Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih, Anak Dan Dewasa

Hampir semua orang pernah mencicipi mimisan atau hidung berdarah. Istilah kedokteran menyebutnya Epistaksis (epistaxis), merupakan suatu keadaan pendarahan yang keluar melalui lubang hidung. Di beberapa kasus pendarahan hidung berasal dari sinus dan mata. Pendarahan ini sanggup saja masuk ke terusan pencernaan yang mengakibatkan penderita muntah. Secara tradisional, nenek moyang kita telah mengajarkan cara mengobati mimisan dengan daun sirih. Tanaman ini tidak hanya dipakai sebagai flora hias, tetapi juga mempunyai aneka macam manfaat kesehatan.





 Hampir semua orang pernah mencicipi mimisan atau hidung berdarah Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih, Anak Dan Dewasa





Mimisan yang umumnya terjadi lantaran penderita mengalami trauma, kecelakaan lalulintas, cedera olah raga. Tidak sedikit yang menagalami patah tulang hidung lantaran cidera, mengorek hidung yang mengakibatkan luka. Ada pula penyebab lain lantaran pertumbuhan tumor hidung, masuknya binatang menyerupai lintah, peradangan hidung dan sinus. Beberapa penderita penyakit juga mengalami mimisan. Seperti pada penderita hipertensi, demam berdarah, demam cikunguya, hemofilia, autoimun trombositipenic purpura dan leukemia.






Mimisan atau pendarahan hidung disebabkan luka pada lapisan mukosa hidung yang mengandung banyak pembuluh darah kecil. Luka mengakibatkan lepasnya mukosa sehingga pembuluh darah mengalami pendarahan. Aliran darah ini akan berhenti sehabis darah membeku, dan sebaiknya penderita memiringkan kepala ke depan. Hal ini untuk mencegah fatwa darah masuk ke kerongkongan dan lambung.





Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih






Manfaat daun sirih untuk kesehatan sangat banyak. Kandungan materi kimia yang unik, dan sanggup dipakai sebagai obat tradisional keluar darah dari hidung. Senyawa yang terkandung didalamnya yakni cadinene, chavibetol, chavicol, diastase, estragol, fenil propana, hydroxycatechol. Juga mengandung eugenol dan methyl eugenol, kariofilena, minyak esensial, seskuiterpena, terpennena, tanin. Senyawa yang terdapat dalam daun sirih sanggup menghentikan perdarahan dikala mimisan, dan perdarahan pada luka kulit.





Apabila terjadi mimisan, santunan pertama dengan memencet hidung kepingan depan selama tiga menit, usahakan bernapas melalui mulut. Kemudian dilanjutkan dengan pengobatan tradisional memakai daun sirih. 





Cara mengobati mimisan dengan daun sirih dianggap sangat mudah. Berikut cara menghentikan mimisan dengan daun sirih:




  1. Ambil selembar daun sirih yang masih segar
  2. Cuci bersih, kemudian diremas-remas hingga mengeluarkan amis khas.
  3. Gulung daun sirih hingga membentuk batang yang diadaptasi dengan lubang hidung.
  4. Masukkan gulungan daun kedalam hidung secara perlahan.
  5. Biarkan selama kurang lebih setengah jam, hingga darah benar-benar kering.




Cara mengobati mimisan dengan daun sirih telah dipakai dalam tradisi di Asia secara turun temurun. Tanaman ini sanggup dipakai sebagai obat tradisional mimisan pada anak dan dewasa. Selain sirih hijau, daun sirih merah untuk mimisan juga dianggap efektif. 





Tidak perlu khawatir, hingga dikala ini jarang ditemukan kasus janjkematian disebabkan mimisan. Tetapi perlu diwaspadai, kerusakan pada arteri Maksillaris sanggup menjadikan mimisan jago dan sulit disembuhkan. 





Piper Betle, image courtesy of Wikimedia Commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel