tradisional tidak mampu, maka diharapkan operasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel