Teh Daun Jombang Dandelion Untuk Kanker Dan Cara Membuatnya

Tanaman jombang telah menjadi incaran pengguna herba, sebab keuntungannya ternyata bisa menyembuhkan penyakit kronis. Diantaranya dengan mengkonsumsi teh daun jombang dipercaya bisa mengatas penyakit kanker dan penyakit radang menyakitkan. Tanaman jombang disebut juga tarsakum, dalam bahasa latin disebut Taraxacum Officinale. Nama lain rumput jombang disebut randa tapak, sawi hutan, Common Dandelion atau Dandelion. Tanaman dandelion Indonesia merupakan herba awet yang berasal dari keluarga Asteraceae (Compositae).





 Tanaman jombang telah menjadi incaran pengguna herba Teh Daun Jombang Dandelion Untuk Kanker Dan Cara Membuatnya





Tumbuhan ini sanggup ditemukan di tempat beriklim sedang, bahkan banyak tumbuh di halaman berumput dan pinggir jalan. Juga banyak tumbuh di tepi sungai dan area lainnya dengan kondisi tanah lembab. Jombang memang dianggap sebagai gulma yang dipakai sebagai ramuan herba dan dalam lalapan. Dandelion dikenal dengan ciri khas kepala bunga kuning yang menjelma bola bundar.






Diluar negeri, nama lain daun jombang diantaranya termasuk blowball, lion's-tooth, cankerwort, milk-witch, yellow-gowan. Irish daisy, monks-head, priest's-crown, faceclock, pee-a-bed, wet-a-bed, swine's snout, white endive, and wild endive.





Akar randa tapak umumnya tidak bercabang dan menghasilkan satu hingga lebih dari sepuluh batang. Biasanya tinggi antara 5 hingga 40 cm, tetapi ada pula yang mencapai hingga 70 cm. Batang tanaman bisa berwarna ungu keunguan, tumbuh tegak atau longgar. Ciri-ciri bunga dandelion mempunyai kepala bunga setinggi atau lebih tinggi dari dedaunan. Bentuk daun dandelion tampak tegak atau horizontal, mempunyai tangkai daun yang tidak bersayap ataupun bersayap tipis. Bentuk daun dandelion berdiameter 5 hingga 45 cm dan luasnya antara 1 hingga 10 cm. Bentuknya oblance, lonjong atau bongkok, dengan dasar menyempit hingga ke tangkai daun, bergigi tajam atau kusam.





Ciri batang bisa saja licin atau jarang ditutupi dengan rambut halus pendek. Tanaman jombang mempunyai getah susu dan daun semuanya basal, dimana setiap batang berbunga tidak mempunyai cabang dan mempunyai satu kepala bunga tunggal. Kepala bunga kuning tidak mempunyai wadah yang disebut florets, ligulate dan biseksual.





Teh Daun Jombang, Dandelion






Rebusan air berupa teh daun jombang tidak hanya dikonsumsi untuk orang yang sakit. Dapat diminum orang yang sehat biar menigkatkan daya tahan badan serta meningkatkan sel darah putih. Khasiat akar dandelion sebagai anti toksin, peluruh kencing, pereda panas, penguat lambung. Juga meningkatkan nafsu makan, melancarkan pengeluaran ASI, serta menurunkan kadar gula darah. Akar tanaman ini sanggup dijadikan sebagai hidangan lalapan.





 Tanaman jombang telah menjadi incaran pengguna herba Teh Daun Jombang Dandelion Untuk Kanker Dan Cara Membuatnya





Menurut sejarah, tanaman dandelion dianggap sangat berharga dalam banyak sekali pembuatan obat tradisional. Tanaman ini mengandung senyawa aktif farmakologis diantaranya flavonoid termasuk luteolin, apigenin, isoquercitrin, asam caffeic, dan asam chlorogenic. Juga mengandung terpenoid, triterpen, dan seskuiterpen. Herba dandelion telah dipakai sebagai obat herbal di Eropa, Amerika Utara, dan China. Ramuan ini juga sanggup dipakai untuk mengobati gangguan pencernaan, infeksi, empedu dan persoalan hati, dan diuretik. 





Adapun cara menciptakan teh daun jombang atau dandelion sanggup dilakukan dengan gampang dirumah. Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:




  1. Siapkan 50 gram daun jombang segar.
  2. Masukkan kedalam 300 ml air mendidih, atau sanggup direbus dengan api kecil hingga mendidih selama 15 menit. 
  3. Minum teh daun jombang setiap pagi dan sore hari.




Baca juga:








Apa saja penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi teh daun jombang? Menurut tradisi, ramuan ini sanggup menyembuhkan banyak sekali jenis kanker sebab kandungan fitonutrien yang tinggi. Ramuan dipercaya sanggup menghaluskan kulit wajah, mengurangi jerawat, menyembuhkan leaver, dan menurunkan hipertensi. Teh daun jombang atau dandelion juga dipakai sebagai obat pencahar ringan, untuk meningkatkan nafsu makan dan untuk memperbaiki pencernaan. Getah susu yang keluar dari batang tanaman dipakai sebagai obat nyamuk dan sebagai obat tradisional untuk mengobati kutil.





Referensi





  • The Encyclopedia of Herbs and Herbalism. Publish by New York: Grosset & Dunlap, 1979.
  • Taraxacum officinale, image courtesy of Wikimedia Commons

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel