Cara Mengolah Buah Maja, Resep Daun Dan Khasiatnya

Dalam buah flora ini terkandung senyawa kimia yang sanggup membantu penyembuhan penyakit dan mejaga kesehatan. Sejak dahulu, flora dan buah maja telah diyakini sebagai obat berkhasiat. Ada bermacam-macam cara mengolah buah maja, resep khasiat buah maja telah diturunkan sampai ke anak cucu. Setidaknya lebih dari 100 senyawa kimia telah diidentifikasi dalam buah flora ini. Diantaranya ialah senyawa fenol, flavonoids, saponin, cardiac glycoside, alkaloid, tanin, steroid dan terpenoid.





 Dalam buah flora ini terkandung senyawa kimia yang sanggup membantu penyembuhan penyakit  Cara Mengolah Buah Maja, Resep Daun Dan Khasiatnya





Senyawa-senyawa kimia ini bermanfaat sebagai obat-obatan, efek farmakologis yang ditimbulkan sanggup mengobati penyakit kronis menyerupai gangguan gastrointestinal atau penyakit terkait usus. Juga sanggup mengobati kanker, menurunkan kolesterol, tukak lambung, diabetes mellitus tipe 2, dan jenis penyakit kardiovaskular. Selain untuk kesehatan dan pengobatan, pohon maja juga dipercaya membawa kemakmuran bagi pemiliknya.











Buah maja merupakan salah satu sumber makanan buah yang sangat baik. Terutama mengandung banyak mineral penting dibutuhkan setiap badan manusia. Menurut studi, buah maja mengandung kalium dan sodium yang tinggi. Mineral ini dianggap sangat bermanfaat untuk penderita hipertensi. Dan kalsium juga sangat diharapkan untuk perkembangan tulang, gigi dan transmisi impuls saraf. Mineral lain yang terkandung dalam buah maja ialah zat besi. Selain itu juga mengandung vitamin B1 atau Tiamin, vitamin B2 atau Riboflavin. Juga mengandung vitamin B3 niasin dan vitamin C,sehingga sangat baik dikonsumsi untuk tubuh.





Selain itu, daun dan buah maja sanggup mengobati penyakit lever atau gangguan hati. Penyakit ini biasanya disebabkan lantaran terlalu banyak terkena toksin atau lantaran infeksi. Tanaman maja mempunyai khasiat sebagai anti jamur, anti bakteri, anti-mikroba dan anti-virus yang melindungi hati terhadap infeksi. Buah maja diyakini sanggup meningkatkan tingkat antioksidan dalam pemikiran darah. Misalnya glutathione dan superoxide dismutase, sanggup menghambat reaksi beracun. Pengobatan dengan ekstrak buah maja berupa jus, sanggup mengurangi tingkat enzim hati. 





Ekstrak daun dan buah maja sanggup meningkatkan kegiatan antioksidan superoksida dismutase. Karotenoid, vitamin C, tiamin, riboflavin dan niacin, melindungi lapisan usus terhadap kerusakan dan pembengkakan. Sangat baik untuk mengatasi dan mengobati penyakit radang usus. Menurut studi, kandungan diuretik dalam buah maja sanggup melancarkan urin. Ekstrak akar dan daun maja beraksi meningkatkan ekskresi elektrolit, menyerupai Natrium dan Kalium. Aktivitas diuretik akar flora lebih tinggi dari pada daunnya, baik untuk pengobatan gagal jantung kongestif. Juga sanggup mengobati gagal ginjal dan tekanan darah tinggi.





Cara Mengolah Buah Maja






Berikut ini manfaat buah maja, kumpulan tips olahan dari tanaman. Adapun cara mengolah buah maja, resep khasiat buah maja untuk kesehatan diantaranya adalah:





1. Buah Maja Untuk Mengobati Diare dan Disentri





  • Ambil buah kering tanpa biji, ataupun sanggup berupa bubuk. 
  • Satu sendok debu ini dicampurkan dengan air. 
  • Diminum dua kali sehari.




2. Obat Tradisional Asma Dari Daun Maja 









3. Mempercepat Pemuluhan Luka Dalam Dan Luar.





  • Ambil 1 buah maja segar, ditambah daun dan akar dengan dosis yang sama. 
  • Cuci higienis seluruh herba, kemudian dijadikan jus. 
  • Tambahkan madu sebanyak dua sendok teh, dan aduk rata. 
  • Jus ini mengobati infeksi usus, luka lambung, dan penyakit lever.




4. Khasiat Daun Maja Untuk Pengobatan Darah Tinggi 





  • Ambil beberapa lembar daun maja, kemudian basuh bersih.
  • Daun segar dijadikan jus dan tambahkan madu secukupnya.
  • Aduk merata dan minum setiap hari di pagi hari.




5. Cara Mengolah Buah Maja Untuk Mengatasi Mual & Muntah Selama Kehamilan





  • Siapkan buah maja yang masih mentah dan segar. 
  • Kemudian ambil dagingnya sebanyak satu sendok teh.
  • Makan dua kali sehari selama kehamilan untuk mengatasi nyidam berlebihan.




6. Khasiat Buah Maja Untuk Meningkatkan Konsentrasi





  • Ambil buah maja yang sudah matang. 
  • Campuran dengan mentega tawar dan gula.
  • Makan setiap hari, setidaknya sehari sekali.




7. Resep Khasiat Buah Maja Mengobati Anemia





  • Ambil buah yang sudah kering.
  • Campurkan dengan segelas susu sapi.
  • Diminum dua kali setiap hari.




Tanaman ini diperkaya dengan antioksidan tinggi yang bisa mencegah penyakit kanker. Beberapa penelitian juga telah mengambarkan bahwa flora maja sanggup mengemban amanah sebagai materi herba alami. Manfaat buah maja dan kumpulan tips banyak sekali resep serta khasiat buah maja telah dibuktikan selama ribuan tahun di India. Terlebih legenda flora ini juga populer dari legenda wujud seorang Dewi.










Referensi





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel